Perbedaan, Kelebihan Serta Kekurangan PC Built UP Dengan PC Rakitan

Perbedaan, Kelebihan Serta Kekurangan Antara PC Built UP dengan PC Rakitan – Sekilas Nampak sama antara pc rakitan dengan pc built up, terutama dalam segi tampilan. Namun ada hal yang paling mendetil sehingga membedakan kedua jenis pc itu (PC Built Up dengan PC Rakitan).

Apabila kamu merupakan orang yang tidak terlalu memperhatikan spesies komputer, mungkin tidak akan terpengaruh oleh perbedaan antara pc built up dan pc rakitan tersebut.

Tetapi beda lagi jika kamu adalah orang yang terlibat dalam dunia komputer, setidaknya kamu bakal langsung tau ketika melihat sebuah komputer (apakah itu pc built up atau pc rakitan).

Jangan Lupa, Baca Juga Artikel Seputar Komputer Lainnya Dari Blog Ridwan Pirmansah.

Banyak sekali perbedaan, kelebihan serta kekurangan diantara kedua jenis pc itu, mulai dari memiliki harga yang berbeda meskipun memiliki kualitas yang sama sampai dengan kepopulerannya.

Proses pembuatan keseluruhan komponem pc built up dilakukan oleh produsen, begitu juga dengan pemasangannya.

Sebenarnya PC dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti menurut data yang diolahnya, menurut bentuk dan ukuran fisik serta masih banyak lagi. Namun, kali ini saya akan menyampaikan perbedaan pc menurut pembuatannya (PC Built Up dengan PC Rakitan).

PC Built Up

Sebuah personal komputer yang proses perakitanya dilakukan oleh produsen pembuat komponennya itu sendiri. Seperti contohnya komputer built up lenovo, maka semua komponen didalamnya buatan lenovo (seperti vga, ram, power suply, motherboard dll bermerk sama). Contoh pc built up yaitu lenovo, samsung, dell, hp dll.

Kelebihan PC Built UP

1. Komponen Lebih Bagus Dan Berkualitas

Kenapa PC Built Up memiliki komponen lebih bagus dan berkualitas? Karena semua proses pembuatan part dan perakitannya dilakukan oleh pihak produsen, sehingga mereka lebih tau akan komponen yang digunakan dan tidak asal dalam penggabungannya.

2. Lebih Hemat Listrik

Karena pc built up dirancang oleh produsen, maka jumlah arus listrik yang diperlukan akan disesuaikan dengan jumlah kebutuhan pada tiap komponen, sehingga power suply yang digunakan menyesuaikan dengan kebutuhannya, oleh karena itu pc built up lebih hemat listrik.

3. Jangka Waktu Garansi Lebih Lama

Biasanya produsen dari pc built up mematok jangka waktu garansinya selama 1-3 tahun, itu karena demi kepuasan pelangganya sehingga mereka memberikan batas waktu garansi yang cukup panjang.

4.Tidak Perlu Memikirkan Komponen

Semua komponen yang diperlukan dalambkomputer sudah dipasang satu set oleh produsen, sehingga kita tinggal membeli dan langsung menggunakannya tanpa harus merakitnya terlebih dahulu.

5. Tidak Perlu Memikirkan Perkiraan Biaya

Itu karena harga yang dipatok sesuai dengan tingkat spesifikasi pc built up itu sendiri, ketika kita menginginkan pc built up dengam spek yang hight end misalnya. Maka harga sudah tertera secara jelas, kita tinggal langsung membeli tanpa harus memikirkan perkiraan biaya terlebih dahulu.

6. PC Built Up Lebih Aman

Ini adalah kelebihan lainnya, pc built up memiliki tingkat keamanan yang cukup baik dibanding pc rakitan. Dengan proses pembuatannya yang dilakukan oleh produsen resminya maka tidak mungkin pc built up memiliki keamanan yang lemah bukan?

7. Tidak Perlu Membeli OS

OS atau sistem operasi pada komputer built up biasanya sudah terpasang secara default, bahkan user biasanya selalu mendapatkan update terbaru. Namun, ada sebagian produsen yang sengaja tidak menginstall sistem operasi kedalam pc built up buatannya. Biasanya itu disebabkan agar pembeli bisa memilih sendiri sistem operasi yang diinginkannya

8. Cocok digunakan untuk kantoran dan sekolahan

Apakah kalian pernah memasuki ruangan komputer disebuah perusahaan atau perkantoran? Bahkan sekarang komputer built up juga banyak digunakan di sekolah yang memerlukan komputer.

Jangan Lupa, Baca Juga Artikel Seputar Komputer Lainnya Dari Blog Ridwan Pirmansah.

Kekurangan PC Built UP

1. Harga Mahal

Ini adalah kekurangan pertama dari pc built up, yaitu harganya yang sangat mahal. Tidak heran jika seperangkat pc built up dipatok dengan harga yang lebih mahal dibanding dengan pc rakitan yang memiliki spek sama. Setelah kita ketahui pada kelebihannya, pc built up memiliki banyak kelebihannya sehingga harganya menjadi mahal untuk dikelasnya.

2. Tidak Bisa Menyesuaikan Komponen

Jika kamu menginginkan spek yang menonjol untuk kebutuhan khusus, seperti gaming atau edit video. Maka komponen yang harus diperhatikan adalah processor, ram dan kualitas gpu. Maka jangan berharap jika kamu membeli pc built up menginginkan spek khusus untuk kebutuhan sendiri, karena harganya akan jauh lebih mahal.

3. Ketika Mengupgrade Harus Ke Service Center

Ada sebagian produsen bios yang apabila diupgrade sendiri maka garansi akan hilang, biasanya itu terdapat pada pc pc built up yang memakai bios tertentu pada motherboardnya. Sehingga mengharuskan kamu untuk pergi ke service centernya untuk bisa mendapatkan update terbaru.

4. Tidak Memiliki Kontrol Penuh Terhadap Komponen

Jika kamu menginginkan pembaruan atau peningkatan komponen pada pc built up, sepertinya kita tidak bisa melukannya sendirian menggunakan komponen yang sembarangan. Seperti ketika kita ingin menambahkan kapasitas ram, maka apakah slot ramnya masih tersedia? Sepertinya kita harus berkonsultasi kembali dengan pihak produsennya mengenai apa yang kita perlukan.

5. Suku Cadang Komponen Sulit Didapatkan

Jika komponen didalam pc built up mengalami kerusakan dan harus direparasi, maka mau tidak mau kamu harus mencari komponen yang sama dengan yang diperlukan. Sementara suku cadang pc built up itu memang lumayan sulit didapatkan. Terlebih jika komponen yang rusak itu motherboard atau biosnya, bisa lebih kacau.

PC Rakitan

PC Rakitan yaitu komputer yang proses perakitan dan pemilihan komponenya dilakukan oleh kita sendiri atau oleh teknisi komputer yang sudah berpengalaman. Kita bisa lebih leluasa dalam pemilihan komponen, sehingga kita bisa mendapatkan spek yang tinggi dengan harga yang lumayan miring atau murah.

Kelebihan PC Rakitan

1. Leluasa Dalam Memilih Komponen

Ini merupakan kelebihan pertama dari pc rakitan, yaitu kita bisa secara leluasa dalam memilih komponen. Mau pake komponen dari produsen a atau b dengan type a atau b juga enggak masalah, yang penting cocok dan sesuai.

2. Harga Relatif Murah

Karena komponen yang digunakan adalah pilihan kita, pasti kita akan memilih komponen-komponen yang memiliki harga murah dengan kualitas yang wah bukan? So pasti kalian juga seperti itu.

3. Mudah Untuk Direparasi

Jika ada salahsatu komponenya yang rusak, maka kita tidak akan sulit menemukan penggantinya. Kita tinggal bawa komponen yang rusak lalu mengklaim garansi ke produsenya jika masih berlaku.

4. Modif Sesuka Hati

Mau nambah kapasitas ram, hardisk, juga bisa. Yang penting asal ada uangnya aja.

5. Garansi Komponen Terpisah

Karena pemilihan komponen yang digunakan adalah kita sendiri yang atur, maka setiap komponen yang dibeli memiliki garansinya masing-masing. Sehingga ketika ada kerusakan pada salahsatu komponen sangat mudah untuk mereparasinya.

6. Perawatan Komponen Dalam Lebih Mudah

Tidak ada istilah buka segel hilang garansi bagi pc rakitan. Berbeda dengan pc built up yang biasanya produsen melarang untuk membuka segel. Sehingga kita lebih mudah untuk melakukan perawatan bagian dalam komponen

Kekurangan PC Rakitan

1. Rumit Dalam Memilih Komponen

Setiap komponen yang akan dibeli harus sesuai dengan type dan kebutuhanya masing-masing. Jika kamu orang yang awam dengan komputer mak akan mengalami kesulitan dalam memilih komponen. Saran saya lebih baik nyuruh temen yang lebih tau atau teknisi yang sudah berpengalaman.

2. Jika Komponen Tidak Sesuai Maka Tidak Akan Berjalan Sesuai Harapan

Inilah kekurangan lainya pc rakitan, kita tidak bisa sembarangan memilih komponen yang akan digunakan. Bukanya jalan malah jadi rusak.

3. Harga Komponen Bisa Berbeda Tiap Toko

Harga komponen pc rakitan bisa berbeda antara satu toko dengan toko yang lainnya, meskipun toko itu bersebelahan. Sebaiknya kamu harus pintar lintar dalam memilih toko untuk membeli komponen pc rakitan.

4. Salah Perkiraan Bisa Membuat Keluar Banyak Uang

Ini hal yang harus kamu perhatikan dalam merakit pc rakitan, karena seperri pada poin 3 harga komponen tiap toko berbeda beda. Jangan sampai budget yang diperkirakan tidak cukup untuk membeli semua komponen yang diperlukan.

5. Cenderung Lebih Boros Listrik

Kebanyakan orang yang menggunakan pc rakitan biasanya digunakan untuk kebutuhan khusus, seperti gaming dan edit video. Maka tidak heran komponen yang digunakan juga sangat berpengaruh terhadap kelistrikan. Yang mengakibatkan borosnya konsumsi listrik yang dipakai oleh pc rakitan, tetapi itu semua akan terkalahkan oleh kepuasan yang didapatkan.

Itu tadi pembahasan mengenai Perbedaan, Kelebihan Serta Kekurangan PC Built Up Dengan OC Rakitan. Semoga bisa bermanfaat buat kalian yang masih kebingungan dengan kedua jenis oc tersebut menurut proses pembuatannya.

Sumber referensi dari https://dosenit.com/ilmu-komputer/komputer-dasar/kelebihan-dan-kekurangan-komputer-rakitan-sendiri dengan penambahan dan pengembangan kembali

WAJIB DIKETAHUI : Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. Kalau saya sih lebih suka PC Rakitan, dibanding built up. Karena kita bisa mengkustom komponen sesuai dengan selera ��

  2. Kalo dari tampilan apa yang membedakannya??