Terjemah Perkata, Tafsir, Teks Arab, Latin Surat Al-Baqarah Ayat 285 (Tentang Beriman)

  • Whatsapp

Teks Bacaan, Latin, Terjemah, Arti Perkata Serta Tafsir dari Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 285

Dalam surat ini, Kita sebagai seorang muslim hendaknya mentaati firman Allah SWT yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Muat Lebih

Yang mana sikap beliau dan para pengikut setianya beriman terhadap apa yang telah diturunkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah SAW, demikian pula dengan mereka yang memiliki kualitas keimanan yang berbeda dengan Nabi.

Semua yang beriman kepada Allah harus yakin bahwasannya Dia (Allah) adalah wujud dan Maha Esa, Mahakuasa, tiada sekutu bagi-Nya, dan Mahasuci dari segala kekurangan.

Baca Juga: Tafsir Surat Az-Zumar Ayat 73 Lengkap Dengan Arti Perkata Serta Terjemah Indonesia dan Inggris

Selain itu kita juga harus percaya kepada malaikat-malaikat, Kitab-kitab (Zabur, Taurat, Injil, dan Al-Qur’an), dan juga percaya kepada rasul-rasul-Nya sebagai hamba-hamba Allah yang diutus membimbing manusia ke jalan yang lurus dan diridai-Nya

Teks Bacaan, Latin, Terjemah, Arti Perkata Serta Tafsir dari Surat Al-Baqarah Ayat 285

Berikut Ini Adalah Teks Bacaan, Latin, Terjemah, Arti Perkata Serta Tafsir dari Surat Al-Baqarah Ayat 285

Teks Arab Surat Al-Baqarah Ayat 285

اٰمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْهِ مِنْ رَّبِّهٖ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖۗ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْ رُّسُلِهٖ ۗ وَقَالُوْا سَمِعْنَا وَاَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

Teks Latin Surat Al-Baqarah Ayat 285

āmanar-rasụlu bimā unzila ilaihi mir rabbihī wal-mu`minụn, kullun āmana billāhi wa malā`ikatihī wa kutubihī wa rusulih, lā nufarriqu baina aḥadim mir rusulih, wa qālụ sami’nā wa aṭa’nā gufrānaka rabbanā wa ilaikal-maṣīr

Terjemah Surat Al-Baqarah Ayat 285

Bahasa Indonesia

Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur’an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), “Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.” Dan mereka berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali.”

Baca Juga: Arti Perkata Surat Al-Hujurat Ayat 10 Lengkap Dengan Terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris

Bahasa Inggris

The Messenger has believed in what was revealed to him from his Lord, and [so have] the believers. All of them have believed in Allah and His angels and His books and His messengers, [saying], “We make no distinction between any of His messengers.” And they say, “We hear and we obey. [We seek] Your forgiveness, our Lord, and to You is the [final] destination.”

Terjemah Perkata Surat Al-Baqarah Ayat 285

ArabTerjemah
اٰمَنَ(ia) beriman
الرَّسُوْلُmengetahui
بِمَآkepada apa
اُنْزِلَditurunkan
اِلَيْهِkepadanya
مِنْdari
رَّبِّهٖ tuhannya
وَالْمُؤْمِنُوْنَۗdan orang-orang mukmin
كُلٌّsetiap
اٰمَنَ(ia) beriman
بِاللّٰهِ kepada Allah
وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ dan malaikat-malaikatnya
وَكُتُبِهٖdan kitab-kitabnya
وَرُسُلِهٖۗdan rasul-rasulnya
لَاtidak
نُفَرِّقُdibeda-bedakan
بَيْنَ diantara
اَحَدٍ seorang
مِّنْ رُّسُلِهٖrasul-rasulnya
وَقَالُوْا dan (mereka) berkata
سَمِعْنَا (kami) dengar
وَاَطَعْنَاdan (kami) taat
غُفْرَانَكَ ampunan kamu
رَبَّنَا ya tuhan kami
وَاِلَيْكَ dan kepada Engkau
الْمَصِيْرُtempat kembali

Tafsir Kemenag Surat Al-Baqarah Ayat 285

Diriwayatkan oleh Ahmad dan Muslim dari Abu Hurairah, dia berkata, “Tatkala Allah menurunkan ayat 284 kepada Rasulullah saw, maka sahabat merasa bebannya bertambah berat, lalu mereka datang menghadap Rasulullah saw dan berkata, “Kami telah dibebani dengan pekerjaan-pekerjaan yang sanggup kami kerjakan, yaitu salat, puasa, jihad, sedekah, dan kini telah turun pula ayat ini, yang kami tidak sanggup melaksanakannya”.

Maka Rasulullah saw bersabda, “Apakah kamu hendak mengatakan seperti perkataan Ahli Kitab sebelum kamu, mereka mengatakan, “Kami dengar dan kami durhaka”.

Katakanlah, “Kami dengar dan kami taat, kami memohon ampunan-Mu Ya, Tuhan kami, dan hanya kepada Engkaulah kami kembali.” Tatkala Rasulullah membacakan ayat ini kepada mereka, lidah mereka mengikutinya.

Baca Juga: Arti Perkata Surat Al-Maidah Ayat 32 Lengkap Dengan Latin, Terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris

Lalu turun ayat berikutnya, ayat 285 al-Baqarah. Abu Hurairah berkata, “Tatkala para sahabat telah mengerjakan yang demikian Allah menghilangkan kekhawatiran mereka terhadap ayat itu dan Dia menurunkan ayat berikutnya: Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. (al-Baqarah/2: 286)

Hadis di atas melukiskan kekhawatiran para sahabat yang sangat takut kepada azab Allah. Para sahabat dahulunya adalah orang-orang yang hidup, dididik dan dibesarkan di dalam lingkungan kehidupan Arab jahiliah.

Pikiran, hati, kepercayaan dan adat istiadat jahiliah telah sangat berpengaruh di dalam diri mereka. Bahkan di antara mereka ada pemuka dan pemimpin orang-orang Arab jahiliah.

Setelah Nabi Muhammad saw diutus, mereka mengikuti seruan Nabi dan… Baca Selengkapnya

Sumber Referensi:
https://quran.com/2/285
https://litequran.net/al-baqarah
https://quran.kemenag.go.id/index.php/tafsir/1/2/285
https://quran.kemenag.go.id/index.php/tafsir/2/2/285

Banner gstatic.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *