Jangan Sampai Jebol! ini 6 Cara Tepat Menghemat Listrik di Rumah

  • Whatsapp

Cara Tepat Menghemat Listrik – Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini masyarakat kita sudah bergantung pada listrik untuk menyongsong keberlangsungan hidup sehari-hari. Hal tersebut tentunya akan berdampak pada ketersediaan bahan bakar yang digunakan untuk menghasilkan listrik yang sering kita pakai.

Ketergantungan kita pada energi yang satu ini memang sangat besar akan pengaruh dan dampak yang dihasilkan baik itu di masa sekarang ataupun di masa yang akan datang. Hal tersebut dikarenakan sumber energi listrik diciptakan dari energi yang dihasilkan oleh bumi seperti panas bumi.

Apabila kita tidak memulai dari sekarang untuk membatasi porsi atau jatah kita dalam menggunakan listrik maka bisa dipungkiri energi yang satu ini akan cepat habis dengan sia-sia, meskipun saat ini sudah ada energy alternatif yang bisa menggantikan energi buatan.

Baca Juga: Jangan Panik! Ini Penyebab Listrik Mati tapi MCB ON (Tidak Jeglet)

Akan tetapi energi alternatif tersebut memiliki ketersediaan yang minim dan sampai saat ini belum ada perusahaan yang memproduksi energy tersebut. Jikalau ada maka harganya juga akan sangat fantastis.

Oleh karena itu mari kita mulai membiasakan diri untuk menghemat energy listrik dalam kehidupan sehari-hari melalui 6 cara dibawah ini

Cara menghemat penggunaan listrik di rumah baik listrik prabayar (token) ataupun pascabayar, 900 watt agar tidak boros listrik dan uang
kaganga.com

6 Cara Tepat Menghemat Penggunaan Listrik

1. Atur Pemakaian Alat Elektronik yang Menguras Listrik

Penggunaan alat elektronik seperti AC, Kulkas, TV, Pompa air dan alat elektronik yang lainnya hendaklah tidak terlalu berlebihan dalam artian gunakan dengan sewajarnya saja.

Ketika anda tidak sedang berada didalam rumah sebaiknya matikan beberapa alat elektronik seperti Televisi, AC atau lampu – lampu yang tidak terlalu memberikan banyak manfaat.

2. Gunakan Lampu LED

Lampu LED memiliki konsumsi daya yang sangat rendah / kecil dibandingkan dengan lampu pijar dan neon yang sudah jadul. Menggunakan lampu LED sebagai penerangan utama dirumah adalah salahsatu ide brilian untuk menghemat listrik

Ketika anda menggunakan lampu pijar berdaya 60W dengan cahaya 860 lumen maka sebanding dengan lampu LED dengan daya 9,5 watt yang akan menghasilkan cahaya 800 lumen.

Kenapa masih berpikir untuk segera migrasi ke LED?

3. Matikan Lampu yang Tidak Digunakan

Sering kali hal ini disepelekan oleh banyak orang yang kurang peduli terhadap pemakaian listrik. Matikanlah lampu yang tidak digunakan walaupun itu dimalam hari.

Beberapa titik yang bisa dibiarkan gelap dimalam hari saat anda hendak tidur adalah ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan ruangan lainnya seperti kamar tidur.

Anda bisa menggunakan lampu tidur yang minim cahaya untuk digunakan dikamar sebagai penerangan dikala anda terlelap

Baca Juga: 4 Cara Membuka Kunci TV Sharp (Lupa Password) Reset Tanpa Remote

4. Cabut Steker yang Tidak Digunakan

Membiarkan peralatan elektronik menancap pada aliran listrik adalah sebuah pemikiran yang krusial. Mengingat saat ini beberapa alat elektronik sering dibiarkan nempel begitu saja walaupun sedang tidak digunakan, salahsatunya adalah charger handphone

Melepas charger handphone saat sedang tidak digunakan dapat menghemat penggunaan listrik sampai 4 watt, terlebih saat ini penggunaan fast charging dengan daya besar sudah mulai diterapkan pada smartphone keluaran terbaru

5. Matikan Alat Elektronik Saat Tidur

Bukan hanya lampu yang harus dimatikan saat hendak tidur, beberapa alat elektronik yang lain sebaiknya juga ikut dimatikan untuk menghemat listrik.

Ketika akan tidur sebaiknya matikan televisi, kebanyakan orang sering lupa mematikan TV karena terlelap tidur setelah menonton acara kesukaannya.

Hal diatas bisa anda siasati dengan cara memberi timer pada televisi sehingga ketika timer sudah habis maka tv akan mati dengan sendirinya.

Begitu juga dengan alat elektronik yang lainnya.

6. Isi Pulsa Listrik Sebulan Sekali dan Kontrol Penggunaan

Jika rumah anda menggunakan meteran prabayar sebagai indikator dan acuan penggunaan listrik, maka penting bagi anda untuk mengisi listrik secara berkala setiap sebulan sekali.

Hal tersebut dikarenakan apabila frekuensi pengisian token listrik terlalu sering (misal semiggu sekali) maka sudah dipastikan anda telah membuang-buang uang.

Baca Juga: Cara Membuka Kunci Semua TV Lengkap!

Karena kebutuhan akan energi listrik ini sudah menjadi kebutuhan primer maka seharusya anda menyisikan sebagian uang gaji untuk keperluan yang satu ini

Ajak Keluarga Hemat Listrik

Hal terakhir untuk gerakan hemat listrik adalah dengan mengajak keluarga, teman, saudara untuk ikut serta menghemat penggunaan listrik dalam kebiasaan sehari – hari.

Percuma juga dong kalo kamu sudah menerapkan poin diatas tapi anak, istri atau suami masih saja suka boros dalam menggunakan listrik, Mari kita jaga keberlangsungan energi buatan!

Video Panduan Cara Menghemat Listrik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *