Cetek! Berikut Adalah 2 Cara Mengetahui Sisa Memory (RAM) Pada PC dan Laptop

  • Whatsapp

Cara Melihat Sisa Memory (RAM) Pada Laptop dan Komputer Dengan Sangat Mudah – Memory adalah hardware yang sangat penting keberadaannya pada setiap perangkat komputer ataupun laptop.

Karena tanpa adanya memory/RAM yang terpasang, Device seperti laptop ataupun komputer tidak akan pernah bisa berjalan dengan wajar dan lanjay.

Muat Lebih

2 Cara Mengetahui Sisa Memory (RAM) Pada PC dan Laptop

Kapasitas dan frekuensi setiap memory memilki tolak ukur yang beragam sesuai dengan kebutuhan kita sehari-hari, ada yang hanya digunakan untuk kantoran dan ada juga kelas extrim seperti gamer.

Baca: Kapasitas Maksimal RAM pada Komputer

Namun di artikel kali ini saya tidak akan membeberkan pengertian secara gamblang mengenai RAM, tapi saat ini saya akan memberikan sebuah tips kepada anda bagaimana caranya melihat kapasitas ram yang tersisa. Berikut adalah panduannya:

2 Cara Melihat Sisa Memory Komputer/Laptop Windows 7, 8, 8.1 dan 10

Menggunakan Windows Task Manager

Cara yang paling mudah untuk mengetahui sisa memory dari perangkat yang anda gunakan adalah melalui tools atau aplikasi bawaan windows itu sendiri, yakni windows task manager.

Untuk membuka aplikasi windows task manager juga ada banyak beragam cara, berikut ini adalah tutorialnya:

Tips Pertama (Klik Kanan Pada Taskbar)

  1. klik kanan pada Taskbar,
  2. lalu pilih Start Task Manager.Lihat pada gambar

Maka akan terbuka jendela “Windows Task Manager”

Tips Pertama (Klik Kanan Pada Taskbar)

Tips Kedua (RUN TSKMGR)

  1. Kombinasikan tombol “windows” dan huruf “R” pada keyboard,
  2. Maka akan muncul jendela baru, setelah itu ketikkan “taskmgr” tanpa tanda kutip, kemudian tekan “OK” atau “ENTER” di keyboard. Lihat gambar dibawah ini
Tips Kedua (RUN TSKMGR)

Tools Windows Task Manager akan terbuka

Tips Ketiga (Paling Mudah dan Cepat)

  • Tekan “ctrl”, “SHIFT” dan “ESC” di keyboard secara bersamaan sampai jendela task manager terbuka. Lihat pada gambar dibawah ini
cara membuka task manager

Setelah task manager terbuka, maka langkah selanjutnya untuk melihat kapasitas memory yang tersedia adalah dengan klik pada Performance

tampilan windows task manager

Keterangan Pada Physical Memory (MB)

Total adalah jumlah keseluruhan ruang memory/ram yang terbaca oleh system komputer. Pada gambar diatas, kapasitas memory yang tampil adalah 1983 MB atau 1,9 GB

Cached atau tombolok yaitu sebuah mekanisme penyimpanan data utama yang memiliki kecepatan tinggi. Pada data diatas, jumlah cache adalah 341 MB

Available merupakan sisa memory/ram yang tersedia yang siap digunakan

Physical Memory jumlah ram yang sedang digunakan dalam satuan persen

Karena ini adalah pembahasan tentang cara melihat sisa memory, jadi saya tidak akan menjelaskan isi dari semua yang tertulis di task manager.

Mungkin untuk penjelasan lengkapnya akan saya buatkan artikel khusus yang membahas windows task manager secara terperinci (Jika ada kesempatan)

Melalui Jendela System Information

Cara kedua untuk melihat sisa memory yang tersedia adalah dengan menggunakan tools bawaan windows, dengan cara:

  1. Kombinasikan tombol “windows” dan “R” di Keyboard,
  2. Lalu ketikkan “msinfo3” tanpa tanda petik dan tekan “OK” atau “enter” di keyboard, setelah itu akan muncul jendela baru yang menginformasikan tentang system (termasuk sisa memory/ram) yang tersisa.
Melalui Jendela System Information

Itulah kedua cara yang bisa anda coba untuk melihat kepasitas kosong dari memory/ram pada laptop ataupun komentar.

Dengan adanya pembahasan diatas saya berharap anda menjadi lebih mudah untuk melihat sisa memory tanpa harus menginstall software ketiga atau meminta bantuan teman yang akan membuang waktu.

Jika ada penyampaian yang tidak dimengerti atau terdapat kesalahan informasi dari artikel ini silakan berikan kritik dan saran pada kolom komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *