Surat Al-Hadid Ayat 20: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Teks Arab, Latin, Terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris, Tafsir dan Mufradat / Arti Perkata Surat Al-Hadid Ayat 20 Beserta dengan Latinnya

Hallo adik-adik sekalian, Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini kakak akan menyampaikan kutipan ayat ke 20 dari Surat Al-Hadid lengkap dengan terjemah, arti perkata dan juga tafsir dari berbagai versi.

Surat Al-Hadid sendiri merupakan surat ke 57 yang terdapat pada Juz ke 27 dalam Daftar Surat Al-Quran, Tergolong kedalam Surat Madaniyah (turun di Madinah) dengan jumlah ayat sebanyak 29 ayat dan surat Al-Hadid ini memiliki arti Besi.

Baca Juga: Surat Al-Luqman Ayat 14: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Sedikit Uraian (Surat ini meceritakan tentang / Surat ini turun dalam rangka) etc…

Berikut ini Teks Arab, Latin, Terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris, Tafsir dan Mufradat / Arti Perkata Surat Al-Hadid Ayat 20

Teks Arab dan Latin Surat Al-Hadid Ayat 20

اِعْلَمُوْٓا اَنَّمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَّلَهْوٌ وَّزِيْنَةٌ وَّتَفَاخُرٌۢ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِى الْاَمْوَالِ وَالْاَوْلَادِۗ كَمَثَلِ غَيْثٍ اَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهٗ ثُمَّ يَهِيْجُ فَتَرٰىهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُوْنُ حُطَامًاۗ وَفِى الْاٰخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيْدٌۙ وَّمَغْفِرَةٌ مِّنَ اللّٰهِ وَرِضْوَانٌ ۗوَمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَآ اِلَّا مَتَاعُ الْغُرُوْرِ

I’lamū annamal-ḥayātud-dun-yā la’ibuw wa lahwuw wa zīnatuw wa tafākhurum bainakum wa takāṡurun fil-amwāli wal-aulād, kamaṡali gaiṡin a’jabal-kuffāra nabātuhụ ṡumma yahīju fa tarāhu muṣfarran ṡumma yakụnu huṭāmā, wa fil-ākhirati ‘ażābun syadīduw wa magfiratum minallāhi wa riḍwān, wa mal-ḥayātud-dun-yā illā matā’ul-gurụr

Terjemah Surat Al-Hadid Ayat 20

Bahasa Indonesia

Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.

Bahasa Inggris

Know that this worldly life is no more than play, amusement, luxury, mutual boasting, and competition in wealth and children. This is like rain that causes plants to grow, to the delight of the planters. But later the plants dry up and you see them wither, then they are reduced to chaff. And in the Hereafter there will be either severe punishment or forgiveness and pleasure of Allah, whereas the life of this world is no more than the delusion of enjoyment.

Arti Perkata Surat Al-Hadid Ayat 20

Download Arti Perkata Lengkap (Offline)

BacaanArti
اِعْلَمُوْٓا ketahuilah
اَنَّمَا sesungguhnya hanyalah
الْحَيٰوةُ kehidupan
الدُّنْيَا dunia
لَعِبٌ permainan
وَّلَهْوٌ dan senda gurau
وَّزِيْنَةٌ dan perhiasan
وَّتَفَاخُرٌۢ dan bermegah-megahan
بَيْنَكُمْ diantara kamu
وَتَكَاثُرٌ dan berbangga-banggaan
فِى pada/tentang
الْاَمْوَالِ harta
وَالْاَوْلَادِۗ dan anak-anak
كَمَثَلِ seperti perumpamaan
غَيْثٍhujan
اَعْجَبَ mengagumkan
الْكُفَّارَ orang-orang kafir/petani
نَبَاتُهٗ tanaman-tanamannya
ثُمَّ kemudian
يَهِيْجُ ia menjadi kering
فَتَرٰىهُ maka kamu melihatnya
مُصْفَرًّا kuning
ثُمَّ kemudian
يَكُوْنُ adalah ia
حُطَامًاۗ hancur
وَفِى dan pada
الْاٰخِرَةِ akhirat
عَذَابٌ azab
شَدِيْدٌۙ pedih
وَّمَغْفِرَةٌ dan ampunan
مِّنَ dari
اللّٰهِ Allah
وَرِضْوَانٌ dan keridaan
وَمَا dan tidaklah
الْحَيٰوةُ kehidupan
الدُّنْيَآ dunia
اِلَّا kecuali
مَتَاعُ kesenangan
الْغُرُوْرِtipuan

Download Arti Perkata Lengkap (Offline)

Tafsir Surat Al-Hadid Ayat 20

Tafsir Kemenag RI

Wahai orang mukmin, ketahuilah sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan sendagurauan. Karena itu, jangan sampai kamu larut di dalamnya. Kehidupan dunia ini juga merupakan perhiasan bagimu dan saling berbangga di antara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan. Semua itu seperti hujan yang menumbuhkan tanam-tanamannya sehingga mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering saat kemarau dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Itulah permisalan bagi kehidupan dunia yang fana. Dan ketahuilah, di akhirat nanti ada azab yang keras bagi mereka yang ingkar dan ampunan dari Allah serta keridaan-Nya bagi orang yang beriman dan mematuhi ajaran-Nya. Dan kehidupan dunia yang sekarang kamu nik-mati tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu.21. Setelah kamu semua wahai orang beriman mengetahui hakikat kehidupan dunia, maka segera berlomba-lombalah kamu untuk mendapatkan ampunan dari Tuhanmu dengan istigfar dan berlombalah untuk men-dapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi dengan selalu melakukan kebaikan, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-rasul-Nya. Itulah karunia tertinggi Allah yang diberikan kepada siapa yang Dia dikehendaki. Dan Allah mempunyai karunia yang besar bagi mereka yang beriman dan berbuat kebajikan.

Tafsir Kemenag Arab Saudi

Ketahuilah (wahai manusia) bahwa kehidupan dunia hanyalah permainan dan kesenangan, jasmani bermain-main dan hati bersenda gurau, perhiasan yang kalian berhias dengannya, kalian saling berbangga dengan harta kalian, kalian berlomba memperbanyak harta dan anak-anak, perumpamaannya seperti hujan yang tanamannya menakjubkan para petani, kemudian tanaman tersebut menua dan mengering, menguning setelah sebelumnya hijau, kemudian ia rontok dan hancur. Dan di akhirat ada azab yang berat bagi orang-orang kafir, dan ampunan dan ridha Allah bagi ahli iman. Kehidupan dunia ini bagi siapa yang beramal untuknya dan melupakan akhiratnya, hanyalah kesenangan yang memperdaya.

— Tafsirweb.com

Dengan adanya Arti Perkata Surat Al-Hadid Ayat 20 dalam bentuk tabel diatas yang tentunya juga dilengkapi teks arab, latin serta terjemah dan tafsir tentu akan lebih membantu teman-teman semua untuk mempelajarinya.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.