Perbedaan Netbook, Notebook dan Laptop. Mana yang Terbaik?

  • Whatsapp

Teknologi memang sudah tidak bisa kita perkirakan lagi kemajuannya, salahsatunya adalah kemajuan dibidang komputer. Apabila dulu hanya terdapat personal komputer atau PC itupun dengan spesifikasi yang masih rendah, maka saat ini sudah terdia perangkat netbook notebook dan Laptop, Lalu apa perbedaan ketiga perangkat portable tersebut?

Kini komputer sudah mengalami perkembangan dari segi bentuknya yang sangat pesat, yang semakin kecil dan tipis serta beratnya yang semakin ringan dan enteng

Komputer telah mengalami perkembangan dari generasi ke generasi, oleh karena itu pengetahuan kamu akan dunia komputer juga harus semakin bertambah seiring dengan kemajuan teknologi.

Kepoin Kuy! Tips Mudah Mengetahui Kecepatan RAM di windows 7, 8, 8.1 dan 10

Seperti halnya sekarang ini, kamu masih bingung dan ragu apabila harus dikaitkan dengan cara membedakan ketiga perangkat komputer portable ini, yakni Laptop, Notebook dan Netbook. Sampai-sampai kamu mencari perbedaannya melalui internet, tapi jangan khawatir karena saat ini saya akan membedakan ketiga perangkat portable tersebut.

Perbedaan Netbook Notebook dan Laptop

perbedaan netbook notebook dan laptop

1.) Dari Segi Nama

Laptop, kata Laptop sendiri berasal dari kata “Lap” dalam bahasa inggris yakni pangkuan. Yang dimaksud pangkuan disini adalah laptop bisa dipakai di pangkuan sekitar paha saat sedang duduk dan top yang berarti menandakan posisi laptop ini berada di pangkuan dan menghadap ke atas maksudnya ke pengguna.

Sedangkan menurut KBBI : laptop/lap·top/n komputer pribadi yg agak kecil, yg dapat dibawa-bawa dan dapat ditempatkan di pangkuan pengguna, terdiri atas satu perangkat yg mencakupi papan tombol, layar tampilan, mikroprosesor, biasanya dilengkapi dng baterai yg dapat diisi ulang. Itulah pengertian laptop menurut dua versi

Notebook, tidak jauh dari laptop. Kata notebook berasal dari “note’ yang dalam bahasa inggris berarti catatan, sedangkan ‘book’ adalah buku. Jadi notebook bisa diartikan sebagai buku catatan yang sangat mudah untuk kita bawa kemana-mana.

Netbook, merupakan nama perpaduan antara “internet” dan “notebook” sehingga menghasilkan nama netbook, yang berarti buku internet atau bisa diartikan sebagai alat pengakses internet.

Lihat Juga: Cara Agar Komputer Bisa Terhubung (Connect) ke WiFi dengan Mudah Tanpa Kabel

2.) Dari Segi Kualitas atau Spesifikasi

Laptop memiliki ukuran layar 18 inchi atau bahkan lebih, spesifikasi kelas menengah keatas, memiliki banyak port dan memiliki bobot yang cukup berat dari notebook, ciri utama dari laptop adalah adanya CD/DVD ROM (Namun laptop keluaran terbaru sering ditemukan tidak terdapat CD/DVD ROM)

Notebook memiliki ukuran layar mulai dari 13,1 sampai dengan 18 inchi, memiliki berat 1-8 kg tergantung bahan dan ukurannya. Spesifikasi kelas menengah dan terkadang memiliki dan tidak CD/DVD ROM.

Netbook hanya memiliki ukuran 7-13,1 inchi saja. Spesifikasi tingkat low end, dengan bobot yang hanya sekitar 1 kg. Hal ini dikarenakan pada netbook tidak terdapat CD/DVD ROM yang mengharuskan anda untuk memasang perangkat eksternal apabila ingin menggunakan CD/DVD.

3.) Dari Segi Performa dan Ketahanan

Dari segi performa dan ketahanan, tentunya netbook yang hanya memiliki spesifikasi kelas low end tidak bisa menjalankan tugas yang sangat berat. Netbook hanya diperuntukan buat mengerjakan office, internet, multimedia, gaming kelas plants vs zombie dan tidak disarankan untuk desain grafis, hight gaming atau bahkan video editor.

Beda lagi dengan notebook dan laptop yang masih bisa kita gunakan untuk menjalankan tugas-tugas yang lumayan agak berat, seperti bermain game HD, desain grafis, multimedia. Tentunya untuk menjalankan tugas yang berat, harus diimbangi dengan spesifikasi notebook atau laptop yang mampu untuk menjalankan tugas berat tersebut

Baca Juga: Bahaya! Ini Penyebab Mengapa Tidak Ada Windows 9, Begini Ulasannya

4.) Dari Segi Kenyamanan

Dari segi kenyamanan mana kamu memandang netbook, notebook dan laptop digunakan? Apabila dari segi pemakaian, tentunya laptop dan notebook yang memiliki spesifikasi gahar akan lebih nyaman untuk digunakan karena kita tidak akan banyak menjumpai yang namanya lag dan lemot.

Namun apabila kamu orang yang tidak bisa lepas dari komputer portable diatas, dan harus membawanya kemanapun kamu pergi, teruma ke kantor. Maka dari itu ukuran dan bobot yang lebih ringan akan memudahkan kamu untuk membawanya kemana-mana, maka dari segi kenyamanan inilah netbook adalah solusinya, karena memiliki ukuran dan bobot yang lebih ringan dari pada notebook dan laptop.

5.) Dari Segi Harga

Laptop dan Notebook memang memiliki ukuran yang hampir sama sedangkan netbook memang mempunyai ukuran yang cukup mungil.

Dari segi hargapun laptop dan notebook juga memiliki kesamaan harga yang lebih mahal ketimbang netbook. Namun, hal tersebut juga tidak terlepas dari spesifikasi yang dimiliki komputer portable tersebut.

Lebih Bagus Laptop atau Notebook dan Netbook?

Jika kamu sudah membaca artikel diatas secara menyeluruh tentunya akan mengetahui mana pilihan terbaik antara ketiga perangkat tersebut.

Jika spesifikasi yang lebih dominan diperlukan untuk mengimbangi kinerja maka pilihan tepatnya adalah laptop.

Namun jika kamu adalah orang yang memang sering membawa perangkat komputer tersebut keluar rumah maka tentunya netbook/ notebook lebih kami sarankan

F.A.Q

Perbedaan RAM Netbook dan Laptop

Sebetulnya chip dan bentuk memory RAM antara netbook, notebook maupun laptop memiliki kesamaan. Hanya saja oleh sebagian produsen dikeluarkan seri yang berbeda seperti DDR4, DDR4L dan DDR4u yang hanya dibedakan oleh besaran tegangan voltasenya saja.

Pilih Laptop atau Notebook

Seperti yang dijelaskan diatas, Pemilihan antara laptop atau netbook tergantung daripada rutinitas sehari-hari anda. Jika membutuhkan spek yang lebih tinggi maka laptop lebih disarankan, Namun jika hanya untuk penggunaaan office dan browsing perangkat notebook yang memiliki ukuran kecil lebih kami rekomendasikan

Nah, itulah sedikit artikel tentang Perbedaan Netbook, Notebook dan Laptop. Semoga artikel diatas bisa membantu para pengunjung yang sedang bimbang akan perbedaan netbook, notebook dan laptop.

Apabila kamu suka dengan artikel diatas dan males ngunjungi blog ini untuk mengecek artikel terbaru. Mendingan kamu berlangganan saja, dengan memasukan alamat email kamu dikolom terakhir blog ini. Dengan begitu kamu akan mendapatkan email pemberitahuan jikalau ada artikel terbaru dari blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar