Banyak Yang Terjebak, Ini Perbedaan RAM DDR3 dan DDR3L Pada Laptop Yang Sering di Jumpai

Perbedaan Antara RAM DDR3 Biasa dengan DDR3L dan DDR3U

Perbedaan RAM DDR3, DDR3L dan DDR3U – RAM (Random Acces Memory) merupakan salahsatu hardware komputer/laptop yang memiliki peranan penting agar komputer/laptop itu bisa berjalan dengan semestinya.

Memory yang satu ini memiliki sifat volatile (sementara) yang artinya apabila sudah tidak ada lagi arus listrik yang mengalir pada RAM, data yang sebelumnya tersimpan akan hilang.

Muat Lebih

Saat ini khasta atau kedudukan (rendah tingginya) kualitas RAM dikenal dengan istilah DDR atau kependekan dari Double Data Rate.

Seri DDR tersusun atas beberapa tingkatan, dimulai dari yang paling rendah yaitu ddr1 dan untuk seri tertinggi saat ini adalah ddr4. Mungkin sebentar lagi akan ada pengembangan ke DDR5.

Perbedaan Antara RAM DDR3 Biasa dengan DDR3L dan DDR3U

Jika anda adalah seorang teknisi atau gamer yang suka melakukan berbagai macam upgrade dan peningkatan hardware pada komputer/laptop, mungkin pernah mengalami kesalahan saat membeli RAM pada seri DDR3.

Untuk DDR3 sendiri terbagi menjadi beberapa jenis menurut tegangan listrik yang dibutuhkan untuk menjalankan tugasnya, sementara untuk bentuk fisiknya masih sama.

Perbedaan Antara RAM DDR3 Biasa dengan DDR3L dan DDR3U

Perbedaan RAM DDR3 dan DDR3L serta DDR3U

Seri DDR3 versi biasa adalah yang paling banyak digunakan pada perangkat desktop/PC ketimbang pada laptop atau notebook.

Namun hal itu bukan berarti tidak ada laptop yang memakai type DDR3 biasa ini, nyatanya dipasaran juga banyak yang menjual jenis RAM yang satu ini karena diimbingi dengan device yang tersedia.

DDR3 memiliki tegangan sebesar 1.50 volt, sedangkan untuk DDR3L (Low) adalah 1.35 volt (0.15 volt lebih kecil) dan untuk seri DDR3U (Ultra Low) adalah 1.25 volt.

Apakah bisa laptop DDR3L dipasang RAM DDR3 atau Sebaliknya?

Maka jawabannya adalah:
Laptop yang memiliki tegangan sebesar 1.50 volt (DDR3) bisa dipasangkan RAM type DDR3L ataupaun DDR3U, akan tetapi laptop yang memiliki tegangan 1.35 volt (DDR3L) tidak bisa dipasangkan RAM DDR3.

Hal itu disebabakan karena tegangan pada laptop DDR3L sangat kecil sehingga tidak akan sanggup untuk mengaliri RAM DDR3 walaupun hanya berbeda 0.15 volt saja.

Intinya laptop bisa berjalan apabila dipasang ram dengan tegangan yang sama atau yang lebih rendah dari laptop itu sendiri. Namun jika sebaliknya, maka laptop tersebut tidak akan membaca kapasitas pada ram tersebut.

Namun yang lebih baik bagi laptop anda kedepannya adalah dengan memasangkan ram yang sesuai dengan type pada laptop agar performa dan kinerjanya bisa maksimal.

2 Cara Mengetahui Jenis RAM DDR3, DDR3L dan DDR3U dengan Tips Berikut ini!

1. Melihat Label Yang Tertera Pada Fisik RAM


pinterest.com

Jika pada keterangan tertulis, jika terdapat huruf “L” seperti PC3L-32000 atau DDR3L 43000 atau disana terdapat label 1.35 volt sudah dipastikan type RAM tersebut adalah DDR3L.

Namun apabila pada label hanya terdapat PC3-32000 atau DDR3 43000 maka bisa dipastikan laptop tersebut memiliki type RAM DDR3 yang bisa dipasangkan RAM DDR3L ataupun DDR3U.

2. Menggunakan Aplikasi CPU-Z (Mengetahui Voltase RAM)

Silakan anda download terlebih dahulu aplikasinya di link berikut ini

Saran dari saya sebaiknya download yang versi zip nya saja, agar tidak perlu di install terlebih dahulu saat akan digunakan

Extract file yang sudah di download, kemudian jalankan salahsatu program yang sesuai dengan versi windows anda (32/64 bit)

Kemudian klik pada bagian SPD, lihat bagian bawah. Disana tertulis besaran tegangan pada memory/RAM yang terpasang. Jika tertulis 1.50 v (volt) maka sudah jelas bahwa laptop anda DDR3 dan bisa dipangkan RAM DDR3L ataupun DDR3U.

Perbedaan Antara RAM DDR3 Biasa dengan DDR3L dan DDR3U

Namun jika nilai yang muncul adalah 1.35 v maka itu ada dua kemungkinan. Pertama, laptop kamu adalah DDR3 namun menggunakan RAM DDR3L (pernah diganti). Dan yang kedua adalah laptop kamu memang DDR3L dan tentunya tidak bisa dipasang ram ddr3, akan tetapi bisa menggunakan type ddr3u

Apabila data yang muncul adalah 1.25 volt berarti itu sudah pasti laptop dan memory/ram tersebut adalah DDR3U yang hanya bisa menggunakan type itu sendiri.

Kompatibilitas dan Performa Masing-masing RAM

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa memory yang memiliki tegangan sama atau lebih rendah dari laptop maka bisa digunakan (kompatibel).

Sedangkan untuk performa dari ketiga type RAM DDR3 diatas tentunya ada sedikit perbedaan, dari segi panas yang dihasilkan RAM DDR3 dengan voltase 1.50 memiliki tingkat panas yang tingi dibandingkan dengan RAM DDR3U yang hanya 1.20 volt.

Untuk performa yang lainnya menurut saya tidak ada perbedaan dari ketiga jenis RAM diatas selain dari frekuensi dari masiang-masing RAM tersebut.

Harga

Untuk segi harga anda bisa cek di marketplace yang tersedia, namun untuk type DDR3U masih belum tersedia.

Banner cdn.macpaw.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *