Nunggu 2 Bulan, Redmi 6A Yang Bootloop Baru Bisa Hidup Lagi. Gini Kisahnya!

  • Whatsapp

Kurang lebih sekitar 2 bulanan, setelah kronologi tenggelamnya xiaomi redmi 6A yang kini dikenang untuk dijadikan sebuah pembelajaran.

Sebetulnya bukan tenggelam secara tidak sengaja, melainkan hp tersebut memang sengaja diceburkan ke kolam renang dengan tujuan “selfy didalam air”

Muat Lebih

Baca artikel sebelumnya untuk mengetahui kronologi lebih detail di link Cara Mudah Lepas Back Cover Xiaomi Redmi 6a Dengan Alat Sederhana (Dapur) Tanpa Harus ke Konter

Sedikit nostalgia, pada waktu itu adalah hari terakhir libur sekolah semester ganjil. Yang mana sehari setelah momen (terceburnya hp) itu adalah hari pertama ajaran semester genap akan dimulai.

Namanya juga pelajar, ketika sedang berada disekolah ingin libur panjang tapi apabila di rumah malah ingin cepat masuk sekolah.

Skip aja gan, Sampe Bawah kalo gak mau Baca!

Udah lama tidak update artikel, hal ini menyebabkan kemampuanku untuk menulis semakin menurun. Kosa kata yang dulu telah dikuasi dengan sangat jinak, kini satu persatu mulai hilang dari kepala ini.

Begitu juga dengan alur penulisan artikel yang biasanya bisa aku kuasai, tapi saat ini malah jadi ruwet bahkan sangat tidak enak untuk dibaca.

Dari paragraph pertama yang menjelaskan tentang hp, kemudian turun ke paragrap selanjutnya membahas libur sekolah yang kemudian di paragrap selanjutnya malah membahas seputar blog.

Jadi sebenarnya ini artikel apaan?

Pertanyaan bagus, jadi begini gan..

Apabila kita bisa karena terbiasa, sedangkan kebiasaan kita sudah mulai teralihkan atau bahkan terlupakan, apakah kita masih “bisa” melakukan kebiasaan tersebut?

Kurasa tidak, ya mungkin sebagian orang ada yang masih bisa. Tapi aku yakin, kemampuannya itu akan berkurang. Entah sedikit atau banyak.

Mau ada yang baca ataupun tidak ada sama sekali، aku akan bersikeras mempublis artikel ini. Di artikel ini aku kembali mengeluarkan kemampuan menulis/mengetik yang sudah hampir tertinggalkan.

——————————–

Tips Cara Menghidupkan Kembali HP Redmi 6A Yang Mati Suri Karena Tenggelam

Karena ini adalah pengalaman pribadi, jadi saya tidak menjamin bahwa tips ini 100% bisa berjalan mulus di agan walaupun hp nya sama. Sebaliknya, tips ini bisa work meskipun agan mempraktikannya di hp yang berbeda.

Karena tips ini bisa dipengaruhi oleh faktor “F” yaitu Face (wajah). Jadi kalau agan membaca tutorial ini dengan wajah berseri, saya doakan bisa work. Sebaliknya, kalo agan menyikapi artikel ini dengan perasaan kesal tetap saya doakan… Semoga hp nya bisa kembali normal, aamiin…

Begini tipsnya Juragan

1). Silakan buka back covernya terlebih dahulu, namun sebelum membukanya jangan lupa untuk menjabut dudukan sim dan kartu memory. Tutorial lengkapnya silakan baca artikel Cara Mudah Lepas Back Cover Xiaomi Redmi 6a Dengan Alat Sederhana (Dapur) Tanpa Harus ke Konter

2). Hal terpenting apabila hp anda kemasukan air adalah sesegelera mungkin untuk memutus sambungan kontak antara baterai dan papan sirkuit elektronik.

Berbeda pada smartphone zaman now, yang mana para produsen hp lebih memilih untuk mempatenkan baterai (nonremovable).

Jadi ketika jeroan HP kena air, kita harus membuka klem pengunci socket batre dengan obeng berukuran kecil.

Baru setelah itu kita bisa mendiamkan HP sampai kering dan biasanya butuh waktu satu hari. Tapi jika anda mempunya hairdryer, proses pengeringan bisa dipersingkat.

Itu adalah prosedur penangganan utama ketika handphone anda tercebur kedalam air. Tapi kebanyakan kasus, orang cenderung akan paning dan mengakibatkan melakukan tindakan yang membahayakan HP.

Apabila anda sudar terlanjur melakukan kesalahan sehingga menyebabkan HP menjadi matot dan bahkan konslet.

Jika Redmi 6A milik anda hanya berkedip led indikatornya saja ketika hendak dihidupkan, biasanya hp dalam keadaan aman-aman saja (pengalaman pribadi).

Sedangkan untuk mengatasi hal tersebut saya memiliki sedikit yang mungkin bisa berguna buat anda, yaitu:

  1. Pastikan HP sudah benar-benar kering
  2. Silakan charger HP kurang lebih 5 menit, karena dalam kondisi ini kita tidak bisa melihat indikator jumlah persentase batrai.
  3. Dalam keadaan HP di isi daya dan layar blank yang disertai led indikator berkedip, silakan anda tekan tombol power (daya) dan volume up (+)/down (-) secara bersamaan.
  4. Jika muncul animasi pengisian daya, selanjutnya agan bisa mencoba untuk menghidupkan HP tersebut.

Disini saya akan membeberkan sebuah kejanggalan yang dialami.
Sebelum saya melakukan hal diatas, Redmi 6A sempat masuk konter selama 1 bulan lebih. Dalam waktu selama itu sudah beberapa kali menanyakan kondisi HP tersebut, mpunya konter cuma bisa jawab belum nemu file yang cocok untuk dipasangkan pada Redmi 6A tersebut.

Tapi dia terus meyakinkan bahwa hardware yang tertanam di HP itu masih dalam keadaan baik-baik saja.

Sampai akhirnya dia angkat tangan (nyerah) karena tidak bisa memperbaiki hp tersebut.

Usut punya usut, setelah aku ambil hp tersebut niatnya mau di service ke xiaomi center. Kenapa gk dari awal aja ke CSnya? Karena yang service bukan ane :vv

Sebelum dibawa ke VS Xiaomi, Redmi 6A tersebut terlebih dahulu dibawa pulang ke rumah.

Nah dari situ lah, ketika hp sudah ada di rumah langsung aku check lagi keesokan harinya.

Dengan menggunakan cara diatas akhirnya aku berhasil menghidupkan kembali HP Redmi 6A yang mati suri…

Pegel jempol ama leher nulis ini artikel :v karena pake HP.

Asli gak ada rencana untuk bikin ini artikel, ini juga diakibatkan karena l terputusnya koneksi internet di rumah. Jadi aku paksaain buat bikin artikel.

See you next time, koneksi udah lanjay jadi aku bisa upload artikel ini sekarang juga… Berharap ada yang baca -_*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *