Surat Al-Baqarah Ayat 164: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Teks Arab, Latin, Terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris, Tafsir dan Mufradat / Arti Perkata Surat Al-Baqarah Ayat 164 Beserta dengan Latinnya

Hallo adik-adik sekalian, Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini kakak akan menyampaikan kutipan ayat ke 164 dari Surat Al-Baqarah lengkap dengan terjemah, arti perkata dan juga tafsir dari berbagai versi.

Surat Al-Baqarah sendiri merupakan surat ke 2 dalam Daftar Surat Al-Quran dengan jumlah ayat sebanyak 286 ayat. Yang mana ayat 1-141 terdapat pada Juz 1 dan ayat 142-252 terdapat pada Juz 2, Sedangkan untuk ayat 253-286 berada pada juz 3. Surat Al-Baqarah ini tergolong Surat Madaniyah atau yang turun di Madinah dan memiliki arti Sapi Betina

Baca Juga: Surat Yunus Ayat 40 – 41: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Pada Surat Al-Baqarah Ayat 164 dijelaskan tentang penciptaan langit dan bumi, Silih bergantinya siang dan malam serta Allah menurunkan air dari langit untuk menghidupkan bumi yang sebelumnya mati (kering). Dan masih banyak lagi keesaan dan juga kebesaran Allah yang digambarkan pada surat ini.

Berikut ini Teks Arab, Latin, Terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris, Tafsir dan Mufradat / Arti Perkata Surat Al-Baqarah Ayat 164

Teks Arab dan Latin Surat Al-Baqarah Ayat 164

اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِيْ تَجْرِيْ فِى الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ وَمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ مِنَ السَّمَاۤءِ مِنْ مَّاۤءٍ فَاَحْيَا بِهِ الْاَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيْهَا مِنْ كُلِّ دَاۤبَّةٍ ۖ وَّتَصْرِيْفِ الرِّيٰحِ وَالسَّحَابِ الْمُسَخَّرِ بَيْنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّعْقِلُوْنَ

Inna fī khalqis-samāwāti wal-arḍi wakhtilāfil-laili wan-nahāri wal-fulkillatī tajrī fil-baḥri bimā yanfa’un-nāsa wa mā anzalallāhu minas-samā`i mim mā`in fa aḥyā bihil-arḍa ba’da mautihā wa baṡṡa fīhā ming kulli dābbatiw wa taṣrīfir-riyāḥi was-saḥābil-musakhkhari bainas-samā`i wal-arḍi la`āyātil liqaumiy ya’qilụn

Baca Juga: Teks Arab, Latin dan Arti Perkata QS An-Nisa Ayat 36

Terjemah Surat Al-Baqarah Ayat 164

Bahasa Indonesia

[164] Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.

Bahasa Inggris

[164] Indeed, in the creation of the heavens and the earth; the alternation of the day and the night; the ships that sail the sea for the benefit of humanity; the rain sent down by Allah from the skies, reviving the earth after its death; the scattering of all kinds of creatures throughout; the shifting of the winds; and the clouds drifting between the heavens and the earth—˹in all of this˺ are surely signs for people of understanding.

Baca Juga: Teks Arab, Arti Perkata (Mufradad) Serta Tafsir Dari Al-Qur’an Surah Al-Qashash Ayat 79

Arti Perkata Surat Al-Baqarah Ayat 164

Download Arti Perkata Lengkap (Offline)

BacaanArti
اِنَّ sesungguhnya
فِيْ dalam/pada
خَلْقِ kejadian/penciptaan
السَّمٰوٰتِ langit(jamak)
وَالْاَرْضِ dan bumi
وَاخْتِلَافِ dan pergantian
الَّيْلِ malam
وَالنَّهَارِ dan siang
وَالْفُلْكِ dan bahtera
الَّتِيْ yang
تَجْرِيْ berlayar
فِى di
الْبَحْرِ laut
بِمَا dengan apa
يَنْفَعُ memberi manfaat
النَّاسَ manusia
وَمَآ dan apa
اَنْزَلَ menurunkan
اللّٰهُ Allah
مِنَ dari
السَّمَاۤءِ langit
مِنْ dari
مَّاۤءٍ air
فَاَحْيَا maka/lalu Dia menghidupkan
بِهِ dengannya
الْاَرْضَ bumi
بَعْدَ sesudah
مَوْتِهَا matinya
وَبَثَّ dan Dia sebarkan
فِيْهَا di dalamnya
مِنْ dari
كُلِّ segala
دَاۤبَّةٍ hewan
وَّتَصْرِيْفِ dan pergerakan
الرِّيٰحِ angin
وَالسَّحَابِ dan awan
الْمُسَخَّرِ dikendalikan
بَيْنَ antara
السَّمَاۤءِ langit
وَالْاَرْضِ dan bumi
لَاٰيٰتٍ sungguh tanda-tanda
لِّقَوْمٍ bagi kaum
يَّعْقِلُوْنَmereka berakal (memikirkan)

Download Arti Perkata Lengkap (Offline)

Isi Kandungan Surat Al-Baqarah Ayat 164

Setelah kita mengetahui bunyi dari Surat Al-Baqarah Ayat 164 beserta latin, terjemah dan juga arti perkata (mufradatnya), Selanjutnya kita akan bahas mengenai Isi Kandungan yang termuat pada surat ini. Dan berikut adalah beberapa isi kandungan surat Al-Baqarah Ayat 164 yang kami kutip dari situs kitapunya.net

  1. Allah swt menciptakan langit yang sangat indahdan bumi dengan segala isinya sebagai tanda kebesaran Allah swt. Apa yang ada di dalam bumi seperti tumbuhan, hewan, hutan, tambang, dsb adalah untuk manusia.
  2. Allah swt menundukkan laut kepada manusia yang dapat dimanfaatkan sebagai alat transportasi, dan dengan itu juga manusia bisa menggunakan laut sebagai tempat pencaharian. 
  3. Allah swt menjadikan di bumi waktu, pergantian siang dan malam dan perbedaan lamanya waktu siang dan malam. Semua itu dapat dirasakan manfaatnya oleh manusia. Seperti siang untuk bekerja dan malam untuk beristirahat.
  4. Allah swt menurunkan hujan sebagai keberkahan bagi seluruh makhluk hidup, menyuburkan tanah yang tandus dan tumbuh-tumbuhan dapat hidup dengan subur. Dengan tumbuhan hidup subur, kebutuhan makan hewan-hewan herbivora terpenuhi, dan begitu seterusnya berdasarkan jaring-jaring makanan.
  5. Allah swt menciptakan angin yang juga merupakan tanda kebesaran Allah swt. Adanya angin membuat orang bisa berlayar ke laut. Angin juga bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dan lain sebagainya.
  6. Air yang turun dari langit (hujan) dapat menghidupkan bumi yang kering (tanah yang tandus karena kekeringan), dan dengan adanya air tumbuh-tumbuhan dapat hidup dengan subur. Ini juga simbol bahwa iman dapat menghidupkan jiwa/hati yang keras. Jiwa yang hidup akan menumbuhkan amal kebaikan sebagaimana tanah yang subur yang dapat menumbuhkan bermacam-macam tumbuhan.
  7. Semua dari point 1 – 6 terdapat tanda-tanda kebesaran Allah swt. Jadi kita harus merenungkan dan berfikir tentang kejadian-kejadian alam dan apa yang kita temukan di bumi maupun alam semesta ini. Sehingga membuat kita sadar, bahwa semua itu adalah atas kehendak dan kebesaran Allah swt, yang dengan itu dapat mempertebal iman kita kepada Allah swt.

Baca Juga: Terjemah Perkata, Tafsir, Teks Arab, Latin Surat Al-Baqarah Ayat 285 (Tentang Beriman)

Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 164

Tafsir Kemenag RI

[164] Ketahuilah, sesungguhnya pada penciptaan langit dengan ketinggian dan keluasannya serta benda-benda angkasa di lingkupnya; dan bumi yang terhampar luas; pergantian malam dan siang dengan perubahan panjang-pendeknya dan kemanfaatan masing-masing; kapal dan perahu yang berlno_ayatr di laut dengan membawa muatan berupa manusia dan aneka ragam barang yang bermanfaat bagi manusia; apa yang diturunkan Allah dari langit berupa air, lalu dengan air itu dihidupkan-Nya bumi dengan berbagai macam tumbuhan setelah tanaman tersebut mati atau kering; apa yang Dia tebarkan di dalam dan di permukaan-nya berupa bermacam-macam binatang; dan perkisaran angin, baik yang semilir maupun yang kencang; dan awan yang menggumpal dan dikendalikan untuk bergelantungan antara langit dan bumi; semua itu sungguh merupakan tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang-orang yang mengerti, menggunakan akalnya untuk mengambil pelajaran.

Baca Juga: Surat At-Tin Ayat 1 – 8: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Tafsir Kemenag Arab Saudi

[164] Sesungguhnya dalam penciptaan langit dengan ketinggian dan luasnya ini dan bumi dengan gunung-gunung, dataran dan laut-lautnya, dan di dalam pergantian malam dan siang dari lebih lama menjadi lebih pendek, dan antara gelap dan cahaya dan pergantian keduanya secara beriringan, dan Jalan kapal-kapal yang berlayar di laut-laut yang memuat segala yang bermanfaat bagi manusia, dan air hujan yang diturunkan Allah dari langit, Lalu Dia menghidupkan tanah dengan air itu, maka tumbuhlah pohon-pohon hijau setelah sebelumnya kering tidak ada tanaman. dan apa-apa yang telah Allahu sebar di dalamnya berupa setiap jenis binatang yang berjalan dimuka bumi, dan apa yang Allah limpahkan berupa perputaran angin dan penentuan arahnya, dan awan yang dibergerak  antara langit dan bumi. Sesungguhnya pada semua bukti-bukti petunjuk tersebut benar-benar terdapat tanda-tanda atas ketauhidan Allah dan besarnya nikmat Nya bagi kaum yang mau memahami sumber-sumber hujjah, dan memahami dalil-dalil dari Allah ta’ala yang menunjukkan sifat keesaan Nya dan keberhakkan Nya untuk diibadahi.

— Tafsirweb.com

Dengan adanya Arti Perkata Surat Al-Baqarah Ayat 164 dalam bentuk tabel diatas yang tentunya juga dilengkapi teks arab, latin serta terjemah dan tafsir tentu akan lebih membantu teman-teman semua untuk mempelajarinya.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.