Biar Gak Nyesel, Berikut 9 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

  • Whatsapp

9 Tips Yang Perlu diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas Berkualitas di Showroom Untuk Pemula Agar tidak Tertipu – Memiliki kendaraan pribadi memang memudahkan mobilitas kita sehari-hari. Terutama bagi mereka yang terbiasa dengan jadwal padat dari satu tempat ke tempat lain.

Membeli mobil baik baru atau bekas haruslah mengutamakan kualitas. Sebab, dari segi mesin atau perform mobil tentu berpengaruh terhadap keselamatan kita dalam berkendara.

Meski bekas, Anda tetap bisa mendapat mobil berkualitas. Bukan hanya memperhitungkan harganya, tetapi pastikan juga tahu bagaimana tips memilih mobil bekas berkualitas seperti yang cloteh.com berikan di bawah ini.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Bayar E-Tilang Lewat ATM BRI, BNI, BCA dan Mandiri

Membeli mobil bekas bisa jadi penyelamat dari segi keuangan karena harganya tentu tidak semahal dengan harga mobil baru. Disamping itu, mobil bekas tetap akan nyaman digunakan jika Anda mampu mendapat mobil yang berkualitas.

Jadi walaupun mobil bekas, penggunaan mobil tersebut terasa seperti mobil baru.

Salah satu tips memilih mobil bekas berkualitas adalah usahakan untuk membeli langsung dari tangan pertama. Karena dengan begitu, Anda bisa memastikan bagaimana penggunaan mobilnya selama ini. Selain dari kualitas lebih terjamin, harga juga bisa lebih hemat karena langsung dari tangan pertama.

Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas dari Tangan Pertama

1. Perhatikan Tempat Pembelian

Tips membeli mobil bekas
Images from beritasatu.com

Seperti yang disebutkan di awal bahwa memilih mobil berkualitas juga harus diketahui siapa pemiliknya. Akan jauh lebih baik jika Anda membeli langsung dari tangan pertama. Perhatikan pula tempat pembelian mobil. Meski sekarang banyak tempat yang melakukan jual beli mobil bekas, pilih yang terpercaya. Membeli mobil lewat showroom tentu lebih mahal daripada membelinya langsung dari tangan pertama atau mereka yang punya mobil.

Cari banyak info mengenai tempat jual beli mobil bekas berkualitas.
Pastikan bahwa Anda mengetahui kondisi real dari mobil itu sendiri. Mulai dari penggunaannya selama ini, perawatannya hingga kondisi mesin mobil yang berpengaruh terhadap performa mobil itu sendiri.

2. Performa Mobil

perawatan mobil
images from worldscholarshipforum.com

Menyinggung soal performa mobil memang jadi bagian terpenting jika ingin mendapat mobil bekas berkualitas. Bagian penting juga dari proses pengecekan yang harus Anda cermati. Pastikan tidak ada satupun yang
terlewat. Caranya, hidupkan mesin mobil dan perhatikan bagaimana bunyi
mesin ketika dinyalakan. Mesin mobil yang baik adalah ketika dinyalakan tidak berisik atau terdengar halus. Mobil yang masih bagus juga memiliki ciri-ciri tersendiri yaitu mudah distarter. Kemudian lakukan test drive.

Tips memilih mobil bekas berkualitas ini cukup penting. Lanjutkan untuk
oper gigi dan pastikan berjalan normal. Kalau oper gigi terasa berat,
sebaiknya kembali Anda pertimbangkan untuk membeli mobil tersebut. Jika melakukan test drive sebaiknya mengetes dengan melewati jalan yang tidak rata. Hal ini untuk mengetes kaki-kaki mobil.

3. Kelengkapan Surat-surat

Yang tak kalah penting dalam membeli mobil berkualitas adalah kelengkapan surat-surat kepemilikan. BPKB dan STNK adalah hal krusial yang wajib diperhatikan saat membeli mobil bekas. Pastikan Anda mendapat surat berkendara yang asli. Jangan lupa untuk mencermati keaslian dari surat tersebut. Sebab, sekarang ini banyak pihak yang memalsukan STNK dan BPKB agar mobil curian tetaplah laku dengan harga tinggi.

Cocokkan nama yang tertera di BPKB dan STNK dengan nama asli dari pemilik. Karena jika surat-surat tersebut asli dan lengkap maka pembeli bisa dimudahkan dalam pengurusan balik nama ataupun keperluan adminstrasi lainnya.

4. Perhatikan Aksesoris dan Interior Mobil

Aksesoris mobil yang canggih memang lebih menawan saat kita akan membeli mobil bekas. Tips memilih mobil bekas berkualitas berikutnya adalah memperhatikan bagian aksesoris dan interior yang dimilikinya. Amati bagian interior mobil apakah nyaman digunakan. Komponen aksesoris seperti di bagian dashboard, AC, karpet dan lainnya harus diperhatikan.

