Perbedaan Serta Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu Berikut Test

  • Whatsapp

Cara membedakan madu asli dan palsu – Diyakini sebagai hasil alam yang memiliki banyak manfaat, terdapat banyak kandungan yang dimiliki madu. Rasa manis yang terkandung di dalam madu disebabkan oleh monosakarida fruktosa dan glukosa, sehingga memiliki cita rasa seperti gula.

Selain itu, madu juga memiliki beberapa kandungan senyawa yang dianggap berfungsi sebagai antioksidan, termasuk vitamin c, pinocembrin, katalase, pinobaksin dan chrysin.

Karena memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh, telah banyak orang yang membuktikan khasiat dan manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan.

Baca Juga:
Memperoleh Penghasilan Selain dari Google Adsense

Madu sebagai obat juga telah diyakini dalam agama islam, sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. An-Nahl ayat 69:”

“Yakhruju mim buthuunihaa syaroobum mukhtalifun alwaanuhuu fiihi syifaaa`ul lin-naas”

Artinya:
Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.

Madu tercipta dari nektar yang terdapat pada tanaman berbunga yang kemudian diambil oleh lebah pekerja untuk dijadikan madu. Nektar dikumpulkan di sarang lebah dan diproses dengan tiga tahapan.

Pertama, nektar akan bercampur dengan enzim yang dihasilkan oleh lebah, lalu nektar mengalami proses fermentasi yang kemudian selanjutnya akan menjadi madu mentah yang masih memiliki banyak kandungan airnya.

Madu memang sangat banyak peminatnya, dari kalangan anak-anak sampai lansiapun banyak yang mengkonsumsi madu karena telah terbukti manfaatnya yang sangat luar biasa.

Saking banyaknya permintaan pasar akan kebutuhan madu, sedangkan produksinya yang memang tidak dapat dipercepat maka kini banyak sekali produsen yang membuat produk madu campuran. Alhasil konsumenpun kesusahan untuk mencari madu yang benar-benar murni.

Meskipun sulit untuk menemukan madu yang murni 100% tanpa campuran gula, bukan berarti Anda tidak akan bisa menemukan madu yang asli.

Anda masih dapat menemukan madu yang asli dengan cara membeli produk yang memang sudah terbukti keasliannya, atau jika tidak ingin ribet bisa datang langsung ketempat ternaknya.

Namun, jika Anda sudah memiliki madu dan ingin mengetahui keasliannya maka bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

Jangan Tertipu, Ini Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu (Campuran)

1. Ujicoba Menggunakan Air

Ambil segelas air, kemudian masukan beberapa tetes madu kedalam air. Maka madu asli akan sulit untuk membaur dengan air dan akan tenggelam kedasar air. Berbeda dengan madu yang sudah dicampur dengan bahan lain (palsu) maka begitu dimasukan kedalam air akan mudah tercampur dan biasanya terapung, maka sudah jelas madu tersebut palsu.

2. Ujicoba Menggunakan Tisu, Kain atau Kertas.

Ambil salahsatu media (tisu, kain atau kertas) yang akan Anda gunakan untuk mengetaui keaslian madu. Teteskan madu diatas media yang Anda gunakan, maka perbedaan antara madu asli dan campuran akan terlihat jelas.

Jika itu madu asli, media yang terkena tetesan madu tidak akan terlalu basah, berbeda apabila itu madu palsu. Permukaan yang terkena tetesan madu akan membekas basahan yang luas dari air dan jika Anda menggunakan tisu seharusnya bagian yang basah akan robek atau berlubang.

3 Uji Kristalisasi

Jika Anda masih belum puas dengan 2 cara di atas, maka seharusnya cara ketiga ini bisa meyakinkan bahwa madu yang Anda miliki itu murni atau campuran.

Sebelum memulai pengujian ketiga, maka yang harus dipersiapkan adalah kulkas atau lemari es. Cara melakukan pengujiannyapun sangatlah mudah, Anda hanya tinggal memasukan madu kedalam freezer.

Lalu, bagaimana caranya melihat madu yang murni atau campuran? Mudah saja, setelah di freezer seharian coba Anda amati. Apakah madu tersebut tidak berubah wujudnya atau malah membeku? Jika wujudnya tetap sama (tidak mengkristal), maka bisa dipastikan madu tersebut adalah murni.

Namun jika sebaliknya, setelah di freezer madu yang Anda miliki tersebut membeku maka tidak ragu lagi bahwa itu adalah madu palsu (campuran).

Mitos Tentang Cara Pengujian Madu Yang Tidak Masuk Akal

1. Jangan Biarkan Semut Menjadi Penentu Keaslian Madu

Banyak yang berargumen bahwa semut bisa menentukan kemurnian madu. Jika madu yang diteteskan dalam beberapa saat kemudian dikerumuni semut, maka dipastikan itu adalah madu palsu.

Jangan percaya hal tersebut, sebagaimana yang dilansir dari wikihow.com, bahwa semut menyukai semua hal yang berbau seperti halnya madu, gula, sirup dan masih banyak lagi.

Jadi, jangan sampai Anda menguji kemurnian madu dengan menggunakan semut. Karena insting semut itu menyukai segala sesuatu yang berbau manis.

2. Mencampurkan Madu dengan Alkohol Bukanlah Tes yang Tepat.

Dipansir dari wikihow.com, beberapa sumber mengklaim bahwa mencampurkan madu palsu ke dalam spiritus atau alkohol akan melarutkan dan menghasilkan larutan susu, sedangkan madu murni akan tetap menggumpal di bagian bawah.

Sumber-sumber lain mengklaim sebaliknya! Mitos ini sudah muncul setidaknya sejak 1893, dan bahkan tidak dibenarkan oleh peternak lebah profesional pada masa itu.

Jadi, Anda jangan terkecoh dengan pengujian madu semacam ini.

Lalu, Bagaimana Cara Mendapatkan Masu Murni?

Jika Anda masih tetap ragu-ragu akan madu yang dijual oleh para distributor, maka cara agar bisa mendapatkan madu asli adalah dengan datang langsung ketempat ternaknya.

Maka tidak diragukan lagi, Anda bisa mendapatkan madu murni secara langsung. Namun beberapa peternak lebah memberi makan mereka dengan sirup buatan, sehingga mereka dapat memproduksi madu yang tidak asli kedalam sarang mereka.(wikihow.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *