Kapasitas Maksimal RAM pada Komputer

  • Whatsapp

Kapasitas Maksimal RAM pada Komputer – Random Access Memory atau yang lebih kita kenal dengan istilah RAM merupakan memori yang digunakan komputer / laptop untuk menyimpan data dari program yang sedang dijalankan untuk sementara, atau bersifat volatile.

Yang artinya apabila arus litrik mati, maka data yang tersimpan pada RAM akan terhapus dan hilang.

Pada umumnya, semakin besar kapasitas RAM sebuah komputer tentu semakin banyak pula program yang dapat dijalankan secara bersamaan. Akan tetapi hal tersebut tentu masih dipengaruhi oleh faktor lain.

Jumlah RAM yang dapat kita pasang di komputer dibatasi oleh perangkat keras dan sistem operasi yang digunakan. Untuk mengetahui kapasitas keseluruhan RAM yang dapat dipasang, kita perlu memeriksa sistem operasi dan perangkat keras computer terlebih dahulu.

Cara Mengetahui Kapasitas Maksimal RAM Melalui Sistem Operasi

Sistem Operasi Windows

Windows membatasi kapasitas RAM yang dapat kita gunakan. Apabila kita memasang RAM melebihi batas kapasitas tersebut, Maka kapasitas RAM tidak akan seluruhnya terpakai. Hanya sampai batas maksimalnya saja. Batasan RAM pada windows ditentukan oleh versinya, 32-bit atau 64-bit

Untuk Windows versi 32-bit hanya mendukung hingga 4 GB RAM. Dan untuk Windows versi 64-bit mendukung kapasitas hingga 128GB RAM.

Baca: Cara Mengetahui RAM yang Cocok Untuk Motherboard

Sistem Operasi Mac

Tidak hanya versi windows yang membatasi jumlah kapasitas RAM yang dapat dipasang. Begitu juga dengan Mac, yang membatasi kapasitas RAM dengan model yang digunakan. Berbagai jenis Mac memiliki batasan memori yang berbeda-beda.

Berikut adalah kapasitas maksimal RAM untuk jenis Mac yang paling popular :
iMac (27-inch, Late 2013) dengan kapasitas maksimal 32 GB
iMac (2009-Late 2012) dengan kapasitas maksimal 16 GB
iMac (2006-2009) dengan kapasitas maksimal 4 GB

Sistem Operasi Linux

Tidak hanya Windows dan Mac, Linux juga membatasi jumlah kapasitas RAM yang dapat ditancapkan. Namun Linux sedikit berbeda dari kedua sistem operasi diatas, karena linux memiliki kapasitas RAM yang sangat besar dari OS lain. Tentunya hal ini juga sangat dipengaruhi oleh hardware yang digunakan, seperti motherboard dan bios.

Pada Linux versi 32-bit mungkin hanya mendukung RAM sampai 4GB, tetapi jika kernel yang di gunakan mendukung PAE (Physical Address Extension), Kita dapat memasang kapasitas RAM hingga 64GB pada instalasi Linux versi 32-bit.

Secara teori, Linux versi 64-bit dapat mendukung kapasitas 17 milyar GB RAM, namun umumnya kita hanya dapat memasang kapasitas RAM sebesar 1TB (Intel) atau 256TB (AMD64) di sistem Linux versi 64-bit.

Baca: Perbedaan Netbook, Notebook dan Laptop

Dari ketiga sistem operasi diatas memang memiliki kapasitas maksimal yang berbeda-beda, ada yang bisa menampung kapasitas dengan sangat besar dan ada pula yang hanya bisa menampung kapasitas sampai 4 GB, namun hal tersebut juga tidak lepas dari hardware. seperti halnya sistem operasi, hardware juga memiliki kapasitas maksimal yang berbeda-beda. Oleh karena itu kedua hal tersebut harus diperhatikan ketika kita akan meng-uprade memory komputer.

Untuk kali ini Saya hanya bisa menyampaikan sedikit artikel mengenai Kapasitas Maksimal RAM pada Sistem Operasi semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian yang lagi nyari referensi dan jangan lupa juga baca artikel lain dari Blog ini dan kalo bisa share, koment dan subscribe untuk mendapatkan email pemberitahuan jikalau ada artikel terbaru dari blog ini.

F.A.Q

Berapa kapasitas maksimal RAM DDR3?

RAM DDR3 (Double Data Rate) mampu menampung kapasitas maksimal sampai dengan 16 GB

Bagaimana jika saya memasang RAM lebih dari kapasitas Maksimal?

Kapasitas RAM yang melebihi jumlah maksimal maka tidak akan terbaca oleh sistem komputer. Hal tersebut juga masih dipengaruhi oleh motherboard dan juga OS yang digunakan.

Demikian ulasan kali ini mengenai Kapasitas Maksimal RAM yang bisa kamu pasang pada Komputer ataupun juga laptop. Sebaiknya tetap gunakan RAM sesuai dengan kapasitas yang mampu di support oleh hardware dan juga sistem operasi

Sumber referensi dari wikihow

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 Komentar