Duduk di jok, tarik kursi ke belakang kemudian cek juga kualitas pelapisnya. Nanti di bagian kaca juga harus diamati dengan baik. Cek tombol wiper dan kondisi buka tutup pintu mobil. Coba juga untuk megecek lampu sein, lampu depan, lampu remi serta hazard. Nyalakan radio dan perhatikan kualitas audio dari mobil tersebut.

5. Amati Eksterior Mobil

Daya tarik utama saat akan membeli mobil bekas adalah dari tampilan
eksteriornya. Setelah Anda menemukan penjual yang tepat, jangan lupa untuk mengamati bagian eksteriornya terlebih dahulu. Apakah ada lecet ada goresan pada tiap bagian body mobil. Lihat juga bagaimana kondisi catnya apakah mulus atau justru bertekstur kasar.

Perhatikan pula di bagian kaca mobil. Lihat apakah ada retakan atau pecah. Tak lupa, perhatikan di bagian lampu mobil. Anda bisa mengecek terang tidaknya lampu. Cek kondisi keempat ban mobil tersebut apakah masih bagus atau sudah aus. Selain itu, cek juga apakah ada bagian yang berkarat atau keropos.

Baca: Panduan Cara Bayar Pajak Motor Atas Nama Orang Lain, Bisa Tanpa KTP Pemilik?

6. Mengajak Teman atau Mekanik Ahli

tisp membeli mobil
gridoto.com

Cara yang satu ini sangat bermanfaat bagi Anda yang tidak terlalu mengerti
tentang seluk beluk mobil. Agar terhindar dari penipuan, Anda bisa mengajak teman atau mekanik ahli. Mereka yang akan mengetahui bagaimana kondisi real dari mobil tersebut. Tak banyak yang sadar bahwa tips memilih mobil bekas berkualitas ini tentu menguntungkan Anda karena tidak akan tertipu dengan kondisi mobil bekas.

Dengan bantuan langsung dari mekanik ahli, Anda bisa mempercayakan untuk pengecekan kepadanya. Mulai dari performa mesin, ciri mobil yang tidak pernah diservis ataupun hal-hal sepele yang ada pada mobil bisa diketahui dengan baik.

7. Tanyakan Kelengkapan Perkakas Mobil

Pengecekan mulai dari eksterior dan interior mobil memang penting. Kali ini Anda juga bisa menanyakan kelengkapan perkakas mobil atau tool kit. Tanyakan obeng dan kunci yang termasuk dari penjualan mobil tersebut. Perkakas seperti ini sangat dibutuhkan sebagai alat persediaan ketika berada di situasi darurat seperti mogok saat ditengah jalan.

Apabila Anda mendapat harga mobil include perkakas tambahan tersebut maka ini bisa menghemat pengeluaran Anda. Tanyakan detail mengenai perkakas apa saja yang Anda dapatkan saat nantinya sudah deal untuk dilakukan transaksi jual beli.

8. Tanyakan Track Record Servisnya

tips membeli mobil agar tidak tertipu
mynewshub.tv

Tips memilih mobil bekas berkualitas berikutnya adalah dengan menanyakan track record servis. Sebaiknya tidak hanya terpaku pada jarak tempuhnya saja. Tetapi, Anda bisa menanyakan bagaimana sejarah perawatannya. Jarak tempuh kendaraan bukan hal yang begitu berpengaruh. Tetapi yang paling penting adalah bagaimana mobil tersebut mendapat perawatan dari pemilik lama.

Kondisi mobil bekas tidak hanya ditentukan dari angka yang ada di spidometernya. Tetapi riwayat berkala kendaraan tersebut yang menentukan. Jika memang masih ada, Anda bisa melihat buku servis yang dimiliki. Perhatikan perawatan dan servis apa saja yang pernah dilakukan agar bisa mengetahui kualitas mobil bekas tersebut.

9. Cek Box Transmisi

panduan membeli mobil bekas bagi pemula

Mobil bekas berkualitas juga bisa Anda lihat dari box transmisi. Ketika
Anda membeli mobil bekas baik itu manual ataupun matik pastikan untuk
mengecek bagian box transmisi. Karena sebaiknya Anda menghindari pemilihan mobil bekas dengan kondisi oli bocor dari celah box transmisi.

Akhir Kata

Meski membeli mobil bekas, Anda tetap bisa mendapatkan yang
berkualitas. Hal ini tergantung dari ketelitian Anda saat mengecek tiap
bagian dari mobil tersebut. Mulai dari performa mesin, eksterior dan
interior atau bahkan kelengkapan surat-surat bekendara.

Masing-masing bagian yang harus dicek memiliki peran pentingnya sendiri. Surat berkendara yang asli tentu menunjukkan bahwa mobil tersebut bukanlah mobil curian. Sehingga memutuskan untuk membeli pun tidak akan terjadi masalah. Ingat beberapa tips memilih mobil bekas berkualitas agar tidak menjadi korban penipuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *