Surat Al-Qasas Ayat 77: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Teks Arab, Latin, Terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris, Tafsir dan Mufradat / Arti Perkata Surat Al-Qasas Ayat 77 Beserta dengan Latinnya

Hallo adik-adik sekalian, Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini kakak akan menyampaikan kutipan ayat ke 77 dari Surat Al-Qasas lengkap dengan terjemah, arti perkata dan juga tafsir dari berbagai versi.

Surat Al-Qasas sendiri merupakan surat ke 28 yang terdapat pada Juz ke 30 dalam Daftar Surat Al-Quran, Tergolong kedalam Surat Makkiyah (turun di Mekkah) dengan jumlah ayat sebanyak 88 ayat dan surat Al-Qashash ini memiliki arti Cerita-cerita.

Baca Juga: Surat Shad Ayat 27: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Surah ini diturunkan ketika kaum muslimin masih dalam keadaan lemah ketika mereka dibelenggu kekejaman kaum Musyrikin Makkah. Allah menurunkan surah ini dengan tujuan untuk membandingkan dengan riwayat hidup Nabi Musa yang menghadapi kekejaman raja Fir’aun dan akibat dari kemewahan Qarun serta memberikan janji akan kemenangan Nabi Muhammad kelak.

Berikut ini Teks Arab, Latin, Terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris, Tafsir dan Mufradat / Arti Perkata Surat Al-Qasas Ayat 77

Teks Arab dan Latin Surat Al-Qasas Ayat 77

وَابْتَغِ فِيْمَآ اٰتٰىكَ اللّٰهُ الدَّارَ الْاٰخِرَةَ وَلَا تَنْسَ نَصِيْبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَاَحْسِنْ كَمَآ اَحْسَنَ اللّٰهُ اِلَيْكَ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِى الْاَرْضِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِيْنَ

wabtagi fīmā ātākallāhud-dāral-ākhirata wa lā tansa naṣībaka minad-dun-yā wa aḥsing kamā aḥsanallāhu ilaika wa lā tabgil-fasāda fil-arḍ, innallāha lā yuḥibbul-mufsidīn

Terjemah Surat Al-Qasas Ayat 77

Bahasa Indonesia

Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuatbaiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan.

Bahasa Inggris

Rather, seek the ˹reward˺ of the Hereafter by means of what Allah has granted you, without forgetting your share of this world. And be good ˹to others˺ as Allah has been good to you. Do not seek to spread corruption in the land, for Allah certainly does not like the corruptors.”

Arti Perkata Surat Al-Qasas Ayat 77

Download Arti Perkata Lengkap (Offline)

BacaanArti
وَابْتَغِ dan carilah
فِيْمَآ pada apa
اٰتٰىكَ telah memberikan kepadamu
اللّٰهُ Allah
الدَّارَ rumah/kampung
الْاٰخِرَةَ akhirat
وَلَا dan jangan
تَنْسَ kamu melupakan
نَصِيْبَكَ bahagianmu
مِنَ dari
الدُّنْيَا dunia
وَاَحْسِنْ dan berbuat baiklah
كَمَآ sebagaimana
اَحْسَنَ telah berbuat baik
اللّٰهُ Allah
اِلَيْكَ kepadamu
وَلَا dan janganlah
تَبْغِ kamu mencari/berbuat
الْفَسَادَ kerusakan
فِى di
الْاَرْضِ muka bumi
اِنَّ sesungguhnya
اللّٰهَ Allah
لَا tidak
يُحِبُّ Dia menyukai
الْمُفْسِدِيْنَorang-orang yang berbuat kerusakan

Download Arti Perkata Lengkap (Offline)

Isi Kandungan Surat Al-Qasas Ayat 77

Point – point atau Isi Kandungan yang termuat dalam Surat Al-Qasas Ayat 77 sebagaimana yang dikutip dari situs brainly.com, diantaranya sebagai berikut:

  1. Manusia diperintahkan agar bekerja dan berusaha untuk kepentingan dunia dan Akhirat. Maksudnya kita harus dapat menyeimbangkan antara kepentingan dunia dan akhirat.
  2. Manusia di perintahkan untuk senantiasa berbuat baik
  3. Larangan bagi manusia agar tidak berbuat kerusakan

Tafsir Surat Al-Qasas Ayat 77

Tafsir Kemenag RI

Nasihat di atas tidak berarti seseorang hanya boleh beribadah murni (mahdah) dan melarang memperhatikan dunia. Berusahalah sekuat tenaga dan pikiran untuk memperoleh harta, dan carilah pahala negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu di dunia, berupa kekayaan dan karunia lainnya, dengan menginfakkan dan menggunakannya di jalan Allah. Akan tetapi pada saat yang sama janganlah kamu lupakan bagianmu dari kenikmatan di dunia dengan tanpa berlebihan. Dan berbuatbaiklah kepada semua orang dengan bersedekah sebagaimana atau disebabkan karena Allah telah berbuat baik kepadamu dengan mengaruniakan nikmat-Nya, dan janganlah kamu berbuat kerusakan dalam bentuk apa pun di bagian mana pun di bumi ini, dengan melampaui batas-batas yang telah ditetapkan oleh Allah. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan dan akan memberikan balasan atas kejahatan tersebut.

Tafsir Kemenag Arab Saudi

Dan carilah pahala negeri akhirat pada apa yang Allah berikan kepadamu berupa harta benda, dengan mengamalkan ketaatan kepada Allah melalui harta itu di dunia ini. Dan janganlah kamu lupakan bagianmu dari dunia dengan jalan bersenang-senang di dunia ini dengan hal-hal yang halal, tanpa berlebihan. Dan berbuat baiklah kepada orang-orang dengan memberikan sedekah, sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu dengan (memberikan) harta yang banyak. Dan janganlah kamu mencari apa yang diharamkan oleh Allah berupa tindakan berbuat kerusakan di muka bumi dan penganiayaan terhadap kaummu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan dan Dia akan membalas mereka atas amal perbuatan buruk mereka.”

Dengan adanya Arti Perkata Surat Al-Qasas Ayat 77 dalam bentuk tabel diatas yang tentunya juga dilengkapi teks arab, latin serta terjemah dan tafsir tentu akan lebih membantu teman-teman semua untuk mempelajarinya.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.