Jenis – Jenis Vacuum Cleaner dan Cara Pemilihannya

  • Bagikan

Anda sedang mencari penyedot debu pertama untuk dibeli dan bingung memilih jenis – jenis vacuum cleaner? Kami memiliki beberapa informasi dan juga tips mudah untuk menentukannya

Mencari informasi seputar barang yang ingin kita beli memang cukup penting sehingga kita tidak salah dalam membeli barang tersebut. Mari kita bahas secara lengkap informasi mengenai salah satu alat rumah tangga yang cukup penting ini.

Cara Memilih Vacuum Cleaner dan Penyedot Debu

Sebenarnya cara untuk memilih vacuum cleaner atau penyedot debu sangatlah mudah. Kita hanya perlu mengetahui tujuan penggunaan penyedot debu di kehidupan kita sehari – hari. Atau Anda bisa gunakan beberapa tips berikut.

1. Pilihan Harga

Pertama kita harus memiliki range harga atau budget yang ingin kita keluarkan dalam membeli perlengkapan rumah tangga satu ini. Karena banyak banyaknya jenis vacuum cleaner yang dijual di pasaran, dengan menggunakan range harga kita bisa dengan lebih mudah untuk menentukan pilihan. Setelah dikelompokkan dalam harga maka kita akan memiliki lebih sedikit pilihan untuk memutuskan.

2. Pilihan Jenis dan Tipe

Untuk faktor kedua ini sedikit lebih sulit untuk ditentukan karena saat ini ada banyak jenis dan tipe vacuum cleaner. Agar lebih jelas lagi nanti kita akan bahas secara lengkap. Jenis – Jenis vacuum cleaner terbagi menjadi beberapa bagian.

3. Brand Atau Merek

Brand merupakan salah satu faktor penentu yang bisa jadi pertimbangkan. Biasanya brand – brand populer akan lebih bisa kita andalkan, bukan berarti brand yang belum terkenal itu tidak bagus. Namun paling tidak jika ada brand – brand besar terkenal maka paling tidak Anda sudah memiliki gambaran mengenai kualitasnya.

Adapun brand – brand pembuat vacuum cleaner di Indonesia yang cukup terkenal seperti Krisbow, Koschl, dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan budget maka Anda akan mendapatkan brand yang tepat untuk Anda.

Jenis – Jenis Vacuum Cleaner

Setelah pembahasan mengenai cara pemilihan vacuum cleaner, kita akan masuk ke informasi apa saja sih jenis penyedot debu yang ada di pasaran?

1. Handled

Sebuah Vacuum cleaner yang paling umum dan klasik dimana sudah ada dari dulu. Vacuum cleaner ini sangatlah mudah kita temui dimana saja.

Kelebihan:

  • Memiliki kemampuan yang baik untuk menjangkau tempat – tempat tersembunyi
  • Sangat cocok untuk digunakan sebagai pembersih ruangan yang luas ataupun kecil seperti kamar tidur, ruang tamu, dan lain sebagainya. Ruangan kecil seperti di dalam mobil juga bisa menggunakan jenis ini.
  • Harga beragam dan bervariasi mulai dari yang murah sampai mahal

Kekurangan:

  • Vacuum ini memiliki tempat penyimpanan atau bags yang kecil
  • Terlalu banyak memakan tempat penyimpanan

2. Canister Vacuum

Dari segi harga mungkin jenis canister vacuum cleaner ini adalah salah satu yang paling terjangkau. Adapun jenis ini juga termasuk jenis klasik yang sudah juga sangat umum untuk digunakan di rumah tangga.

Kelebihan:

  • Range harga yang sangat luas mulai dari yang murah sampai mahal
  • Memiliki kemampuan yang tinggi untuk ruangan besar

Kekurangan:

  • Bentuk fisik sangat besar dan membutuhkan tempat penyimpanan yang banyak

3. Upright Vacuum Cleaner

Jenis vacuum cleaner upright ini adalah penggabungan dari Canister dan Handled, sehingga terlihat lebih simpel atau fleksibel.

Kelebihan:

  • Penggunaan untuk berbagai tujuan ruang besar dan kecil, sampai ke tempat – tempat tersembunyi.
  • Ringkas dan mudah dibawa kemana saja

Kekurangan:

  • Mungkin harga sedikit lebih mahal walaupun ada juga pilihan murah

4. Stick Vacuum Cleaner

Merasa upright vacuum masih kurang simpel ada juga nih Stick Vacuum Cleaner dimana anda bisa mendapatkan produk yang sangat simpel untuk membersihkan rumah Anda. Seperti nama yang ada Stick, penyedot debu satu ini terdiri dari sebuah tongkat yang berguna sebagai pegangan dan mesin serta penyimpan kotoran yang lebih ringkas.

Kelebihan:

  • Sangat ringkas dan mudah untuk digunakan dimana saja
  • Mudah untuk dibawa kemana saja
  • Memiliki kekuatan serta kualitas yang sama dengan jenis – jenis vacuum lain

Kekurangan:

  • Harga cukup mahal

5. Robot Vacuum Cleaner

Nah, ini dia salah satu vacuum cleaner yang populer di beberapa tahun ini yaitu robot vacuum cleaner. Bila Anda terlalu capek untuk membersihkan rumah namun tetap pengen rumah terlihat bersih maka jawabannya adalah vacuum robot. Ada banyak sekali tipe robot vacuum yang ada di pasaran dimana kita bisa secara otomatis membuat robot ini bekerja tanpa lelah.

Kelebihan:

  • Kita tidak perlu bergerak dalam membersihkan rumah karena vacuum ini diprogram untuk bekerja sendiri selama masih ada daya baterai yang bekerja
  • Memiliki kemampuan membaca sensor kotoran, pastinya lantai akan selalu bersih
  • Memudahkan pekerjaan bersih bersih lantai tanpa perlu melakukan apapun.

Kekurangan:

  • Harga sangat mahal
  • Jika bukan dari merek populer kualitasnya sangat jelek

Kesimpulan

Memilih sebuah vacuum cleaner memang pekerjaan yang cukup sulit terutama jika Anda baru pertama membelinya.

Dengan melihat beberapa informasi yang ada di atas, diharapkan Anda bisa lebih mudah dalam menentukan produk mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda. Jadi pertama tentu budget, kemudian memilih jenis vacuum, serta cari juga merk yang terpecaya seperti misalnya Krisbow.

Jadi apakah Anda sudah siap untuk memilih vacuum pertama Anda, atau Anda memiliki pendapat lain mengenai penyedot debu, boleh dong share di kolom komentar.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat Datang
Selamat Datang