Paten! Cara Mengatasi Laptop tidak bisa Nyala tapi Lampu Charger Hidup

Cara Mengatasi Laptop tidak bisa Nyala tapi Lampu Charger Hidup Lengkap dengan Penyebab Kenapa Laptop Hanya Menyala Lampu Indikator Warna Orange saat di Cas pada Lenovo, Asus, HP, Toshiba, Acer dll

Mendapati kendala berupa lampu indikator laptop yang hanya menyala pada bagian lampu charger sedangkan layarnya tetap blank atau mungkin mesin laptopnya pun tidak memberikan tanda – tanda kehidupan, Memang sangat menjengkelkan.

Terlebih saat kita menyalakan laptop tersebut karena terdesak dengan berbagai keperluan seperti mengerjakan tugas kuliah ataupun juga job kantor dan juga bisnis yang seharusnya dikerjakan secepat mungkin namun terkendala dengan laptop mati yang hanya memberikan indikator lampu saja.

Baca Juga: Cetek! Berikut 2 Cara Mengetahui Sisa Memory (RAM) Pada PC dan Laptop

Saat laptop mengalami kendala demikian, Tentunya tidak semuanya mengalami kendala yang serupa. Bisa saja indikator yang ditampilkan berupa lampu cas yang menyala, Akan tetapi mempunyai sebab masalah yang berbeda.

Oleh karenanya pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membedah perihal penyebab dan juga cara untuk mengatasi laptop mati namun lampu indikator charger hidup (berwarna orange misalnya).

Cara Mengatasi Laptop tidak bisa Nyala tapi Lampu Charger Hidup di Asus, Acer, Lenovo, HP dll

Ketika terjadi hal seperti ini, Kemungkin masalahnya hanya akan terjadi pada Listrik, Adapter Charger, dan atau mungkin pada layar laptop (jika mesin laptop hidup). Untuk lebih jelasnya lagi berikut kami ulas satu persatu.

1. Periksa Adapter dan Baterai

Kendati lampu led charger nyala, Tentu masalah masih dapat terjadi pada bagian baterai laptop maupun juga adater charger. Bisa saja laptop tidak mendapatkan aliran listrik dengan voltase yang cukup atau memang terdapat komponen pada adapter / baterai yang rusak.

Baca Juga: Cara Screenshot Panjang di Komputer / Laptop Windows 10 dan 11 Tanpa Aplikasi Tambahan

Untuk memastikan bahwa yang bermasalah adalah Adapter Charger atau Baterai laptop, Kamu bisa mengikuti cara berikut ini:

  • Lepaskan terlebih dahulu baterai yang terdapat pada laptop, Kemudian sambungkan laptop pada charger tanpa menggunakan baterai. Kemudian lihat apakah lampu indikator cas menyala?
  • Apabila lampu indikator menyala, Berarti laptop sudah mendapatkan aliran listrik langsung dari adapter charger. Sekarang tekan tombol power
  • Jika kamu mendapati laptop dalam keadaan menyala dan baik – baik saja, Sudah dapat dipastikan bahwa yang bermasalah adalah baterai laptop itu sendiri. Silakan ganti dengan yang baru.
  • Namun apabila saat laptop di charger tanpa menggunakan baterai dan lampu indikator charger menyala akan tetapi laptop tidak bisa dihidupkan (biasanya kipas laptop mati), Hal ini bisa disebabkan karena terdapat kerusakan pada adapter charger.
  • Untuk memastikannya kamu bisa mencoba charger lain jika ada, Atau mencobanya pada laptop lain.

Baca Juga: Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet di HP, PC dan Laptop

2. Periksa Layar Laptop

Apabila kamu sudah mencoba langkah pertama dan laptop masih juga belum bisa hidup, Bisa saja masalah berikutnya terdapat pada layar. Cara mengatasi laptop mati tapi lampu indikator nyala berikutnya bisa kita cek pada tampilan layar saat laptop dinyalakan. Jika bagian ini rusak, Tentu laptop tidak akan menampilkan apapun meski sebetulnya laptop sudah menyala.

Caranya memeriksanya:

  • Lepaskan semua perangkat yang tersambung pada laptop seperti keyboar, mouse, Speaker dll. Setelah itu silakan coba nyalakan laptop seperti biasa.
  • Coba dekatkan telingamu pada mesin bagian belakang mesin laptop, Apakah terdengat suara mesin (kipas) bergerak dengan bising. Apabila terdengar maka bisa dipastikan layar laptop kamu yang bermasalah, bisa bagian LCD atau bagian lainnya.
  • Untuk memastikan bawha layar LCD yang rusak, Kamu bisa mencoba untuk menghubungkan laptop ke layar monitor. Jika terdapat tampilan pada monitor dan terlihat normal, Berarti masalah memang pada layar LCD monitornya.
  • Namun apabila saat dihubungkan ke monitor tetap saja blank, Mungkin masalah lainnya bisa terjadi pada bagian Graphic Card / Kartu VGA dan juga processor serta komponen lain didalam mesin laptop.

Baca Juga: Cara Upload Foto di Instagram Lewat PC / Laptop Dengan dan Tanpa Aplikasi

Cara Mengatapi Laptop Tidak Menyala Saat ditekan Tombol Power

Jika kamu sudah memeriksa kondisi Adapter Charger, Baterai Laptop dan juga Layar LCD namun ternyata tidak ditemukan sesuatu yang mencurigakan, Tidak ada salahnya kita melakukan pengecekan pada komponen dalam laptop untuk mengatasi penyebab laptop hanya menyala lampu indikator terlebih saat ditekan tombol power.

Komponen dalam yang sering memberikan masalah seperti diatas dan bisa kita cek adalah RAM dan juga Processor. Kedua komponen laptop tersebut dapat membuat laptop hanya menampilkan lampu indikator power dan charger saat mendapati masalah.

Baca Juga: Banyak Yang Terjebak, Ini Perbedaan RAM DDR3 dan DDR3L Pada Laptop Yang Sering di Jumpai

1. Periksa dan Bersihkan RAM

Seperti yang kita bahas diatas bahwa RAM sangat berpengaruh pada kinerja laptop, Saat mendapati masalah pada RAM tentunya laptop akan memberikan tanda – tanda tidak normal.

Untuk mulai memeriksa RAM, Kamu perlu sedikit membongkar penutup belakang laptop bagian bawah. Biasanya terdapat space khusus untuk RAM yang bisa kamu buka tanpa harus membuka keseluruhan bagian penutup belakang laptop.

Apabila RAM sudah terbuka silakan bersihkan komponen tersebut dengan menggunakan penghapus karet yang bersih. Sapukan penghapus tersebut pada dua bagian kuningan RAM secara bergantian sampai bersih.

Baca Juga: Perbedaan Netbook, Notebook dan Laptop. Mana yang Terbaik?

Jika dirasa sudah bersih silakan pasang kembali RAM tersebut pada posisi sebelumnya, Jika kamu tidak mengetahui cara untuk membuka dan juga memasang RAM silakan tonton video berikut ini:

2. Cek Kondisi Processor dan Heatsink

Perangkat lain yang juga berperan penting dan menjadi otak sebuah laptop adalah processor, Komponen mungil yang satu ini tentu wajib berfungsi dengan normal tanpa kendala sedikit pun agar komputer bisa berjalan dengan lancar.

Namun tentunya proses pengecekan processor terbilang agak sedikit rumit jika dibandingkan dengan RAM. Selain kita diwajibkan untuk membuka penutup bagian belakang laptop, Tidak juga harus melakukannya dengan hati – hati.

Baca Juga: Cara Mengubah Video Menjadi ke Link Google Drive

Kaki pin pada processor ataupun motherboard yang sangat kecil itu sangat rentan patah apabila kita tidak membuka processor dengan prosedur yang semestinya. Sehingga kami sarankan untuk melihat tutorial di YouTube terlebih dahulu.

Setelah processor berhasil dibuka, Silakan bersihkan debu – debu yang menutupi bagian processor dan juga heatsiknknya. Tak lupa juga untuk mengecek jalur pembuangan angin yang juga sering terdapat debu mengendap dan menutupi jalur tersebut.

Jika diperlukan ganti pasta yang terdapat pada processor jika didapati sudah dalam keadaan kering atau tinggal sedikit bagian yang lengketnya.

Baca Juga: Persamaan, Perbedaan serta Cara Kerja Antara Hub dan Switch, Mana Yang Lebih Baik?

3. Bawa ke Service Center

Dengan keempat cara diatas seharusnya masalah dan penyebab laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup sudah bisa diatasi dengan clear. Namun apabila ternyata setelah dilakukan beberapa serangkaian tips yang telah kami bahas akan tetapi laptop masih belum juga nyala seperti biasa, Solusi terakhir adalah dengan membawanya ke tempat service.

Jika memungkinkan silakan bawa laptop kamu ke service center resmi agar dapat dilakukan pemeriksaan sesuai dengan prosedur dari brand laptop milikmu. Namun tentunya juga tidak salah apabila kamu membawa ke tempat service laptop biasa atau tempat langganan kamu.

Baca Juga: Perbedaan, Kelebihan Serta Kekurangan PC Built UP Dengan PC Rakitan

Demikian kesimpulan kali ini mengenai penyebab dan juga solusi bagaimana cara untuk mengatasi laptop yang tidak menyala tapi lampu charger hidup memberikan indikator warna baik pada Laptop Asus, Acer, Toshiba, Lenovo, HP dan merk lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *