2 Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 kb

  • Whatsapp

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 kb menjadi salahsatu kata kunci yang popular dicari terlebih ketika sedang musim pendaftaran CPNS berlangsung.

Bagaimana tidak, Di website tempat pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil sudah tertera bahwa persyaratan yang akan diupload dikenai batasan ukuran sampai 200 KB saat ingin mengunggah foto.

Muat Lebih

Tentunya hal tersebut menjadi problem tersendiri bagi kebanyakan orang karena ukuran rata-rata untuk sebuah foto paling tidak 500 kb yang tentunya tidak akan bisa di upload ke wesite pendaftaran CPNS

Oleh karena itu dikesempatan kali ini ridpir.com akan mencoba mengulas 2 cara untuk memperkecil ukuran foto menjadi sesuai keinginan anda (100 kb ataupun 200 kb).

Tutorial ini tidak berlaku hanya untuk pendaftar CPNS, Karena banyak orang juga mengalami kendala yang sama seperti calon mahasiswa yang sedang melakukan pendaftaran online untuk masuk ke perguruan tinggi.

2 Cara Memperkecil Ukuran Foto

1. Tanpa Aplikasi

Untuk memperkecil (compress) foto tanpa menggunakan aplikasi yang harus di download terlebih dahulu yang nentunya memakan waktu dan kuota internet, Kamu bisa mengambil langkah pertama ini yang tentunya juga bisa dipraktikkan hanyadengan menggunakan HP tanpa harus ribet pakai komputer atau laptop.

Untuk langkah-langkahnya,

  1. Akses terlebih dahulu website imgonline.com di HP maupun komputer dan laptop
  2. Selanjutnya kamu tingal unggah foto yang akan di perkecil dengan mengklik Browse
  3. Lalu pilih foto yang kamu maksud
  4. Setelah itu pada Settings for jpeg-file compression pilih yang pertama, atau Compress jpg-file to
  5. Kemudian atur besar ukuran gambar sesuai dengan kamu inginkan, Minimal 1 KB dan paling besar adalah 30 MB
  6. Jika sudah selesai selanjutnya gulir kebawah (abaikan settingan yang lain), Kemudian Pilih Oke Seperti pada gambar dibawah ini
Cara Memperkecil Ukuran Foto

Selanjutnya anda klik Download processed image untuk mendownload foto yang sudah diperkecil sesuai dengan yang anda inginkan.

2. Menggunakan Aplikasi di Komputer

Cara selanjutnya yang bisa diterapkan untuk memperkecil ukutan foto ataupun gambar dengan menggunakan aplikasi pada perangkat komputer atau laptop.

  1. Siapkan terlebih dahulu foto yang akan ada ubah ukurannya
  2. Setelah itu klik kanan pada foto, Lalu arahkan ke Open with>Paint
  3. Pada jendela paint dan foto sudah terbuka, Kamu bisa langsung memperkecil ukuran foto dengan mengklik Resize atau akan lebih cepat dengan CTRL+W
  4. Pada jendela Resize and skew yang muncul silakan klik persentage, Kemudian sesuaika persentasi sesuai dengan keinginan anda.
  5. Setelah itu anda bisa langsung menyimpan foto tersebut dengan cara tekan tombol CTRL+S

Jika ukuran foto masih diatas 200 kb anda bisa mengulangi tutorial diatas dan ubah nilai persentasi menjadi lebih rendah dari sebelumnya.

Itulah 2 cara memperkecil ukuran foto menjadi 100, 200 kb atau bahkan sesuai dengan yang anda inginkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *