[Pengalaman] Cara Mengatur Jam di PC/ Laptop Agar Tidak Berubah Windows 7, 8, 8.1 dan 10

  • Whatsapp

Artikel kali ini memberikan panduan buat kamu mengenai cara mengatur jam di Komputer PC dan Laptop agar tidak berubah baik itu di windows 7, 8, 8.1 ataupun windows 10

Menghadapi sebuah kendala seperti tanggal dan waktu di komputer yang sering berubah memanglah sangat menjengkelkan, walaupun hal tersebut terlihat sangat sepele.

Setiap kali komputer kamu baru dihidupkan maka akan dijumpai settingan tanggal dan waktu sudah kembali ke masa lalu, dan ini memang menjengkelkan jika setiap hari seperti ini.

Baca Juga: Cara Masuk dan Reset BIOS Laptop Dell Latitude E6410 Dengan Sangat Mudah

Selain untuk memberikan informasi kepada kita, tanggal dan waktu pada komputer juga sangat dibutuhkan oleh sistem komputer.

Seperti contohnya google chrome atau aplikasi browser lainnya yang akan memberikan peringatan ketika tanggal pada komputer tidak sesuai aslinya. Sehinga halaman web yang akan kita akses juga tidak bisa dibuka dikarenakan tanggal yang bermasalah.

Tentunya kamu juga punya alasan tersendiri terhadap berubahnya waktu pada komputer, Setidaknya ada 3 penyebab yang membuat tanggal berubah atau kembali ke masa lampau.

Penyebab Waktu di Komputer Tidak Akurat

Sebelum kamu berencana untuk memperbaiki waktu pada komputer/ laptop yang bermasalah, sebaiknya simak dulu 3 problem dibawah yang menyebabkan tanggal di PC/ Laptop kamu error.

1. Baterai CMOS Sudah Lemah

Apabila baterai CMOS sudah habis (lemah) maka kendala yang sering dan umum dijumpai adalah tanggal menjadi berubah, biasanya kembali ke masa lampau.

Solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti baterai CMOS dengan yang baru agar tanggal dan waktu di komputer kamu bisa kembali normal.

Harga baterai CMOS juga tidak terlalu mahal, hanya sekitar 5000 saja dan tersedia di toko komputer. Serta untuk pemasangannyapun bisa dilakukan oleh sendiri.

Lihat Juga: Tips Mudah Mengetahui Kecepatan RAM di windows 7, 8, 8.1 dan 10

2. Time Zone Berubah

Masalah selanjutnya yang menjadikan waktu ngaco adalah karena berubahnya time zone atau zona waktu.

Jika kamu mengalami kendala waktu yang berubah pada komputer akan tetapi perubahannya tidak signifikan (misalnya beda 1 hari) maka bisa dipastikan zona waktu yang berubah.

Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa mengubahnya di menu settingan

3. Serangan Virus

Sudah bisa kamu perkirakan bagaimana jadinya jika komputer terserang virus, dan salahsatu penyebabnya bisa berimbas pada berubahnya settingan waktu di komputer.

Solusi tepat agar waktu kembali normal adalah dengan membasmi virus tersebut dengan anti virus. Jika dengan anti virus masih belum bisa maka solusi selanjutnya adalah dengan menginstall ulang sistem windows kamu.

Setelah kamu mengetahui 3 poin yang menyebabkan pengaturan waktu berubah di komputer, berikut adalah tips manjur dari admin.

Baca Kuy! Cara Tepat Mengetahui RAM yang Cocok Untuk Motherboard

Cara Setting Jam di PC/ Laptop Agar Tidak Berubah disemua Windows

Menurut pengalaman admin sendiri yang tentunya pernah mengalami masalah ini, tips dan solusi yang paling tepat dan manjur adalah mengganti baterai CMOS dengan yang baru.

Dengan mengganti baterai CMOS maka settingan tanggal atau waktu di Komputer tidak akan ngaco lagi dan kembali ke masa lampau.

Apabila kamu sudah mengganti baterai CMOS maka langkah selanjutnya adalah dengan kembali setting waktu dengan tepat.

Apabila setting waktu di komputer tidak bisa diubah biasanya karena settingan tersebut dikunci. Coba ingat kembali apakah sebelumnya kamu pernah mengunci settingannya

Jika komputer kamu sering terhubung ke internet kami sarankan untuk meng-otomatiskan settingan waktu agar menyesuaikan dengan lokasi tempat kamu berada.

Sehingga tanggal dan waktu akan terus menyesuaikan zona waktu sesuai dengan lokasi kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *