Cara Mengetahui Judul Lagu dari Video (TikTok, YouTube, Facebook) Tanpa Aplikasi Tambahan

Tutorial Lengkap Cara Mengetahui dan Mendeteksi Judul Lagu (Sound MP3) dari Video Tiktok, Facebook, YouTube, Twitter dll Secara Online dengan dan Tanpa Aplikasi Tambahan (Support Telegram) di HP Android dan Komputer Laptop

Cara mengetahui judul lagu dari video Tanpa Aplikasi – Tak sedikit dari kita tentunya pernah mendengarkan sebuah lagu, Entah itu secara sengaja maupun hanya kebetulan lewat saja. Terkadang kita hanya mengetaui sepenggal potongan lirik lagunya tanpa mengetahui judulnya.

Tentunya hal ini membuat kita menjadi semakin penasaran dan memunculkan rasa ingin mendengarkan secara keseluruhan dari lagu tersebut, Apalagi jika lagunya enak didengarkan dan sedang trending.

Baca Juga: Perlu dicoba, 5 Keyboard Arab Indonesia Dengan Harakat Android Yang Cocok Untuk Pelajar

Oleh sebab itu, Bagi para pecinta musik sejati tentunya wajib sekali untuk mengetahui setiap judul lagu yang booming agar tidak ketinggalan hits. Sehingga berikut adalah cara untuk mengetahui suatu judul lagu dari video tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Cara Mengetahui Judul Lagu dari Video (TikTok, YouTube, Facebook) Tanpa Aplikasi Tambahan

Terdapat beberapa cara untuk kita mengetahui judul lagu yang terdapat di video tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan meski hanya dari sedikit potongan liriknya. Kita akan menggunakan beberapa situs yang dapat diakses secara gratis hanya bermodalkan koneksi internet saja untuk mengakesnya. Berikut adalah tutorialnya

1. Telusuri Lirik dengan Penelusuran Google

cara mencari judul lagu dengan google penelusuran

Cara pertama yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang saat mereka hendak mencari sebuah lagu adalah dengan mengandalkan Penulusan Google. Cara ini memang terbilang cukup work dan hasilnyapun bisa dikatakan selalu akurat apabila kita mengetahui liriknya meski hanya sedikit.

Baca Juga: Cara Berbagi Password WiFi yang Sudah Terhubung disemua HP Oppo

Kita hanya perlu mengetikkan sepenggal dari lirik lagu yang hendak kita cari tersebut dimesin pencari google, Maka nantinya google akan menampilkan beberapa hasil pencariannya secara akurat. Akan sangat mudah ditelusuri apabila lirik lagu yang kamu ketikan tersebut sedang viral atau sempat booming.

Namun terkadang trik ini tidak selalu berhasil, Nyatanya saat kita hendak mencari lagu barat yang tentunya menggunakan Bahasa Inggris menjadi agak sulit terlebih jika pemahaman Bahasa Inggris kita sangat minim.

Sehingga jika kamu tidak behasil menggunakan cara diatas, Silakan untuk mencoba cara kedua berikut ini;

2. Deteksi Musik, Lagu, Sound MP3 dan Video MP4 dengan AHA Music

cara mengetahui judul lagu di video tanpa menggunakan aplikasi tambahan

Cara yang paling manjur dan sudah terbukti berhasil untuk mendetik sebuah musik / lagu pada file mp3 maupun juga mp4 (video) adalah dengan menggunakan situs AHA Music.

Baca Juga:

AHA Music merupakan salahsatu situs yang berfungsi untuk mendeteksi sebuah identitas musik yang hendak kita cari. Pada website ini kita mampu menemukan musik dengan cara melafalkan sedikit liriknya ataupun juga mengupload potongan musik dengan file mp3.

Canggihnya lagi, Kita tentunya juga dapat mendeteksi sebuah musik yang digunakan pada video klip / video dengan durasi beberapa detik saja seperti pada reels instagram, tiktok, facebook dll.

Sehingga berikut adalah panduan cara mengetahui judul lagu dari video dengan menggunakan situs aha-music.com yang tentunya tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

Baca Juga: Cara Screenshot Panjang di Komputer / Laptop Windows 10 dan 11 Tanpa Aplikasi Tambahan

a. Kunjungi Situs Pendeteksi Musik Terlebih Dahulu

Langkah pertama silakan kunjungi situs aha-music.com terlebih dahulu, klik disini

Setelah situs terbuka seluruhnya, Silakan scroll kebawah dan temukan “Identify Songs in File Online

b. Upload File Musik / Video Untuk Mulai Mendeteksi Judul Lagu

Untuk mulai mengetahui judu lagu pada sebuah video / musik, Tentunya kita wajib mengupload file yang akan discan ke website aha-music.com terlebih dahulu, Caranya dengan mengklik tombol “Choose a file

c. Pilih File Musik / Video yang Hendak di Scan

Kemudian pilih media yang hendak kita scan. Tak hanya file mp3 dan mp4 yang dapat dideteksi, Hampir semua jenis format musik dan video seperti mp3, wav, mp4, avi, flv pun bisa kita scan.

Baca Juga: Cara Copy Paste Caption Status dan Info WhatsApp Orang Lain Tanpa Aplikasi Tambahan

Disini saya mencontohkan dengan menggunakan file video saja.

Jika file sudah dipilih, Silakan klik tombol UPLOAD yang berwarna biru (seperti yang ditunjukan panah nomor 3 pada gambar dibawah)

Tunggu sampai proses unggah selesai yang ditandai dengan garis hijau telah full dan angka progres menunjukan nilai 100.00%

Jika proses unggah file telah selesai, Selanjutnya kamu akan dialihkan kehalaman baru

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam

d. Judul Lagu Pada Musik / Video Telah Ditemukan

Pada halaman inilah semua musik dan juga lagu yang terdeteksi pada file yang telah kita upload tadi akan ditampilkan. Bisa saja musik yang terdeteksi lebih dari satu.

Untuk mulai mendengarkan musik hasil pindai, Silakan klik tulisan yang berwarna biru seperti pada panah nomor 4 berikut

Untuk mulai mendengarkan musiknya. Kamu bisa mengklik tombol play youtube seperti gambar dibawah

Apabila ingin mendownload musik hasil scan tadi, Kamu bisa menggunakan tutorial Cara Download Video di Youtube Tanpa Aplikasi Tambahan

Baca Juga: Cara Menggunakan Kuota Malam Smartfren di Siang Hari Tanpa Aplikasi Tambahan

3. Cara Mengetahui Judul Lagu dari Video dengan Midomi

Perlu kamu ketahui bahwa midomi bukanlah aplikasi, Melainkan sebuah situs web yang bisa kita gunakan untuk mencari judul lagu dengan sangat mudah dan cepat. SoundHound merupakan pencetus Web midomi ini sekaligus pembuat dan juga pengembangnya. Dengan web Midomi ini kita dapat mencari lagu dengan lebih mudah lagi.

Kita hanya perlu membuka situs midomi terlebih dahulu di sini. Setelah halaman web terbuka secara utuh, Langkah berikutnya kita hanya tinggal mengklik satu kali untuk mulai melakukan perekaman dan menangkap semua suara nyanyian kita.

Baca Juga: Cara Mengirim Game / Apikasi Lewat Bluetooth Tanpa Aplikasi Tambahan

Yang diperlukan disini adalah sedikit lafal dari lagu yang hendak kita cari, Tentunya nyanyian yang kita lafalkan harus sesuai dengan nada dan irama aslinya agar lebih mudah untuk dikenali.

Tidak perlu bernyanyi dengan suara merdu dan membahana seperti penyanyi aslinya, Yang perlu diperhatikan adalah kita menyanyikan nada yang pas. Secara otomatis midomi akan mendeteksi judul lagu yang sedang kita cari.

Betul, Jika ingin menggunakan web midomi ini tentunya kita diwajibkan untuk memiliki microphone untuk menunjang aktifitas pencarian judul lagu. Tak perlu khawatis, kamu pun dapat menggunakan headset / earphone ponsel untuk menggunakan midomi ini.

4. Deteksi Sound MP3 dengan Tunatic

Tak hanya midomi, Tunatic juga bisa kita gunakan untuk mencari lagu secara gratis namun hanya bisa diakses menggunakan PC. Meski begitu, Tunatic juga terdapat aplikasinya yang bisa diinstall di komputer pribadi.

Selain berguna untuk mengetahui judul lagu pada sebuah video, Tunatic juga mampu mengenali lagu pada radio maupun juga alat suara lainnya.

Baca Juga: Cara Tepat Mengatasi HP Kena Air Laut / Hujan Baterai Tanam

Untuk menggunakannya kita hanya perlu menyiapkan sumber suara melalui mikrofon dan pengeras suara. Putar video selama beberapa saat hingga Tunatic pun akan mulai mengakses basis data dan kemudian menampilkan beberapa informasi data pada lagu tersebut. Kita hanya perlu mengklik ikon kaca pembesar untuk mulai melihat semua info yang ada.

5. Cara Mengetahui Judul Lagu dari Video di HP Android dengan Aplikasi

Apapun perangkat yang kamu gunakan untuk mengetahui judul lagi dari sebuh video pada dasarnya sama saja, Terlebih jika tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Kami merekomendasikan kamu untuk menggunakan cara kedua dengan menggukan website bernama ahha–music.com untuk mendeteksi judul lagu pada sebuah video di HP android maupun juga Komputer Laptop.

Kesimpulan

Website maupun aplikasi pencari dan deteksi judul lagu baik di HP Android maupun juga Komputer memang tidak sedikit, Begitu juga dengan tutorialnya. Namun yang bisa berjalan dan mampu menampilkan hasil dengan baik adalah dengan beberapa tools diatas yang telah kami bahas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *