Perbedaan Hub Dan Switch Paling Jelas. Anak IT Wajib Tau

  • Whatsapp
Perbedaan Hub Dengan Switch

Perbedaan Antara Hub Dengan Switch – Seringkali kita dibuat bingung dengan dua buah perangkat atau lebih yang memiliki bentuk serupa tapi memiliki nama dan fungsi yang berbeda.

Seperti halnya hub dan switch, meskipun kedua perangkat pendukung jaringan tersebut memiliki bentuk yang serupa, akan tetapi mempunyai beberapa perbedaan. Dari segi nama sudah pasti, cara kerja, fitur, tingkat keamanan, kecepatan transfer dan harga kedua perangkat ini juga sangat berbeda.

Muat Lebih

Hub maupun switch adalah suatu perangkat yang berfungsi sebagai pengatur dan pembagi sinyal data dari suatu komputer ke komputer lainnya yang terhubung pada perangkat tersebut, yang menjadi perbedaan adalah switch bisa melakukan pengaturan berupa proses filter paket data, menyeleksi MAC address tujuan, dapat mengetahui topologi jaringan dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Banyak Yang Terjebak, Ini Perbedaan RAM DDR3 dan DDR3L Pada Laptop Yang Sering di Jumpai

Biasanya masing-masing port pada switch bisa diseting sehingga bisa ditentukan port mana saja yang bisa saling terhubung.

Perbedaan Hub Dengan Switch

perbedaan hub dan switch dan router, perbedaan hub dan switch brainly, perbedaan cara kerja hub dan switch, persamaan hub dan switch, fungsi hub dan switch, cari referensi perbedaan antara hub dan switch, pengertian switch hub dan fungsinya

Hub dan Switch. Image from pixabay

1. Memiliki Posisi Kerja Pada OSI Layer yang berbeda

Hub bekerja pada OSI layer pertama, yakni pada layer physical atau lapisan fisik. Tidak berbeda seperti kabel dan atau sinyal wifi, yang hanya menyalurkan data saja. Switch bekerja pada lapisan kedua pada OSI Layer, yiaitu Data Link.

2. Tingkat Kehandalan Dalam Kinerja

Meskipun cara kerja dari hub itu simpel, namun kinerja dari swicth lebih bagus dari hub. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan switch menggunakan sistem seleksi terhadap semua perangkat atau komputer yang terhubung dengan dirinya. yang diseleksi oleh switch berupa MAC Address dari komputer atau perangkat jaringan yang terhubung.

3. Kecepatan transfer data

Karena switch menyeleksi terlebih dahulu mac address mana yang menjadi tujuan, maka hal ini membuatnya mengirimkan data lebih cepat. Tidak seperti hub yang mengirim sinyal secara menyebar/menyeluruh, tidak peduli perangkat mana yang menjadi tujuan data tersebut.

4. Pengaturan atau Setting

Hub sama sekali tidak bisa diatur atau di-setting. Switch dengan tipe manageable bisa diatur untuk memblokir atau mengijinkan komputer mana saja yang boleh tersambung dengan dirinya. Switch bisa membagi satu segment jaringan LAN menjadi dua atau lebih segment jaringan LAN meski secara fisik berada dalam satu jaringan yang sama, hal ini dikenal dengan istilah Virtual LAN atau VLAN.

Baca Juga: Perbedaan, Kelebihan Serta Kekurangan PC Built UP Dengan PC Rakitan

5. Sistem keamanan jaringan

Ketika data yang dikirim oleh hub sampai pada tujuan, pasti data tersebut dalam kedaan utuh. Namun, tidak dengan switch, data yang terkirim tersebut belum tentu utuh. Bukan karena switch tidak mampu mengirim secara utuh. Melainkan setiap paket data yang dikirim oleh switch pasti periksa terlebih dahulu untuk memastikan setiap data yang terkirim bersifat aman. Jadi, untuk data yang dianggap mencurigakan tidak akan sampai pada komputer tujuan.

6. Jumlah Port

Untuk dukungan banyaknya port workstation yang bisa saling terhubung tergantung dari jumlah port yang tersedia pada hub atau swith tersebut. Dan biasanya port RJ45 female yang tersedia pada HUB hanya 4 sampai 12 port sedangkan switch lebih banyak portnya.

perbedaan hub dan switch dan router, perbedaan hub dan switch brainly, perbedaan cara kerja hub dan switch, persamaan hub dan switch, fungsi hub dan switch, cari referensi perbedaan antara hub dan switch, pengertian switch hub dan fungsinya

Hub .Image from pixabay

Macam – Macam Hub

HUB aktif

HUB aktif adalah HUB yang memiliki kemampuan untuk memperkuat sinyal dalam sebuah jaringan atau disebut dengan repeat. HUB aktif sangat berguna untuk menghubungkan dua unit komputer atau lebih dengan jarak yang cukup jauh.

HUB Pasif

HUB pasif adalah HUB yang bertugas hanya membagikan sinyal transmisi yang masuk ke port port komputer yang terhubung dalam jaringan. HUB pasif biasa digunakan untuk menambah unit komputer yang terhubung dengan syarat jarak unit komputer dengan komputer lainnya tidak terlalu jauh.

Kelebihan Dan Kekurangan HUB

Kelebihan

  • HUB tergolong dalam Layer 1 dalam OSI model (physycal layer)
  • Harganya murah
  • Pengguna HUB dapat melakukan sharing pada jaringan yang sama

Kekurangan

  • HUB tidak mampu membaca paket-paket data
  • HUB tidak dapat mengetahui sumber dan tujuan data
  • Port yang tersedia hanya sedikit
  • Kecepatan komunikasi harus dibagi dengan komputer lainnya yang melakukan sharing
perbedaan hub dan switch dan router, perbedaan hub dan switch brainly, perbedaan cara kerja hub dan switch, persamaan hub dan switch, fungsi hub dan switch, cari referensi perbedaan antara hub dan switch, pengertian switch hub dan fungsinya

Switch. Image from pixabay

Macam – Macam Switch

Unmanaged Switch

Jenis switch ini merupakan pilihan yang paling murah diantara tipe switch lainnya yang ada di pasaran. Jenis ini sering digunakan untuk kantor kecil atau mengelola jaringan dalam sebuah rumah.

Fungsi utama unmanaged switch adalah untuk mengelola aliran data antara printer dan beberapa komputer atau antara perangkat lain. Switch ini dapat digunakan langsung tanpa pengaturan yang rumit, switch ini memiliki beberapa kelebihan seperti mudahnya instalasi dan harganya relatif murah.

Baca Juga: Cara Melepas dan Memasang Processor PC

Kekurangan dari switch ini adalah sulitnya dilakukan troubleshooting jika terjadi kesalahan atau error, hal ini dikarenakan switch tidak bisa di apa apakan. Selain itu jika ada komputer yang menyebabkan pengiriman data bermasalah maka akan sangat sulit mendeteksi komputer tersebut untuk dilakukan perbaikan.

Managed Switch

Jenis switch yang satu ini memiliki user interface atau perangkat lunak, hal ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan konfigurasi atau pengaturan pada switch. Konfigurasi yang ditawarkan ada beberapa metode antara lain adalah melalui konsole dan melalui interface yang lebih canggih melalui internet.

Smart Switch

Smart switch atau switch cerdas merupakan modifikasi switch yang karakteristiknya berada diantara managed dan unmanaged switch. Switch ini memanfaatkan teknologi web base untuk memberikan kenyamanan setiap penggunanya dalam melakukan konfigurasi dan pengaturan.

Switch ini juga dilengkapi pengaturan otomatis dan dapat diubah sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan berbagai macam jaringan komputer.

Enterprise-Managed Switch

Sebuah switch untuk jaringan perusahaan dan digunakan dalam skala perusahaan dan pengguna yang relatif besar.

Jaringan ini biasanya di monitor dan di konfigurasi oleh ahli jaringan dikarenakan tingkat kompleksitas dalam konseptopologi jaringan yang dibebankan pada switch ini.

Kelebihan Dan Kekurangan Switch

Kelebihan

  • Mampu membaca paket-paket data
  • Dapat mengetahui sumber dan tujuan data
  • Kecepatan komunikasi tidak berkurang meskipun banyak port
  • Dapat di customisasi

Kekurangan

  • Harga sedikit lebih mahal dari hub
  • Mungkin hanya itu

baca Juga: Bahaya! Ini Penyebab Mengapa Tidak Ada Windows 9, Begini Ulasannya

Itullah 6 Perbedaan Hub Dan Switch beserta dengan kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat buat Sobat sekalian yang sedang kebingungan mencari perbedaan antara hub dan switch. Jangan lupa baca jga artikel lainnya dari blog ini ya!!! dan juga share artikel ini bar teman – teman kalian tidak gaptek juga.

Sumber referensi diambil dari buku sekolah dan tambahan dari pro.co.id, sulaidihasibuan.com, pintarkomputer.com, perbedaanterbaru.blogspot.com, blogging.co.id, it-newbie.com, infoteknologi.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

31 Komentar

  1. bukan kabel straigh yang digunakan kalo mau menghubungkan kedua buah switch atau lebih, tetapi harus menggunakan kabel cross over (silang). Menurut saya kamu ini bagus lho banyak nanya :v :v

  2. iya gan sekarang saya paham. Terus kalo mau menyambungkan switch dengan switch bagaimana? apa menggunakan kabel straigh juga? maaf nih gan saya banyak nanya…,,

  3. kalo misalkan Ocol ingin menyambungkan hub dengan switch maka kabel yang digunakan adalah tipe straigh (lurus). Begitu juga dengan hub atau switch yang akan disambungkan ke komputer juga menggunakan kabel straigh beserta RJ45 nya :v .

  4. Iya Anonim, harga switch agak mahalan dari hub. Tapi menurut saya itu sudah sesuai dengan spesifikasinya.

  5. Ya seperti itu. Kalo misalkan ada koneksi 10 MBps, lalu pornya ada 5 maka setiap port hanya akan mendapatkan koneksi 2MBps…