Cara Melepas dan Memasang Processor PC

Cara Melepas dan Memasang Processor PC – Bukan hal yang amat sulit jika anda seorang teknisi untuk dapat melepas atau mengeluarkan processor dari tempatnya. Tetapi ini menjadi hal yang lumayan rumit jika anda memang benar benar awam dengan sebuah Processor.

Karena didalam CPU (Central Processing Unit) terdapat banyak komponen-komponen yang memiliki ukuran kecil bahkan bisa disebut Micro Komponen. Processor yaitu Hardware Komputer yang berfungsi sebagai otak yang menjalankan proses didalam komputer itu sendiri, komputer tidak akan bekerja dengan baik apabila tidak memiliki processor.

Cara Melepas atau Membuka Processor didalam PC

  1. Cari kipas heatsink, seperti pada gambar dibawah ini. Gambar kedua heatsink punya saya yang kipasnya sudah dicopot.

    Kipas Heatsink
  2. Perhatikan pengunci heatsinknya. Buka pengunci heatsinknya menggunakan obeng (pake tangan juga bisa). Tekan dan putar kearah kiri untuk membuka penguncinya.

    Heatsink

    Muat Lebih


    Sebelum dibuka


    Sesudah Dibuka
  3. Kemudian tarik Penguncinya. Setelah ditarik, copot satu persatu penguncinya secara perlahan (Mudah patah). Setelah itu keluarkan dulu kipas dan heatsinknya, Maka Processor akan terlihat. Seperti pada gambar ini.

  4. Setelah membuka heatsink dan kipas pendinginnya, Lalu kita akan membuka clamb pengunci processornya. Cara tekan besi yang berbentuk hufu u ke bawah lalu geser kearah kanan. Untuk lebih jelasnya bisa melihat pada gambar dibawah ini


    Setelah clambnya dibuka
  5. Selanjutnya buka Clamb yang satunya lagi yaitu penahan Processor agar tetap diam dan tidak longgar. Contoh pada gambar berikut ini

  6. Nah barulah setelah itu kita bisa langsung mengambil dan mengangkat Processornya. Caranya seperti dibawah ini.

Nah itulah cara untuk melepas dan mengeluarkan Processor, sangat mudah bukan??? Dengan memiliki kemauan dan tekad yang sungguh sungguh.

Bila hanya melepas saja, tentu terasa sangat tidak komplit. Oleh karena itu, mari kita lihat proses pemasangannyaa, tidak jauh beda dengan proses melepasnya.

Cara Memasang Kembali Processor PC


Perhatikan tanda diatas, tanda segitiga harus bersebelahan dengan sudut yang datar

Pertama, perhatikan tanda processor dan tempat keddukannya, agar tidak salah menempatkan dan menyimpannya. Karena kalu salah processor tidak akan bisa masuk dan bisa merusak sircuitnya.

Setelah mengetahui posisinya yang benar dan sesuai, maka kita tinggal melepaskan processor ketempannya. Dan Penempatannya akan seperti ini :


Perhatikan bagian yang dilingkari warna merah

Tutup kedua clamb yang mengunci Processor, lakukan sebaliknya seperti pada saat membukanya. Setelah Processor terpasang dengan baik, pasangkan heatsink dan kipas pendinginnya (Fan) diatas processor.

Dengan cara memasukan ujung penguncinya kedalam lubangnya, lalu tekan sambil putar ke arah kanan. Lakukan dengan hati hati jangan sampai patah.


Sebelum Dikunci


Sesudah Dikunci

Sampai disitu saya rasa Sobat sudah mengerti bagaimana proses selanjutnya. Mungkin itulah artikel kali ini mengenai Cara Melepas dan Memasang Processor PC. Dan kalau ada step-step yang kurang di mengerti bisa komplen via komentar dibawah artikel ini. Jika kalian suka dengan artikel ini tidak ada salahnya untuk like, komen and share ke teman teman kalian dan yang paling penting baca juga artikel lainnya dari blog ini….

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 Komentar

  1. wah mantap infonya gan tapi harus ati-ati takut kakinya ada yang patah bisa bahaya

  2. Iyaa,, silakan kalo penasaran boleh dicoba. Tapi harus hati hati

  3. Kalo hati hati, pasti terhindar dari kerusakan ,,..

  4. Wah mantaf kan , ,ini blog ttg komputer , ,bakalan sering berkunjung nih

  5. ribet juga ya gan ijin coba

  6. Kalo salah pin takut patahhh 🙂 kan gawat :vv

  7. Gambar Gravatar Muhammad Adam Hussein, SPd, PQHi berkata:

    Perlu hati-hati buat saya coba karena bisa-bisa merusak sirkuit. Dulu pernah coba juga pas punya pc. Tapi alhamdulillah ga terjadi apa-apa.

    Asal hati-hati pasti aman.

    Makasih mas ulasan ilmunya.

  8. yang pertama sih kalo ane kalo mau pasang prosesor yang paling pertama ane liat pin dan letaknya kalo beda atau salah bisa kacau