Surah Al-Baqarah Ayat 120 Teks Arab, latin, Terjemah, Arti Perkata (Mufradat) dan Isi Kandungan

  • Whatsapp

Artikel Kali ini mengutip Arti Perkata Surat Al Baqarah Ayat 120 Lengkap Dengan Teks Arab, Latin dan Tabel terjemah setiap kata (Mufradat) Juga Isi Kandungan dari QS Al-Baqarah 120 ini

Al-Baqarah ayat 120 adalah bahasan kita selanjutnya yang berisi tentang orang- orang yahudi dan Nasrani yang tidak akan pernah ridho terhadap siapapun (termasuk kaum muslimin) sebelum kita mengikuti millah (ajaran mereka)

Sebab turun Ayat 120 QS : 2 ini pada waktu itu para sahabat beserta Rasulullah SAW sedang berusaha untuk menta’lif (melembuthkan) hati orang – orang yahudi dan nasrani agar mereka ridho terhadap orang – orang muslim.

Lalu turunlah ayat ini, Allah menjelaskan bahwa orang – orang yadudi dan nasrani tidak akan pernah ridho sampai kita mengikuti millah (agama dan syiar – syiar mereka, gaya hidup, cara beragama) mereka.

Lihat Juga Daftar Surat Al-Quran dengan Juz, Jumlah Ayat Secara Berurutan

Berikut teks Arab, Latin Terjemah QS. Al-Baqarah Ayat 120

Surat Al-Baqarah Ayat 120

وَلَنْ تَرْضٰى عَنْكَ الْيَهُوْدُ وَلَا النَّصٰرٰى حَتّٰى تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ ۗ قُلْ اِنَّ هُدَى اللّٰهِ هُوَ الْهُدٰى ۗ وَلَىِٕنِ اتَّبَعْتَ اَهْوَاۤءَهُمْ بَعْدَ الَّذِيْ جَاۤءَكَ مِنَ الْعِلْمِ ۙ مَا لَكَ مِنَ اللّٰهِ مِنْ وَّلِيٍّ وَّلَا نَصِيْرٍ
wa lan tarḍā 'angkal-yahụdu wa lan-naṣārā ḥattā tattabi'a millatahum, qul inna hudallāhi huwal-hudā, wa la`inittaba'ta ahwā`ahum ba'dallażī jā`aka minal-'ilmi mā laka minallāhi miw waliyyiw wa lā naṣīr

Dan orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan rela kepadamu (Muhammad) sebelum engkau mengikuti agama mereka. Katakanlah, “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang sebenarnya).” Dan jika engkau mengikuti keinginan mereka setelah ilmu (kebenaran) sampai kepadamu, tidak akan ada bagimu pelindung dan penolong dari Allah.

Arti Perkata Surah Al Baqarah Ayat 120

Bacaan Arti
وَلَنْ dan tidak
تَرْضٰى senang
عَنْكَ padamu
الْيَهُوْدُ orang-orang Yahudi
وَلَا dan tidak
النَّصٰرٰى orang Nasrani
حَتّٰى sehingga
تَتَّبِعَ kamu mengikuti
مِلَّتَهُمْ agama mereka
قُلْ katakan
اِنَّ sesungguhnya
هُدَى petunjuk
اللّٰهِ Allah
هُوَ ialah
الْهُدٰى petunjuk
وَلَىِٕنِ dan jika
اتَّبَعْتَ kamu mengikuti
اَهْوَاۤءَهُمْ kemauan mereka
بَعْدَ sesudah
الَّذِيْ yang
جَاۤءَكَ telah datang kepadamu
مِنَ dari
الْعِلْمِ pengetahuan
مَا tidak
لَكَ bagimu
مِنَ dari
اللّٰهِ Allah
مِنْ dari
وَّلِيٍّ pelindung
وَّلَا dan tidak
نَصِيْرٍ penolong

Baca Juga: Surah An-Nisa Ayat 136 Teks Arab, latin, Terjemah, Arti Perkata (Mufradat) dan Isi Kandungan

Isi Kandungan Surah Al Baqarah Ayat 120

Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan rido terhadap mu -wahai Rasul- hingga engkau mau meninggalkan agamamu dan mengikuti agama mereka. Katakanlah kepada mereka, “sesungguhnya agama Islam itulah agama yang shahih”. Dan  jika engkau mengikuti kemauan hawa nafsu mereka setelah datang wahyu kepadamu, maka di sisi Allah nanti engkau tidak akan punya pelindung yang akan memberikan manfaat bagimu dan penolong yang akan menolongmu. Khitob ayat walaupun kondisinya khusus bagi nabi Muhammad sholallohu ‘alaihi wasallam, akan tetapi hakikatnya umum untuk seluruh umatnya.
tafsirweb.com

Demikian uraian singkat kali ini mengenai teks arab, latin, terjemah perkata (mufradat) dalam bentuk tabel yang tentunya akan lebih mudah untuk dipelajari terlebih lengkap dengan isi kandungan.

Wallahu A’lam Bishawab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *