Cara Screenshot Panjang di Komputer / Laptop Windows 10 dan 11 Tanpa Aplikasi Tambahan

Berikut Tutorial Cara Screenshot Panjang di Komputer atau Laptop Windows 10 dan Windows 11 Dengan Sangat Mudah Dengan dan Tanpa Aplikasi Tambahan.

Melakukan screenshot terkadang memang kita perlukan dalam beberapa situasi serta kondisi, Dan salahsatu screenshot yang cukup agak tricky adalah cara screnshoot panjang di Windows 10 atau juga Windows 11.

Jika menggunakan ponsel seluler baik Android ataupun iOS kita hanya perlu menekan beberapa kombinasi tombol untuk menangkap layar screenshot secara panjang dan bergulir, Namun bagaimana apabila kita ingin melakukan screenshot panjang ini di Windows?

Baca Juga: Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet di HP, PC dan Laptop

Cara screenshot panjang baik itu di komputer maupun laptop dengan OS Windows 10 dan juga 11 bisa kita lakukan tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan, Kita cukup mengandalkan fitur bawaan aplikasi yang memang sudah support fitur screenshot panjang (seperti salahsatunya adalah browser Chrome, Mozila Firefox dll).

Oleh karenanya berikut adalah panduan cara screenshot panjang di Komputer dan Laptop Windows 10 / 11 Dengan Sangat Mudah.

5 Cara Screenshot Panjang di Komputer / Laptop Windows 10 dan 11

Biasanya, Ketika kita memerlukan screenshot panjang saat hendak melakukan shoot gambar pada element yang bisa di scroll / digulir, Seperti halnya Beranda Facebook, Chat WhatsApp atau Telegram, Dokumen Word atau PDF dan Halaman Website yang sering kita buka.

Terdapat beberapa cara yang bisa kita lakukan seperti menggunakan aplikasi dan juga tanpa aplikasi ataupun ekstensi tambahan dengan memanfaatkan fitur bawan browser. Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba

Baca Juga: Cara Mengetik di Word Dengan Suara Dilengkapi Video

1. Screenshot Panjang Menggunakan Google Chrome

Cara mengambil screenshot panjang (Full page) yang paling mudah adalah dengan menggunakan browser Google Chrome. Terdapat 2 cara untuk melakukan screnshoot panjang dengan Google Chrome, Pertama dengan memanfaatkan fitur bawaan yaitu Developer Tools dan yang kedua adalah dengan ekstensi tambahan seperti Awesome Screenshot.

a. Screenshot Panjang Menggunakan Fitur Developer Tools

  • Langkah pertama jalankan terlebih dahulu Google Chrome
  • Silakan buka menu Developer Tools dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + I
  • Atau bisa juga dengan mengklik Titik Tiga > Fitur Lainnya > Alat Pengembang
Cara Screenshot Panjang di Komputer dan Laptop Windows 11
  • Berikutnya silakan pilih ukuran layar atau resolusi yang hendak digunakan. Disini saya memilih responsive dan menggeser lebar sesuai keinginan. Apabila dirasa sudah pas silakan kik menu dengan ikon titik tiga dipojok atas sebelah kanan kemudian klik Capture Full Size Screenshot
Cara Screenshot Panjang di Komputer dan Laptop Windows 11
  • Tunggu beberapa saat sampai proses screenshot tadi selesai. Pada beberapa device akan mengalami freez beberapa detik saat proses screenshot ini, Jangan khawatir biarkan saja. Hasil screenshot sudah bisa langsung kamu lihat di File Explorer dan jika tangkapan gambarnya terlalu panjang bisa di crop menggunakan aplikasi edit foto bawaan Windows seperti Paint atau Photos.

Baca Juga: Cara Convert PDF to Word Dalam Jumlah Banyak [HP dan Komputer]

b. Menggunakan Ekstensi Awesome Screenshot

Apabila kamu tidak ingin ribet dan melakukan sreenshot panjang secara praktis, Maka solusi terbaik adalah dengan menambahkan Ekstensi Awesome Screenshot pada Browser Google Chrome di Laptop / Komputer Windows 10 11 kamu.

Adapun cara screenshot panjang menggunakan ekstensi awesome screenshot di Google Chrome adalah sebagai berikut:

  • Pertama download terlebih dahulu Awesome Screenshot di Chrome Store
  • Silakan ikuti langkah – langkah instalasinya sampai selesai
  • Jika sudah terinstall. Maka ikon nya akan tampil dibagian bar atas sebelah kanan
  • Untuk memulai screenshot panjang, Kita hanya perlu membuka halaman yang hendak di screenshot. Kemudian klik Ikon Awesome Screenshot > Capture > Klik Full Page
Cara Screenshot Panjang di Komputer / Laptop Windows 10 dan 11 Tanpa Aplikasi Tambahan
  • Tunggu sampai proses screenshot selesai, Jangan menggulir bagian halaman yang sedang discreenshoot.
  • Jika sudah, Secara otomatis kamu akan dibawa kehalaman editing. Pada halaman itu kamu bisa mengedit beberapa komponen seperti mengcrop gambar screenshot tadi jika terlalu lebar ataupun panjang.
  • Apabila sudah selesai di edit dan ingin menyimpannya, Klik Done dibagin pojok atas sebelah kanan
Cara Screenshot Panjang di Komputer / Laptop Windows 10 dan 11 Tanpa Aplikasi Tambahan

Tak hanya dapat melakukan Screenshot panjang saja, Ekstensi Awesome Screenshot ini juga mampu melakukan screenshot hanya pada layar yang tampil (visible part) atau melakukan seleksi di area tertentu saja (selected area), Screen record video serta masih masih lagi fitur lainnya yang bisa kamu coba langsung.

Baca Juga; Cara Membagi Halaman Word Menjadi 2 Kolom Atau Lebih Dilengkapi VIDEO

2. Cara Screenshot Panjang dengan Mozilla Firefox

Apabila kamu pengguna Mozilla Firefox, Cara untuk melakukan screenshot panjang terbilang cukup mirip sekali bahkan lebih mudah tanpa perlu membuka mode developer ataupun menginstall extention tambahan.

Cara ini hanya bisa kamu lakukan pada browser mozilla firefox versi terbaru saja, yaitu Versi 57 keatas.

Namun setelah saya coba ternyata cara yang banyak dibagikan tersebut tidak berjalan di versi 101. Oleh karenya untuk melakukan screenshot panjang di Mozilla Firefox terbaru kamu bisa menggunakan ekstensi Awesome Screenshot seperti pada Google Chrome diatas.

Atau kamu juga bisa menggunakan Ekstensi Fireshot, Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Jalankan terlebih dahulu Mozilla Firefox
  • Langkah berikutnya buka halaman Add on Mozilla Firefox disini
  • Silakan pasang Add on / Ekstensi Fireshot tersebut
  • Apabila ekstensi sudah terpasang, Untuk melakukan screenshot panjang silakan klik Ikon Fireshot (huruf S) dipojok atas sebelah kanan
  • Kemudian klik Tangkap Seluruh Halaman
Cara Screenshot Panjang di Komputer / Laptop Windows 10 dan 11 Tanpa Aplikasi Tambahan
  • Tunggu proses screenshot selesai, Lebih panjang halaman yang discreenshot tentunya akan memakan waktu agak sedikit lama
  • Jika proses screenshot selesai, Kamu akan dibawa kehalaman berikut
  • Dihalaman tersebut kamu dapat menyimpan melihat dan juga menyimpan hasil screenshot tadi kedalam 2 jenis File yaitu Gambar dan juga file PDF.

Baca Juga: Perbedaan Netbook, Notebook dan Laptop. Mana yang Terbaik?

3. Cara Screenshot Panjang Menggunakan Aplikasi

Dalam beberapa kondisi terkadang kita sangat membutuhkan cara screenshot panjang disebuah aplikasi produktifitas sehari – hari seperti misalnya WhatsApp Desktop, Microsoft Office, PDF Reader atau mungkin sosial media Facebook, Tiktok.

Lantas bagaimana untuk melakukan screenshot panjang pada aplikasi – aplikasi tersebut? Tentunya kita membutuhkan aplikasi tambahan untuk menangkap layar secara panjang dan bergulir tersebut.

Tentunya aplikasi untuk melakukan screenshot bergulir pun ada banyak, Namun yang memang sudah terbukti dan sering digunakan oleh banyak orang adalah ShreX

Adapun langkah – langkah untuk menggunakan ShareX adalah sebagai berikut:

  • Buka apilkasi / tampilan yang hendak kamu screenshot panjang
  • Setelah itu buka Aplikasi ShareX yang sudah diinstall tadi
  • Untuk mulai melakukan Screenshot panjang, Silakan klik Capture > Scrolling Capture…
Cara Screenshot Panjang Menggunakan Aplikasi
  • Kemudian arahkan mouse kebagian Halman yang hendak di screenshot panjang tersebut. Kemudian klik Start Scrolling Capture
  • Apabila Sudah klik Stop

Jika kamu masih kebingunan dengan tutorial screenshot panjang menggunakan ShareX ini , Silakan tonton saja video tutorialnya diatas.

Baca Juga: Enteng! Begini Cara Mudah Melihat Spesifikasi Komputer dan Laptop di Semua Windows

4. Cara Screenshot Panjang di Mac

Tutorial cara screenshot panjang berikutnya khusus untuk para pengguna perangkat Mac, Pada dasarnya cara yang dilakukan adalah sama seperti di OS Windows 10 ataupun 11 tadi, Kamu bisa menggunakan ketiga cara diatas untuk screenshot panjang di Mac.

Namun tentunya tidak semua pengguna Mac menggunakan Browser Mozilla ataupun juga Chrome, Banyak diantara mereka yang juga memakai Browser Safari, Sehingga cara untuk melakukan Screenshot panjang di Browser safari adalah sebagai berikut:

a. Tanpa Aplikasi via DevTools

  • Jalankan browser safari dan buka halaman yang ingin anda Screenshot
  • Kemudian buka klik kanan > DevTools
  • Klik kanan pada kode paling atas yaitu <html……
  • Dan pilih Capture Screenshot

b. Menggunakan Ekstensi Awesome Screenshot

Ternyata, awesome Screenshot tidak hanya ada di browser chrome, di safari pun bisa kita temukan. Caranya sama, cukup instal ekstensi tersebut, klik icon nya kemudian pilih fullpage Screenshot.

Mudah kan?

Baca Juga: 2 Cara Mudah Menyimpan Gambar dari MS Word

5. Cara Screenshot Panjang dengan Snipping Tool

Snipping Tools memang menjadi tools screenshot andalan yang digunakan oleh kebanyakan user Windows dan tak terkecuali sampai saat ini. Aplikasi ini memang terbilang cukup enteng, ringan dan tentunya yang paling penting adalah gampang untuk dioperasikan.

Namun sayangnya pada Aplikasi Snipping Tool ini memang belum support untuk screenshot panjang baik itu di browser terlebih di aplikasi – aplikasi lain seperti WhatsApp Desktop, Office, Notepad, Facebook dll.

Kesimpulan

5 Tutorial cara sreenshot panjang diatas tentunya sudah cukup untuk menunjang kebutuhan screenshot kita, Setidaknya ketika salahsatu cara tidak bisa dilakukan masih terdapat cara screenshot panjang di windows lainnya yang bisa dicoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

img