Teks Arab, Latin dan Arti Perkata QS An-Nisa Ayat 36

  • Whatsapp

Teks Arab, Latin, Terjemah Indonesia Inggris dan Arti Perkata (Mufradat) Surat An-Nisa Ayat 36

Allah Ta’ala dalam ayat ini memerintahkan kita hanya menyembah kepada-Nya saja dan mengarahkan berbagai bentuk ibadah kepada-Nya, baik berdoa, meminta pertolongan dan perlindungan, ruku’ dan sujud, berkurban, bertawakkal dsb.

Muat Lebih

Serta masuk ke dalam pengabdian kepada-Nya, tunduk kepada perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya dengan rasa cinta, takut dan harap serta berbuat ikhlas dalam semua ibadah baik yang nampak (ibadah lisan dan anggota badan) maupun yang tersembunyi (ibadah hati).

Allah Ta’ala juga melarang berbuat syirik, baik syirik akbar (besar) maupun syirk asghar (kecil).

Baca Juga: Kumpulan Hadist Tentang Cinta Dalam Islam Beserta Teks Arab dan Terjemahnya

Yakni berbuat baiklah kepada mereka baik dalam hal ucapan maupun dalam hal perbuatan. Dalam hal ucapan misalnya dengan berkata-kata yang lembut dan baik kepada kedua orang tua, sedangkan dalam hal perbuatan misalnya menaati kedua orang tua dan menjauhi larangannya, menafkahi orang tua dan memuliakan orang yang mempunyai keterkaitan dengan orang tua serta menyambung tali silaturrahim dengan mereka.

Baik kerabat dekat maupun jauh, yakni kita diperintah berbuat baik kepada mereka dalam ucapan maupun perbuatan, serta tidak memutuskan tali silaturrahim dengan mereka.

Berikut ini Adalah Teks Arab, Latin, Terjemah Indonesia Inggris dan Arti perkata Surat An-Nisa Ayat 36

Teks Arab Surat An-Nisa Ayat 36

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

Latin Surat An-Nisa Ayat 36

wa in khiftum syiqāqa bainihimā fab’aṡụ ḥakamam min ahlihī wa ḥakamam min ahlihā, iy yurīdā iṣlāḥay yuwaffiqillāhu bainahumā, innallāha kāna ‘alīman khabīrā

Baca Juga: Terjemah Perkata, Tafsir, Teks Arab, Latin Surat Al-Baqarah Ayat 285 (Tentang Beriman)

Terjemah Surat An-Nisa Ayat 36

Bahasa Indonesia

Dan jika kamu khawatir terjadi persengketaan antara keduanya, maka kirimlah seorang juru damai dari keluarga laki-laki dan seorang juru damai dari keluarga perempuan. Jika keduanya (juru damai itu) bermaksud mengadakan perbaikan, niscaya Allah memberi taufik kepada suami-istri itu. Sungguh, Allah Mahateliti, Maha Mengenal.

Bahasa Inggris

Worship Allah and associate nothing with Him, and to parents do good, and to relatives, orphans, the needy, the near neighbor, the neighbor farther away, the companion at your side, the traveler, and those whom your right hands possess. Indeed, Allah does not like those who are self-deluding and boastful.

Baca Juga: Teks Arab Bacaan Surat Ayat Kursi (Al-Baqarah 255) Beserta Latin Terjemah dan Tafsir

Arti Perkata Surat An-Nisa Ayat 36

ArabLatin
وَاعْبُدُواdan sembahlah
اللَّهَAllah
وَلَاdan janganlah
تُشْرِكُواdipersekutukan
بِهِdenganNya
شَيْئًاsedikitpun
وَبِالْوَالِدَيْنِdan kepada kedua orang tua
إِحْسَانًاperwujudan dalam perbuatan baik
وَبِذِي dan (dengan/terhadap)yang dimiliki
الْقُرْبَىٰ kekeluargaan / kedekatan
وَالْيَتَامَىٰ dan anak-anak yatim
وَالْمَسَاكِينِdan orang-orang miskin
وَالْجَارِ dan tetangga
ذِيyang memiliki
الْقُرْبَىٰ kekeluargaan / kedekatan
وَالْجَارِdan tetangga
الْجُنُبِ yang dijauhkan
وَالصَّاحِبِdan teman
بِالْجَنْبِsejawat
وَابْنِ dan ibnu (orang)
السَّبِيلِjalan
وَمَاdan apa yang
مَلَكَتْ(ia) menguasai
أَيْمَانُكُمْtangan kanan kalian
إِنَّ sesungguhnya
اللَّهَAllah
لَا tidak
يُحِبُّdisukai
مَنْ orang-orang
كَانَdan (ia) adalah
مُخْتَالًاsombong
فَخُورًاkebanggaan diri

Tafsir Quraish Shihab Surat An-Nisa Ayat 36

Beribadahlah kalian hanya kepada Allah dan janganlah menjadikan sekutu bagi-Nya dalam hal-hal ketuhanan dan peribadatan.

Berbuat baiklah kepada orangtuamu tanpa kelalaian. Juga kepada sanak keluarga, anak yatim, orang-orang yang memerlukan bantuan karena ketidakmampuan atau karena tertimpa bencana, tetangga dekat, baik ada hubungan keluarga maupun tidak, teman dekat seperjalanan, sepekerjaan atau sepergaulan, orang musafir yang membutuhkan bantuan karena tidak menetap di suatu negeri tertentu, dan budak laki-laki atau perempuan yang kalian miliki.

Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang menyombongkan diri kepada sesama, yaitu orang yang tidak memiliki rasa belas kasih dan orang yang selalu memuji diri sendiri.

Sumber referensi:
https://litequran.net/an-nisa
https://quran.com/4/36
https://tafsirq.com/4-an-nisa/ayat-36
http://quran.bblm.go.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *