Cara Menghidupkan Power Supply Tanpa Motherboard dan CPU

  • Whatsapp

Menghidupkan power supply tanpa menggunakan motherboard ataupun cpu memang bukanlah hal yang mustahil. Terlebih buat mereka lulusan smk teknik komputer dan jarigan (TKJ) atau teknik informatika , yang pastinya sudah menguasai ilmu dasar yang satu ini.

Tapi bagaimana jika kita tidak mengetahui dasar-dasar ilmu tersebut, karena memang bukan lulusan komputer atau bahkan sama sekali tidak bersekolah.

Bahkan, meskipun kita seorang teknisi sekalipun masih banyak yang belum tau tentang ilmu dasar ini. Karena memang jarang dijelaskan ketika sedang proses perakitan.

Muat Lebih

Tapi tenang saja, dijaman sekarang permasalahan seperti itu bukanlah hal yang rumit. Tinggal buka google lalu ketikkan kata kunci “menghidupkan power supply tanpa motherboard” sudah langsung dapat jawabannya.

Tutorial ini juga saya dapatkan dari sebuah blog, namun saya lupa alamat blognya karena kebetulan memang sudah lama.

Oke, langsung saja kita menuju tutorialnya. (Mengetes power supply tanpa cpu dan motherboard)

  1. Yang pertama pastinya harus punya power supply. 
  2. Kemudian siapkan kabel tembaga berukuran sedang, pastikan kabelnya terbungkus pelindung karet. Panjangnya sekitar 5 cm. 
  3. Lalu kupas karet pelindung dikedua ujung kabel. Usahakan jangan terlalu panjang, yang penting kabelnya bisa masuk. 
  4. Setelah itu bentuk kabel menjadi huruf “U” 
  5. baru setelah itu masukan ujung kabel (yang berbentuk huruf U) kesalahsatu lupang kabel berwarna hijau. Dan ujung satunya lagi kelubang kabel berwarna hitam (bersebelahan) 
  6. Setelah itu power supply akan hidup jika disambungkan ke arus listrik.

Itulah tutorial tentang cara menghidupkan power supply tanpa motherboard ataupun cpu yang memang sangat mudah sekali sebetulnya. Mudah-mudahan tutorial diatas bermanfaat buat kalian yang memang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar