Tinggal Copas! 5+ Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Lewat Whatsapp

Tinggal Copas! Berikut Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Lewat WhatsApp / WA Untuk Berbagai Situasi dan Kondisi (Sakit, Kepentingan Pribadi, Nikahan, Kematian dll) Untuk Anak PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Madrasah dsb.

Sebagai manusia yang merupakan makhluk sosial dan juga memiliki kepentingan masing-masing dalam kehidupan sehari-hari tentunya tidak lepas dari yang namanya absen dari rutinitas biasanya.

Seperti halnya seorang siswa yang terkadang memiliki gangguan ataupun keperluan mendadak sehingga tidak bisa mengikuti pembelajaran ke sekolah seperti biasanya termasuk ketika sakit.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Ucapan Untuk Sahabat Sejati

Dengan demikian tentunya kita wajib untuk memberitahu hal ini kepada pihak sekolah terlebih kepada wali kelas kita agar nantinya absensi tidak diberi alfa dan mendapat maklum atas ketidak hadiran kita.

Oleh karenya berikut ini ridpir.com telah merangkum beberapa contoh surat izin tidak masuk sekolah lewat WhatsApp / WA beserta panduan cara mengirim surat izin lewat WhatsApp yang baik dan benar agar sopan.

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Untuk cara membuat surat izin tidak masuk sekolah sangatlah mudah dan gampang, Kamu hanya perlu mengetahui unsur-unsur apa saja yang seharusnya terdapat pada sebuah surat izin.

  1. Tujuan pengiriman surat
    Tujuan pengiriman surat dimaksudkan agar surat yang kita kirimkan ke sekolah tidak salah tujuan. Apakah ke kepala sekolah, kepada wali kelas atau yang lainnya. Sebagai catatan, ketika kamu sudah menggunakan kata “Kepada” maka tidak perlu memakai kata Yth dan begitu juga sebaliknya.
    ㅤㅤ
  2. Alasan Izin
    Unsur kedua ini juga cukup penting adanya dalam surat izin tidak masuk sekolah. Sebab bagian ini lah yang menjadi penentu apakah izin kamu dimaklum atau tidak. Sehingga kamu wajib menulis alasan yang benar-benar logis.
    ㅤㅤ
  3. Tanggal dan tempat pembuatan surat
  4. Alamat tujuan
  5. Salam pembuka
  6. Kalimat pembuka surat
  7. Isi dalam surat
  8. Salam penutup surat
  9. Nama pengirim surat

Meski surat izin ini biasanya dibuat oleh pribadi, Akan tetapi surat izin dapat dikatakan sebagai surat yang resmi. Oleh karenanya dalam menulis surat izin ini sebaiknya ditulis secara jelas dan juga baku.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Lewat Whatsapp Tinggal Copas!

Berikut adalah beberapa contoh surat izin tidak masuk sekolah lwat WhatsApp yang bisa kamu gunakan dalam berbagai kondisi. Hanya saja terdapat beberapa hal yang tentunya perlu diubah dan menyesuaikan dengan kondisi kamu.

1. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Lewat Whatsapp Karena Sakit

surat izin tidak masuk sekolah
images from rokuropa.com

Menjaga kesehatan fisik agar tetap prima adalah tanggung jawab dan kewajiban kita sebagai makhluk yang berakal, Akan tetapi ada kalanya kita juga mengalami yang namanya sakit. Beritahui pihak sekolah saat kemu sedang mengalami sakit dan tidak dapat mengikuti pembelajaran seperti biasanya walaupun pembelajaran daring (online)

Tasikmalaya, 03 Oktober 2022

Dengan hormat,
Saya selaku orang tua/wali murid dari :
Nama :
Kelas :
Alamat :
NISN : (Opsional)

Ingin Memberitahukan bahwa anak kami yang bernama (Yosep) tidak dapat mengikuti pelajaran (Online) seperti biasa pada hari ini Senin, 03 Oktober 2022 dikarenakan (Sakit). Oleh karena itu, kami selaku Orangtuan ingin meminta izin pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas V agar memberikan izin.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid,

(Nama Lengkap)

2. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Lewat Whatsapp Dengan Surat Keterangan Dokter

Dalam kondisi tertentu kita diwajibkan untuk melampirkan surat keterangan sakit dari dokter saat mengirimkan surat izin tidak masuk sekolah. Berikut adalah referensi surat izin tidak masuk sekolah karena sakit lengkap dengan keterangan dari dokter

Tasikmalaya, 03 Oktober 2022
Hal : Surat Izin Sakit
Lampiran : 1 Lembar

Kepada,
Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 1 Tasikmalaya
Ditempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orang tua dari :
Nama :
Kelas :
Alamat :
NISN : (Opsional)

Dengan ini bermaksud untuk memberitahukan bahwa anak kami dengan nama (Dayat) Tidak Dapat mengikuti Pembelajaran di Kelas Dikarenakan Sakit.

Atas saran dokter, siswa tersebut diatas pun harus beristirahat total selama 3 – 7 hari Kedepan. Adapun bersama surat ini saya juga telah melampirkan surat keterangan izin dengan berfomat PDF dibawah. Demikian surat permohonan izin kami perbuat, atas perhatian Bapak/Ibu guru kami mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Kami,
Orang tua Siswa,

(Nama & tanda tangan)

3. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Lewat Whatsapp Karena Acara Keluarga

Ada kalanya kita mendapati kabar bahwa keluarga sedang mengadakan sebuah acara dan kelurga kita juga ikut hadir dalam acara tersebut dan kebetulan di hari saat kita masuk sekolah. Sehingga mau tidak mau kita izin sehari atau beberapa hari untuk tidak masuk kelas dikarenakan acara keluarga.

Berikut adalah surat yang bisa kamu buat untuk meminta izin karena terdapat acara keluarga.

Yth,
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VII
SDN 1 Tasikmalaya

Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan dibawah ini adalah Orang tua dari :
Nama :
Kelas :
NISN : (Opsional)

Bersama ini saya memberitahukan bahwa putra/i (tersebut diatas) tidak dapat menghairi proses belajar mengajak di kelas dikarenakan menghadiri prosesi akad nikah kakak kandungnya di luar kota. Demikian surat izin ini saya buat. Atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya
Orang Tua Siswa

(Nama & tanda tangan)

4. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Lewat Whatsapp Singkat

Kepada
Yth wali kelas
di tempat

Dengan hormat,
Kami selaku ortu murid ingin menyampaikan bahwa anak kami yang bernama … tidak dapat hadir kesekolah karena sakit.

Atas perhatian dan pengertiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami
Ttd
Ortu murid

Cara Mengirim Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Lewat Whatsapp atau SMS

Dalam keadaan tertentu menuulis surat izin lewat WhatsApp memang tidak ada salahnya walaupun terkesan seperti kurang sopan. Akan tetapi dalam situasi pandemi seperti saat ini siapa yang tidak dapat mentolelir hal tersebut. Meski begitu tentunya dengan tetap memperhatikan tata tertib yang baik dan juga sopan yang bisa kita lalukan saat hendak meminta izin pada guru, Dengan cara sebagai berikut:

  1. Tidak mengirimkan surat izin tengah malam pada saat orang – orang sedang beristirahat.
  2. Surat harus dikirim secepat mungkin minimal sebelum belajaran pertama dimulai. Alangkah lebih baik sebelum hari H.
  3. Jangan lupa untuk menyampaikan permohonan maaf terlebih dahulu karena telah mengganggu pihak yang dituju sebagai bentuk sopan santun dan juga kerendahan hati.
  4. Cantumkan identitas yang benar
  5. Beri alasan izin yang jelas dan tidak absurd
  6. Lebih utama menggunakan Nomor HP Orangtua untuk mengirim pesan
  7. Gunakan susunan bahasa yang benar sesuai KBBI dan Mudah dipahami serta tidak kaku.
  8. Tidak menggunakan kata singkatan ataupun istilah-istilah anak gaul.
  9. Disampaikan dalam susunan yang padat dan jelas.
  10. Saat mengakhiri surat jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih dan juga salam.

Kesimpulan

Terdapat berbagai cara yang bisa kita lakukan ketika hendak memberitahu pihak sekolat disaat kita tidak dapat mengikuti pembelajaran seperti biasanya dan salahsatunya bisa menggunakan WhatsAapp. Semoga artikel kali ini mengenai contoh surat izin tidak masuk sekolah bisa bermanfaat untuk teman-teman semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.