Surat Al-Ankabut Ayat 17 Teks Arab, latin, Terjemah, Arti Perkata (Mufradat) dan Tafsir

  • Whatsapp

Artikel kali ini mengutip Arti Perkata Surah Al-Ankabut Ayat 17 dengan Teks Arab, latin, Terjemah, Arti Perkata (Mufradat) dalam bentuk tabel yang dilengkapi Tafsir diakhir postingan.

Surat Al-Ankabut ayat 17 ini berisi mengenai kebiasaan orang kafir yang menyembah berhala, dan mereka juga berkeyakinan bahwa apa yang mereka sembah tersebut (berhala) mampu memberikan manfaat bagi mereka (rezeki).

Padalah secara jelas bahwa yang mendatangkan dan memberikan rezeki kepada semua makhluk terutama dimuka bumi ini adalah Allah SWT.

Lihat Juga: Surah An-Nisa Ayat 136 Teks Arab, latin, Terjemah, Arti Perkata (Mufradat) dan Isi Kandungan

Berikut adalah teks arab, latin dan terjemah QS Al-Ankabut Ayat 17 Beserta Kosa Kata (Mufradat)

Teks Arab Surah Al-Ankabut Ayat 17

اِنَّمَا تَعْبُدُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ اَوْثَانًا وَّتَخْلُقُوْنَ اِفْكًا ۗاِنَّ الَّذِيْنَ تَعْبُدُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ لَا يَمْلِكُوْنَ لَكُمْ رِزْقًا فَابْتَغُوْا عِنْدَ اللّٰهِ الرِّزْقَ وَاعْبُدُوْهُ وَاشْكُرُوْا لَهٗ ۗاِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ

innamā ta’budụna min dụnillāhi auṡānaw wa takhluqụna ifkā, innallażīna ta’budụna min dụnillāhi lā yamlikụna lakum rizqan fabtagụ ‘indallāhir-rizqa wa’budụhu wasykurụ lah, ilaihi turja’ụn

— Artinya: Sesungguhnya yang kamu sembah selain Allah hanyalah berhala-berhala, dan kamu membuat kebohongan. Sesungguhnya apa yang kamu sembah selain Allah itu tidak mampu memberikan rezeki kepadamu; maka mintalah rezeki dari Allah, dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada-Nya. Hanya kepada-Nya kamu akan dikembalikan.

Arti Perkata Surah Al-Ankabut Ayat 17

مِنْ تَعْبُدُوْنَ اِنَّمَا
dari kamu sembah sesungguhnya hanyalah
اَوْثَانًا اللّٰهِ دُوْنِ
berhala Allah selain
اِنَّ اِفْكًا وَّتَخْلُقُوْنَ
sesungguhnya kedustaan dan kamu membuat
مِنْ تَعْبُدُوْنَ الَّذِيْنَ
dari yang kamu sembah orang-orang yang
لَا اللّٰهِ دُوْنِ
tidak Allah selain
رِزْقًا لَكُمْ يَمْلِكُوْنَ
rejeki bagi kalian mampu
اللّٰهِ عِنْدَ فَابْتَغُوْا
Allah disisi maka carilah
وَاشْكُرُوْا وَاعْبُدُوْهُ الرِّزْقَ
dan bersyukurlah dan sembahlah Dia rezeki
تُرْجَعُوْنَ اِلَيْهِ لَهٗ
kalian dikembalikan Kepada-Nya kepada-Nya

Tafsir Quran Surat Al-‘Ankabut Ayat 17

17. Sesungguhnya kalian -wahai orang-orang musyrik- hanyalah menyembah berhala-berhala yang tidak mampu memberi manfaat dan tidak pula menghindarkan dari mudarat, dan kalian telah mengada-adakan kedustaan tatkala kalian menganggap bahwa ia berhak untuk disembah. Sesungguhnya yang kalian sembah selain Allah itu tidak mampu memberikan rezeki kepada kalian, maka mintalah rezeki kepada Allah Yang Maha Pemberi rezeki dan sembahlah Dia semata serta bersyukurlah kepada-Nya atas rezeki yang telah dikaruniakan kepada kalian. Hanya kepada-Nya lah kalian dikembalikan pada hari Kiamat untuk mendapatkan perhitungan dan pembalasan, bukan kepada berhala-berhala kalian.
—  Tafsirweb.com

Demikian pembahasan kali ini mengenai Arti Perkata Surah Al-Ankabut Ayat 17 dengan Teks Arab, latin, Terjemah, Arti Perkata (Mufradat) dalam bentuk tabel yang juga dengan tafsirnya.

Penulis berharap dengan adanya artikel ini mampu memberikan manfaat serta kemudahan bagi para pelajar khususnya yang sedang memperlajari arti dari setiap kosa kata surat Al-Ankabut ayat 17 ini.

Jika ingin membaca materi lainnya seputar arti perkata bisa menuju link berikut – Lihat Arti Perkata Lainnya – atau juga bisa menggunakan kolom pencarian yang berada diatas.

Wallahu A’lam Bishawab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *