Surat Yunus Ayat 40 – 41: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Teks Arab, Latin, Terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris, Tafsir dan Mufradat / Arti Perkata Surat Yunus Ayat 40 – 41 Beserta dengan Latinnya

Hallo adik-adik sekalian, Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini kakak akan menyampaikan kutipan ayat ke 40 – 41 dari Surat Yunus lengkap dengan terjemah, arti perkata dan juga tafsir dari berbagai versi.

Surat Yunus sendiri merupakan surat ke 10 yang terdapat pada Juz ke 11 dalam Daftar Surat Al-Quran, Tergolong kedalam Surat Makkiyah (turun di Mekkah) dengan jumlah ayat sebanyak 109 ayat dan surat Yunus ini memiliki arti Nabi Yunus.

Baca Juga: Surat At-Tin Ayat 1 – 8: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Dalam surah Yunus menjelaskan tetang keimanan akan Al-Qur’an sebagai kalamullah bukan sihir, Allah sebagai Tuhan pencipta dan pengatur seluruh alam semesta, Allah adalah Tuhan yang Esa dan tidak berkembang biak, dan Allah menjelaskan alam ghaib melalui firman-Nya.

Dan penjelasan tentang penentuan tahun dan waktu baik berdasarkan peredaran bumi terhadap matahari atau penentuan tahun berdasarkan peredaran bulan atas bumi, juga menjelaskan hukum orang-orang yang mendustakan akan firman-Nya yang telah diwahyukan kepada Rasul-Nya.

Berikut ini Teks Arab, Latin, Terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris, Tafsir dan Mufradat / Arti Perkata Surat Yunus Ayat 40 – 41

Teks Arab dan Latin Surat Yunus Ayat 40 – 41

وَمِنْهُمْ مَّنْ يُّؤْمِنُ بِهٖ وَمِنْهُمْ مَّنْ لَّا يُؤْمِنُ بِهٖۗ وَرَبُّكَ اَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِيْنَ

wa min-hum may yu`minu bihī wa min-hum mal lā yu`minu bih, wa rabbuka a’lamu bil-mufsidīn

وَاِنْ كَذَّبُوْكَ فَقُلْ لِّيْ عَمَلِيْ وَلَكُمْ عَمَلُكُمْۚ اَنْتُمْ بَرِيْۤـُٔوْنَ مِمَّآ اَعْمَلُ وَاَنَا۠ بَرِيْۤءٌ مِّمَّا تَعْمَلُوْنَ

wa ing każżabụka fa qul lī ‘amalī wa lakum ‘amalukum, antum barī`ụna mimmā a’malu wa ana barī`um mimmā ta’malụn

Terjemah Surat Yunus Ayat 40 – 41

Bahasa Indonesia

[40] Dan di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepadanya (Al-Qur’an), dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Sedangkan Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan.

[41] Dan jika mereka (tetap) mendustakanmu (Muhammad), maka katakanlah, “Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu tidak bertanggung jawab terhadap apa yang aku kerjakan dan aku pun tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu kerjakan.”

Bahasa Inggris

[40] Some of them will ˹eventually˺ believe in it; others will not. And your Lord knows best the corruptors.

[41] If they deny you, then say, “My deeds are mine and your deeds are yours. You are free of what I do and I am free of what you do!”

Arti Perkata Surat Yunus Ayat 40 – 41

Download Arti Perkata Lengkap (Offline)

Ayat 40

BacaanArti
وَمِنْهُمْ dan diantara mereka
مَّنْ orang yang
يُّؤْمِنُ beriman
بِهٖ dengannya, kepadanya
وَمِنْهُمْ dan diantara mereka
مَّنْ orang yang
لَّا tidak
يُؤْمِنُ beriman
بِهٖdengannya, kepadanya
وَرَبُّكَ dan tuhanmu
اَعْلَمُ lebih mengetahui
بِالْمُفْسِدِيْنَdengan orang-orang yang berbuat kerusakan

Ayat 41

BacaanArti
وَاِنْ dan jika
كَذَّبُوْكَ mereka mendustakan kamu
فَقُلْ maka katakanlah
لِّيْ bagiku
عَمَلِيْ pekerjaanku
وَلَكُمْ dan bagimu
عَمَلُكُمْpekerjaanmu
اَنْتُمْ kamu
بَرِيْۤـُٔوْنَ berlepas diri
مِمَّآ dari apa
اَعْمَلُ aku kerjakan
وَاَنَا۠ dan aku
بَرِيْۤءٌ berlepas diri
مِّمَّا dari apa
تَعْمَلُوْنَkamu kerjakan

Download Arti Perkata Lengkap (Offline)

Baca Juga: Surat An-Nahl Ayat 125: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Isi Kandungan Surat Yunus Ayat 40 – 41

Berikut ini isi kandungan Surat Yunus ayat 40-41 yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Al Qur’anil ‘Adhim karya Ibnu Katsir, Tafsir Fi Zilalil Quran karya Sayyid Qutb dan Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka, Dikutip dari situs webmuslimah.com

  1. Dalam mengimani Al Quran, manusia terbagi menjadi dua golongan. Ada yang beriman dan ada yang tidak beriman.
  2. Allah Maha Mengetahui siapa yang berbuat kerusakan. Yakni orang-orang yang tidak beriman.
  3. Allah memerintahkan Rasulullah dan kaum muslimin agar menjauhi orang yang mendustakan Al Quran dan menjauhi perbuatan mereka.
  4. Allah memerintahkan Rasulullah dan kaum muslimin untuk berlepas diri dari perbuatan orang-orang yang tidak beriman.
  5. Setiap amal akan ada konsekuensi dan balasannya. Amal baik membawa ke surga, amal buruk menyeret ke neraka.
  6. Surat Yunus ayat 40-41 ini merupakan pengarahan dari Allah untuk menghadapi orang yang tidak beriman tanpa kekerasan, tetapi mengedepankan akhlak mulia.

Baca Juga: Surat Al-Isra Ayat 23: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Tafsir Surat Yunus Ayat 40 – 41

Tafsir Kemenag RI

[40] Allah menjelaskan kepada Rasulullah dan pengikut-pengikutnya bahwa keadaan orang musyrikin yang mendustakan ayat-ayat Al-Qur′an akan terbagi menjadi dua golongan. Segolongan yang benar-benar mempercayai Al-Qur’an dengan iktikad yang kuat dan segolongan lainnya tidak mempercayainya dan terus menerus berada dalam kekafiran. Namun demikian, mereka tidak akan diazab secara langsung di dunia seperti nasib yang telah dialami oleh kaum sebelum Nabi Muhammad saw. Di akhir ayat dijelaskan bahwa Allah lebih mengetahui tentang orang-orang yang membuat kerusakan di bumi, karena mereka mempersekutukan Allah, menganiaya diri mereka sendiri dan menentang hukum Allah. Hal itu disebabkan karena fitrah mereka telah rusak. Mereka itulah orang-orang yang akan mendapat siksaan yang pedih.

[41] Bersabarlah dan berteguhhatilah dalam menyampaikan kebenaran, dan jika mereka orang-orang musyrik itu tetap mendustakanmu wahai nabi Muhammad, maka katakanlah, bagiku pekerjaanku dan aku akan bertanggung jawab atas pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu dan kamu akan bertanggung jawab atas pekerjaan kamu di hadapan Allah. Kamu tidak bertanggung jawab terhadap apa yang aku kerjakan dan aku pun tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu kerjakan. Setiap orang akan mempertanggungjawabkan pekerjaannya masing-masing. Setelah dijelaskan bahwa orang-orang yang mendustakan nabi Muhammad akan mempertanggungjawabkan perbuatannya, lalu dijelaskan pada ayat ini, dan di antara mereka ada yang mendengarkan engkau wahai nabi Muhammad, padahal hati mereka tidak menerimanya. Maka apakah engkau dapat menjadikan orang yang tuli pendengaran hatinya itu mendengar sedangkan mereka tidak mengerti’ tentu tidak bisa.

Baca Juga: Surat Al-Qasas Ayat 77: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Tafsir Kemenag Arab Saudi

[40] Dan diantara kaummu (wahai rasul), ada orang yang mengimani al-qur’an, dan sebagain dari mereka ada yang tidak mengimaninya hingga mati dalam keyakinan itu dan dibangkitkan dengannya. Dan tuhanmu mengetahui orang-orang yang melakuakn kerusakan yang tidak beriman kepadaNYa dengan dorongan kezhaliman, penentangan dan kerusakan lalu Allah memberikan balasan kepada mereka atas kerusakan yang mereka perbuat dengan siksaan yang sangat keras.

[41] Dan bila kaum musyrikin mendustakan dirimu (wahai rasul), maka katakanlah kepada mereka, ”bagiku agamaku dan amal perbuatanku, dan bagi kalian agama dan perbuatan kalian. kalian tidaklah disiksa karena perbuatanku, dan akaupun tidak disiksa atas perbuatan kalian.

— Tafsirweb.com

Dengan adanya Arti Perkata Surat Yunus Ayat 40 – 41 dalam bentuk tabel diatas yang tentunya juga dilengkapi teks arab, latin serta terjemah dan tafsir tentu akan lebih membantu teman-teman semua untuk mempelajarinya.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.