Surat Al-Qasas Ayat 82: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Teks Arab, Latin, Terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris, Tafsir dan Mufradat / Arti Perkata Surat Al-Qasas Ayat 82 Beserta dengan Latinnya

Hallo adik-adik sekalian, Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini kakak akan menyampaikan kutipan ayat ke 82 dari Surat Al-Qasas lengkap dengan terjemah, arti perkata dan juga tafsir dari berbagai versi.

Surat Al-Qasas sendiri merupakan surat ke 28 yang terdapat pada Juz ke 20 dalam Daftar Surat Al-Quran, Tergolong kedalam Surat Makkiyah (turun di Mekkah) dengan jumlah ayat sebanyak 88 ayat dan surat Al-Qashash ini memiliki arti Cerita-cerita.

Baca Juga: Surat Ar-Ra’d Ayat 11: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Ayat ini menerangkan bahwa orang-orang yang semula bercita-cita ingin mempunyai kedudukan dan posisi terhormat seperti yang pernah dimiliki Karun, dengan seketika mengurungkan cita-citanya setelah menyaksikan azab yang ditimpakan kepada Karun. Mereka menyadari bahwa harta benda yang banyak dan kehidupan duniawi yang serba mewah, tidak mengantarkan mereka pada keridaan Allah.

Berikut ini Teks Arab, Latin, Terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris, Tafsir dan Mufradat / Arti Perkata Surat Al-Qasas Ayat 82

Teks Arab dan Latin Surat Al-Qasas Ayat 82

وَاَصْبَحَ الَّذِيْنَ تَمَنَّوْا مَكَانَهٗ بِالْاَمْسِ يَقُوْلُوْنَ وَيْكَاَنَّ اللّٰهَ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ مِنْ عِبَادِهٖ وَيَقْدِرُۚ لَوْلَآ اَنْ مَّنَّ اللّٰهُ عَلَيْنَا لَخَسَفَ بِنَا ۗوَيْكَاَنَّهٗ لَا يُفْلِحُ الْكٰفِرُوْنَ

wa aṣbaḥallażīna tamannau makānahụ bil-amsi yaqụlụna waika`annallāha yabsuṭur-rizqa limay yasyā`u min ‘ibādihī wa yaqdir, lau lā am mannallāhu ‘alainā lakhasafa binā, waika`annahụ lā yufliḥul-kāfirụn

Baca Juga: Surat An-Nur Ayat 35: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Terjemah Surat Al-Qasas Ayat 82

Bahasa Indonesia

Dan orang-orang yang kemarin mengangan-angankan kedudukannya (Karun) itu berkata, “Aduhai, benarlah kiranya Allah yang melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya dan membatasi (bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya). Sekiranya Allah tidak melimpahkan karunia-Nya pada kita, tentu Dia telah membenamkan kita pula. Aduhai, benarlah kiranya tidak akan beruntung orang-orang yang mengingkari (nikmat Allah).”

Bahasa Inggris

And those who had craved his position the previous day began to say, “Ah! It is certainly Allah Who gives abundant or limited provisions to whoever He wills of His servants. Had it not been for the grace of Allah, He could have surely caused the earth to swallow us up! Oh, indeed! The disbelievers will never succeed.”

Baca Juga: Surat At-Tariq Ayat 1 – 17: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Arti Perkata Surat Al-Qasas Ayat 82

Download Arti Perkata Lengkap (Offline)

BacaanArti
وَاَصْبَحَ dan jadilah
الَّذِيْنَ orang-orang yang
تَمَنَّوْا (mereka) menginginkan
مَكَانَهٗ kedudukannya
بِالْاَمْسِ dengan kemarin
يَقُوْلُوْنَ mereka berkata
وَيْكَاَنَّ aduh
اللّٰهَ Allah
يَبْسُطُ melapangkan
الرِّزْقَ rezeki
لِمَنْ bagi siapa
يَّشَاۤءُ Dia kehendaki
مِنْ dari
عِبَادِهٖ hamba-hamba-Nya
وَيَقْدِرُdan Dia menyempitkan
لَوْلَآ jika tidak
اَنْ bahwa
مَّنَّ karunia
اللّٰهُ Allah
عَلَيْنَا atas kami
لَخَسَفَ tentu Dia telah membenamkan
بِنَا dengan kami
وَيْكَاَنَّهٗ aduh
لَا tidak
يُفْلِحُ beruntung
الْكٰفِرُوْنَorang-orang yang ingkar

Download Arti Perkata Lengkap (Offline)

Baca Juga; Surat Al-Baqarah Ayat 164: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Isi Kandungan Surat Al-Qasas Ayat 79 – 82

Setelah kita mengetahui sedikit uraian mengenai Surat Al-Qasas yang berupa teks arab, latin, terjemah Bahasa Indonesia dan juga Inggris berikutnya kita akan sedikit menjabarkan mengenai Isi Kandungan yang termuat dalam Surat Al-Qasas ayat 79-82.

  1. Dalam pandangan Islam, hidup duniawi dan ukhrawi merupakan satu kesatuan. Dunia ialah daerah menanam dan alam abadi ialah daerah menuai. Apa yang ditanam di sini, akan memperoleh buahnya di sana.
  2. Ayat di tersebut menjelaskan pentingnya mengarahkan pandangan kepada alam abadi sebagai tujuan dan kepada dunia sebagai sarana mencapai tujuan. Ini terlihat terang dengan firman-Nya yang memerintahkan mencari dengan penuh kesungguhan kebahagiaan akhirat. Pada apa yang dianugerahkan Allah SWT.
    Dengan demikian, semakin banyak memperoleh yang halal dalam kehidupan dunia ini, semakin terbuka kesempatan untuk memperoleh kebahagiaan ukhrawi.
  3. Ayat di atas memakai redaksi yang bersifat aktif ketika berbicara ihwal kebahagiaan akhirat. Bahkan, menekannya dengan perintah untuk bersungguh-sungguh dan dengan sekuat tenaga untuk meraihnya. Sedangkan perintahnya mengenai kebahagiaan duniawi, berbentuk pasif.

Baca Juga: Surat Yunus Ayat 40 – 41: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Tafsir Surat Al-Qasas Ayat 82

Tafsir Kemenag RI

Dan orang-orang yang kemarin mengangan-angankan dengan penuh harapan untuk mendapatkan kedudukan seperti kedudukan yang diraihnya itu mengulang-ulang kata-kata penyesalan setelah mereka merenungi apa yang menimpa Karun. Mereka berkata, “Aduhai, benarlah kiranya Allah yang melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya, baik yang mukmin maupun yang kafir, pandai atau tidak, mulia atau hina. Dan sebaliknya, Allah membatasi dan menyempitkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya. Sekiranya Allah tidak melimpahkan karunia-Nya pada kita, berupa petunjuk kepada keimanan dan menjaga kita dari keterjerumusan dalam kesesatan dan kesombongan, tentu Dia telah membenamkan kita pula sebagaimana dialami oleh Karun. Aduhai, benarlah kiranya tidak akan beruntung orang-orang yang mengingkari nikmat Allah, baik di dunia maupun di akhirat kelak.”

Tafsir Kemenag Arab Saudi

Musa berkata, “Apa yang kamu katakan tadi berlaku antara aku dan kamu. Maksudnya, mana saja dari kedua tempo waktu yang aku jalani dalam bekerja, maka aku sudah memenuhi kewajiban kepadamu. Maka aku tidak akan dituntut untuk melakukan yang lebih dari itu. Dan Allah adalah saksi atas apa yang kita ucapkan, lagi Maha Pemelihara yang menyertai kita, dan Mengetahui perjanijian yang kita buat bersama.”

— Tafsirweb.com

Dengan adanya Arti Perkata Surat Al-Qasas Ayat 82 dalam bentuk tabel diatas yang tentunya juga dilengkapi teks arab, latin serta terjemah dan tafsir tentu akan lebih membantu teman-teman semua untuk mempelajarinya.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Selamat Datang
Selamat Datang