Surat Ar-Ra’d Ayat 11: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Teks Arab, Latin, Terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris, Tafsir dan Mufradat / Arti Perkata Surat Ar-Ra’d Ayat 11 Beserta dengan Latinnya

Hallo adik-adik sekalian, Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini kakak akan menyampaikan kutipan ayat ke 11 dari Surat Ar-Ra’d lengkap dengan terjemah, arti perkata dan juga tafsir dari berbagai versi.

Surat Ar-Ra’d sendiri merupakan surat ke 13 yang terdapat pada Juz ke 13 dalam Daftar Surat Al-Quran, Tergolong kedalam Surat Makkiyah (turun di Mekkah) dengan jumlah ayat sebanyak 43 ayat dan surat Ar-Ra’d ini memiliki arti Guruh.

Baca Juga: Arti Perkata Surat An-Nur Ayat 35 + Teks Arab, Latin, Terjemah & Tafsir

Pada QS. Ar-Ra’d Ayat 11, Sebagaimana dikutip oleh Ath-Thabari dalam tafsirnya, ayat ini menjelaskan bahwa setiap manusia selalu didampingi oleh malaikat siang–malam yang silih berganti. Malaikat siang datang, pada saat itu juga malaikat malam meninggalkan seseorang. Saat sore, malaikat siang pergi sedangkan malaikat malam mulai datang. Menurut sebagian ulama, malaikat yang silih berganti ini bernama malaikat hafadzah.

Masih menurut At-Thabari, maksud ayat ini justru menjelaskan bahwa semua orang itu dalam kebaikan dan kenikmatan. Allah tidak akan mengubah kenikmatan-kenikmatan seseorang kecuali mereka mengubah kenikmatan menjadi keburukan sebab perilakunya sendiri dengan bersikap zalim dan saling bermusuhan kepada saudaranya sendiri. — nu.or.id

Berikut ini Teks Arab, Latin, Terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris, Tafsir dan Mufradat / Arti Perkata Surat Ar-Ra’d Ayat 11

Teks Arab dan Latin Surat Ar-Ra’d Ayat 11

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

lahụ mu’aqqibātum mim baini yadaihi wa min khalfihī yaḥfaẓụnahụ min amrillāh, innallāha lā yugayyiru mā biqaumin ḥattā yugayyirụ mā bi`anfusihim, wa iżā arādallāhu biqaumin sū`an fa lā maradda lah, wa mā lahum min dụnihī miw wāl

Baca Juga: Surat At-Tariq Ayat 1 – 17: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Terjemah Surat Ar-Ra’d Ayat 11

Bahasa Indonesia

Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

Bahasa Inggris

For each one there are successive angels before and behind, protecting them by Allah’s command. Indeed, Allah would never change a people’s state ˹of favour˺ until they change their own state ˹of faith˺. And if it is Allah’s Will to torment a people, it can never be averted, nor can they find a protector other than Him.

Baca Juga: Surat Al-Baqarah Ayat 164: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Arti Perkata Surat Ar-Ra’d Ayat 11

Download Arti Perkata Lengkap (Offline)

BacaanArti
لَهٗ baginya(seseorang)
مُعَقِّبٰتٌ pengiring
مِّنْۢ dari
بَيْنِ antara
يَدَيْهِ dua tangannya/depannya
وَمِنْ dan dari
خَلْفِهٖ belakangnya
يَحْفَظُوْنَهٗ mereka menjaganya
مِنْ dari/atas
اَمْرِ perintah
اللّٰهِ Allah
اِنَّ sesungguhnya
اللّٰهَ Allah
لَا tidak
يُغَيِّرُ merobah
مَا apa/keadaan
بِقَوْمٍ dengan suatu kaum
حَتّٰى sehingga
يُغَيِّرُوْا mereka merobah
مَا apa/keadaan
بِاَنْفُسِهِمْdengan diri mereka sendiri
وَاِذَآ dan jika
اَرَادَ menghendaki
اللّٰهُ Allah
بِقَوْمٍ dengan suatu kaum
سُوْۤءًا keburukan
فَلَا maka tidak
مَرَدَّ menolak
لَbaginya
وَمَا dan tidak ada
لَهُمْ bagi mereka
مِّنْ dari
دُوْنِهٖ selain Dia
مِنْ dari
وَّالٍpelindung

Download Arti Perkata Lengkap (Offline)

Baca Juga: Surat Yunus Ayat 40 – 41: Teks Arab, Latin, Terjemah, Arti Perkata dan Tafsir

Isi Kandungan Surat Ar-Ra’d Ayat 11

Setelah adik-adik mengetahui teks arab beserta lain dan juga terjemah dalam bahasa Indonesia serta Inggris, Berikutnya kami mencoba untuk sedikit menguraikan mengenai isi kandungan dari Surat Ar-Ra’d Ayat 11 yang dikutip dari abusyuja.com.

  1. Menjelaskan bahwa Allah adalah Dzat yang menciptakan alam dan mengaturnya;
  2. Menjelaskan bahwa ilmu Allah itu meliputi segala sesuatu tanpa terkecuali;
  3. Menceritakan tenang malaikat hafazhah;
  4. Menjelaskan tentang malaikat yang menjaga manusia secara silih berganti;
  5. Menegaskan bahwa hanya Allah lah yang mampu dan dapat memberi taufik, sedangkan Rasul hanya bertugas menyampaikan;
  6. Menjelaskan tentang larangan berdoa kepada hal-hal yang bururk untuk diri sendiri;
  7. Menjelaskan tentang kewajiban Nabi nahi munkar (mencegah perbuatan-perbuatan mungkar);
  8. Menceritakan kisah-kisah pengalaman para Nabi zaman dulu;
  9. Menjelaskan tentang beberapa sifat terpuji;
  10. Menjelaskan tentang perumpamaan orang-orang yang menyembah berhala dengan orang-orang yang menyembah Allah;
  11. Menegaskan bahwa Allah tidak akan mengubah suatu bangsa, kecuali mereka yang mengubah nasib mereka sendiri.

Baca Juga: Teks Arab, Latin dan Arti Perkata QS An-Nisa Ayat 36

Tafsir Surat Ar-Ra’d Ayat 11

Tafsir Kemenag RI

Tidak saja mengetahui sesuatu yang tersembunyi di malam hari dan yang tampak di siang hari, Allah, melalui malaikat-Nya, juga mengawasinya dengan cermat dan teliti. Baginya, yakni bagi manusia, ada malaikat-malaikat yang selalu menjaga dan mengawasi-Nya secara bergiliran, dari depan dan dari belakangnya. Mereka menjaga dan mengawasinya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah yang mahakuasa tidak akan mengubah keadaan suatu kaum dari suatu kondisi ke kondisi yang lain, sebelum mereka mengubah keadaan diri menyangkut sikap mental dan pemikiranmereka sendiri. Dan apabila, yakni andaikata, Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum’dan ini adalah hal yang mustahil bagi Allah’maka tak ada kekuatan apa pun yang dapat menolaknya dan tidak ada yang dapat menjadi pelindung bagi mereka selain dia. Melanjutkan penyebutan tanda-tanda kekuasaan-Nya pada ayatayat yang lalu, beberapa ayat berikut Allah berbicara tentang kilat, halilintar, mendung, dan air hujan. Allah berfirman, dialah Allah, tuhan yang mahakuasa, yang memperlihatkan kilat kepadamu, yakni seberkas cahaya yang memancar dan menghilang secara cepat, yang kadangkala menimbulkan ketakutan pada diri kamu, dan kadangkala menimbulkan harapan yang menggembirakan’yakni pertanda segera turun hujan. Dan dia pula yang menjadikan mendung yang akan menurunkan hujan.

Baca Juga: Teks Arab, Arti Perkata (Mufradad) Serta Tafsir Dari Al-Qur’an Surah Al-Qashash Ayat 79

Tafsir Kemenag Arab Saudi

Allah memiliki maliakat yang datang secara bergantian kepada manusia, baik dari depan maupun dari belakangnya, yang menjaganya dari perintah Allah dan menghitung apa-apa yang berasal darinya;kebaiakn maupun keburukan.Sesungguhnya Allah tidak merubah nikmat yang telah Dia berikan kepada suatu kaum, kecuali apabila mereka sendiri yang merubah apa yang Dia perintahkan kepada mereka, lalu mereka berbuat maksiaat kepadaNya. Dan apabila Allah ingin menimpakan malapetaka kepada suatu kelompok, maka tidak jalan untuk menghindarinya, dan tidak ada penolong bagi mereka selain Allah yang akan menangani urusan mereka, yang akan mendatangkan apa-apa yang mereka cintai dan menolak Dari mereka apa-apa yang tidak mereka sukai.

— Tafsirweb.com

Dengan adanya Arti Perkata Surat Ar-Ra’d Ayat 11 dalam bentuk tabel diatas yang tentunya juga dilengkapi teks arab, latin serta terjemah dan tafsir tentu akan lebih membantu teman-teman semua untuk mempelajarinya.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Selamat Datang
Selamat Datang