Surat Al-Imran Ayat 186: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Teks Arab, Latin, Terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris, Tafsir dan Mufradat / Arti Perkata Surat Al-Imran Ayat 186 Beserta dengan Latinnya Lengkap Dengan Isi Kandungan

Hallo adik-adik sekalian, Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini kakak akan menyampaikan kutipan ayat ke 186 dari Surat Al-Imran lengkap dengan terjemah, arti perkata dan juga tafsir dari berbagai versi.

Surat Al-Imran sendiri merupakan surat ke 3 dalam Al-Quran yang mana ayat 1-91 terdapat pada Juz 3 dan ayat 92-200 terdapat pada Juz 4. Tergolong Surat Makkiyah dengan jumlah ayat sebanyak 200 ayat.

Baca Juga: Surat Al-Ahzab Ayat 59: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Berikut ini Teks Arab, Latin, Terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris, Tafsir dan Mufradat / Arti Perkata Surat Al-Imran Ayat 186

Teks Arab dan Latin Surat Al-Imran Ayat 186

۞ لَتُبْلَوُنَّ فِيْٓ اَمْوَالِكُمْ وَاَنْفُسِكُمْۗ وَلَتَسْمَعُنَّ مِنَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ مِنْ قَبْلِكُمْ وَمِنَ الَّذِيْنَ اَشْرَكُوْٓا اَذًى كَثِيْرًا ۗ وَاِنْ تَصْبِرُوْا وَتَتَّقُوْا فَاِنَّ ذٰلِكَ مِنْ عَزْمِ الْاُمُوْرِ

latublawunna fī amwālikum wa anfusikum, wa latasma’unna minallażīna ụtul-kitāba ming qablikum wa minallażīna asyrakū ażang kaṡīrā, wa in taṣbirụ wa tattaqụ fa inna żālika min ‘azmil-umụr

Terjemah Surat Al-Imran Ayat 186

Bahasa Indonesia

Kamu pasti akan diuji dengan hartamu dan dirimu. Dan pasti kamu akan mendengar banyak hal yang sangat menyakitkan hati dari orang-orang yang diberi Kitab sebelum kamu dan dari orang-orang musyrik. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang (patut) diutamakan.

Bahasa Inggris

You ˹believers˺ will surely be tested in your wealth and yourselves,1 and you will certainly hear many hurtful words from those who were given the Scripture before you and ˹from˺ the polytheists. But if you are patient and mindful ˹of Allah˺—surely this is a resolve to aspire to.

Arti Perkata Surat Al-Imran Ayat 186

Download Arti Perkata Lengkap (Offline)

BacaanArti
لَتُبْلَوُنَّ sungguh akan diuj
فِيْٓ (kalian) bertasbih
اَمْوَالِكُمْ harta-harta kalian
وَاَنْفُسِكُمْۗ dan diri kalian
وَلَتَسْمَعُنَّ dan sungguh akan mendengar
مِنَ dari
الَّذِيْنَ orang-orang yang
اُوْتُوا (mereka[lk]) diberi
الْكِتٰبَ kitab
مِنْ dari
قَبْلِكُمْ sebelum kalian
قَبْلِكُمْ dan dari
الَّذِيْنَ orang-orang yang
اَشْرَكُوْٓا (kalian[lk]) menyekutukan
اَذًى gangguan (penyakit
كَثِيْرًا ۗsangat banyak
وَاِنْ dan jika
تَصْبِرُوْا melakukan kesabaran
وَتَتَّقُوْا dan memelihara diri
فَاِنَّ maka sesungguhnya (kami)
ذٰلِكَ itu[tg.lk]
مِنْdan/termasuk
عَزْمِ teguh hati
الْاُمُوْرِsegala urusan

Download Arti Perkata Lengkap (Offline)

Isi Kandungan Surat Al-Imran Ayat 186

Mengutip dari situs wislah.com berikut adalah Isi kandungan yang termuat pada Surat Al-Imran Ayat 186

  1. Manusia akan diuji dalam persoalan harta benda. Ujian yang akan menimpa manusia dalam persoalan harta benda bisa saja dikarenakan bencana alam, pencurian, kehilangan, atau bahkan mengalami kebangkrutan saat menjalanan bisnis dan perdagangan. Sebagian ulama’ juga menyatakan bahwa mengeluarkan harta benda dalam bentuk sedekah, zakat atau infaq termasuk kategori ujian bagi sebagian orang. Karena menurut logika harta yang dikeluarkan baik melalui sedekah, zakat dan infaq mengalami penyusutan secara lahirnya.
  2. Manusia akan diuji dalam wilayah batiniya. Diantaranya adalah ketidaktenangan jiwa karena kesedihan, sakit hati, merasa cemas karena suatu hal, kondisi peperangan, atau bahkan karena kematian. Persoalan-persoalan jiwa inilah yang cenderung lebih berat ketimbang ujian dalam persoalan harta benda yang notabene adalah wilayah lahiriyah.
  3. Manusia akan diuji dengan adanya informasi yang menyudutkan dan meyakitkan hati yaitu kabar-kabar yang datang dari orang-orang ahli kitab terkait dengan persoalan theology. Kebohongan-kebohongan orang-orang Yahudi yang disebarkan dan mengakibatkan sakit hati dan gunda gulana kaum mukmin.
  4. Ujian dan cobaan yang datang dari orang-orang musyrik, yang berbentuk ancaman baik mengenai jiwa maupun fisik. Tekanan yang luar biasa mulai dari pengusiran bahkan pembunuhan yang diterima oleh kaum mukmin.

Tafsir Surat Al-Imran Ayat 186

Tafsir Kemenag RI

Kamu pasti akan diuji dengan hartamu dan dirimu dengan berbagai cobaan, ujian, dan musibah seperti kekurangan harta, malapetaka, dan lain-lain. Karena itu Allah menguji siapa pun di antara mereka yang tetap sabar dan istikamah dalam menjalankan perintah Allah, dan mereka yang tidak menerima dengan hati lapang dan sabar. Dan pasti kamu akan mendengar banyak hal yang sangat menyakitkan hati dari orang-orang yang diberi Kitab sebelum kamu dan dari orang-orang musyrik berupa ejekan, pendustaan, penghalangan dalam beragama, perlawanan, dan pengkhianatan. Jika kamu bersabar dan bertakwa dalam menghadapi tindakan-tindakan mereka dan tetap teguh melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan. Hal itu karena orang-orang yang sabar, bertakwa, dan berbesar hati menerima setiap takdir yang berlaku akan meraih kemenangan yang gemilang atas tipu daya musuh.

Tafsir Kemenag Arab Saudi

Kalian pasti akan diuji (Wahai orang-orang beriman), dalam harta kekayaan kalian dengan perintah mengeluarkan infak yang wajib maupun Sunnah dan dengan bencana-bencana yang menimpanya, dan dalam diri kalian dengan apa yang wajib kepada kalian berupa ketaatan-ketaatan, dana pa yang menimpa kalian berupa luka-luka dan kehilangan nyawa, serta kehilangan orang-orang tercinta. Hal itu bertujuan supaya memisahkan antara orang mukmin yang benar dan yang bukan. Dan kalian benar-benar akan mendengarkan dari kaum yahudi,Nasrani,dan kaum musyrikin omongan-omongan yang menyakitkan pendengaran kalian, berupa ucapan-ucapan syirik dan celaan terhadap agama kalian. Dan apabila kalian mau bersabar (wahai kaum mukminin), menghadapi itu semua,dan bertakwa kepada Allah dengan konsisten untuk taat kepadaNYA dan menjauhi maksiat-maksiat kepadaNYA, maka sesungguhnya itu termasuk sikap-sikap yang patut dibulatkan tekad untuk dilakukan dan berlomba-lomba di dalamnya.

— Tafsirweb.com

Dengan adanya Arti Perkata Surat Al-Imran Ayat 186 dalam bentuk tabel diatas yang tentunya juga dilengkapi teks arab, latin serta terjemah dan tafsir akan lebih membantu sobat untuk mempelajarinya.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.