Enteng! Begini Cara Mudah Melihat Spesifikasi Komputer dan Laptop

Cara Mudah Melihat Spesifikasi Komputer dan Laptop

Cara Mudah Melihat Spesifikasi Komputer dan Laptop – Secara umum, cara yang paling sering digunakan banyak orang untuk melihat Spesifikasi Komputer adalah mempergunakan tools bawaan windows itu sendiri. Cara ini lebih banyak digunakan karena lebih mudah dan tidak perlu menginstal software tambahan untuk melihat Spesifikasi Komputer.

Namun, tidak sedikit juga yang memanfaatkan software tertentu untuk melihat spesifikasi komputer atau laptop. Alasannya beragam, namun alasan yang paling dominan ialah untuk melihat nilai spesifikasi yang lebih dalam dan lebih lengkap lagi.

Salahsatu alasan kita ingin mengetahui Spesifikasi Komputer seperti ketika akan menginstall sebuah aplikasi atau game, terlebih dahulu kita harus benar-benar memastikan bahwa komputer atau laptop yang anda miliki mempunyai spesifikasi yang menukung dan memenuhi untuk menginstall aplikasi atau game tersebut.

Baca Juga: Cetek! Berikut Adalah 2 Cara Mengetahui Sisa Memory (RAM) Pada PC dan Laptop

Jika kita memaksakan untuk menginstall aplikasi berat tetapi tidak di dukung dengan spesifikasi komputer yang mumpuni, hal tersebut akan berdampak pada menurunnya kinerja komputer anda. Yang akan mengakibatkan lag atau hang bahkan terjadi crash saat menjalankan program tersebut.

Berikut ini beberapa cara atau trik yang pernah saya coba untuk melihat spesifikasi PC dan laptop secara lengkap baik menggunakan tools bawaan Windows atau menggunakan software tambahan.

Cara melihat spesifikasi laptop dan komputer

Melalui Tools Properties My Computer atau This PC

Cara ini memang paling banyak dilakukan, karena tidak perlu menginstall software.

Klik Kanan Pada menu “My Computer” atau “Computer” (pada Windows 7), atau This PC (Pada Windows 8, 8.1 dan 10) lalu Pilih Properties. Maka akan Menampilkan versi Windows yang kita pakai, Processor, RAM serta Type System dan sebagainya. Lihat Gambar dibawah ini:

Melalui Tools Properties My Computer atau This PC

Melalui DirectX Diagnostic Tool (DXDIAG)

Sama dengan cara pertama yang masih menggunakan tools bawaan dari windows “dxdiag”. Cara ini menggunakan RUN dan dengan kombinasi kode menggunakan tombol keyboard.


Tekan Tombol Keyboard logo Windows+R, Lalu Ketikan “dxdiag” (tanpa tanda petik) lalu OK/Enter. Maka akan muncul tab baru yang menampilkan spesifikasi PC/laptop tertentu pada DirectX Diagnostic Tool, mulai dari Operating System, VGA, Processor, Memory dan lain sebagainya. Seperti pada gambar berikut ini:

Melalui DirectX Diagnostic Tool (DXDIAG)

Melihat Spesifikasi PC atau Laptop Dengan Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Jika ingin menampilkan spesifikasi PC dan laptop dengan sangat lengkap, maka harus menggunakan software. Disini saya akan menggunakan sebuah aplikasi CPU-Z untuk melihat spesifikasi PC dan laptop agar lebih mendetail.

Dengan menggunakan aplikasi CPU-Z, tidak hanya Operating System, VGA, Processor, Memory, CPU yang diberitahukan saja, akan tetapi banyak. Seperti Motherboard, Type RAM, Chipset, BIOS dan score atau kecepatan load juga diinfokan oleh aplikasi ini.

Baca Juga: Perbedaan Netbook, Notebook dan Laptop

Aplikasi ini berjenis freeware atau bisa kita miliki secara gratis tanpa harus dibeli. Untuk cara menggunakannya silahkan download CPU-Z v1.78 terlebih dahulu. Setelah itu install aplikasinya seperti mengintal software pada umumnya. Setelah terinstall Buka aplikasi CPU-Znya.

Melihat Spesifikasi PC atau Laptop Dengan Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Nah berikut tadi Cara Mudah Melihat Spesifikasi Komputer dan Laptop. semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel lainya. Males bolak balik ke blog ini hanya untuk melihat artikel terbaru? Mendingan masukkan alamat email kamu dikolom paling bawah dari artikel ini, agar kalian bisa mendapatkan email pemberitahuan jikalau ada artikel terbaru. Mudahkan?

WAJIB DIKETAHUI : Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 Komentar

  1. cara cek VRAM gimana gan?

  2. Done gan, sekarang jadi tau spesifikasi lengkap laptop ane nih

  3. Berhasil cek spek laptop thanks gan

  4. Mantav gan jadi tau nih cara nya, walaupun udah tau duluan hehe

  5. kalo kardusnya ilang, bisa coba cara ini!

  6. Wah gak harus liat kardusnya tho.. nice post gan hehehe