Cara Mudah Mengatur Suhu Kulkas Samsung 1, 2, 3 dan 4 Pintu + Video

Bagaimana Cara Untuk Mengatur Suhu Kulkas Samsung? Berikut adalah Panduan Mengatur Suhu Kulkas Samsung 1, 2, 3 dan 4 Pintu dengan Mudah Untuk Membuat Es Agar Cepat dingin dan hemat listrik

Belakangan ini kulkas / lemari es memang menjadi salahsatu perabotan atau barang rumah tangga yang sering kali mendapatkan perhatian atau pertimbangan untuk dibeli karena memang fungsinya yang cukup penting.

Makanan dirumah tidak dapat disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama jika hanya disimpan dilemari atau di meja dapur. Hal ini tentu akan membuat bahan makanan tersebut cepat membusuk karena temperatur udara normal pada ruangan.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatur Suhu Kulkas Polytron 1 dan 2 Pintu + Video

Sehingga kita membutuhkan kulkas / lemari es untuk berbagai keperluan dapur seperti salahsatunya menyimpan suplai atau stok persedian makanan untuk beberapa waktu kedepan.

Merk kulkas sendiri ada banyaknya yang sering kita jumpai, Seperti Sharp, Aquos, Polytron, LG, Samsung dan masih banyak lagi.

Panduan kali ini kita akan mengulas cara mengatur suhu kulkas Samsung 1 dan 2 pintu, Akan tetapi sebetulnya dapat kamu terapkan juga di merk kulkas yang lainnya karena pada dasarnya sama saja.

Cara Mengatur Suhu Kulkas Samsung 1 dan 2 Pintu

Memutar knop dan mengatur suhu pada kulkas Samsung tentu tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan tanpa tujuan. Bukan karena akan membuat kulkas cepat rusak, Akan tetapi demi tercapainya suhu maksimal dan hasil sesuai dengan yang diinginkan.

Memutar knop suhu terlalu tinggi tentu akan membuat ruangan kulkas menjadi lebih dingin dan juga listrik yang dibutuhkan juga lebih boros, Sebaliknya apabila kamu mengatur knop suhu kulkas di level yang terlalu rendah maka suhu didalam ruangan tidak akan dingin sehingga mungkin makanan yang disimpan akan lebih cepat membusuk.

Jenis kulkas ini tidak sama seperti kulkas inverter yang sudah menggunakan tombol digital untuk mengatur suhu kulkas, Jenis ulkas Samsung standar masih menggunakan knop untuk menaik turunkan suhu didalam kulkas. Jadi mengatur tinggi rendahnya suhu pada kulkas ini sangatlah mudah.

Baca Juga: 9 Referensi Dapur Minimalis Sederhana dan Modern

Berikut ini adalah panduan untuk mengatur suhu kulkas Samsung 1 dan juga 2 pintu.

1. Cara Mengatur Suhu Kulkas Samsung 1 Pintu

  • Pastikan kulkas dalam keadaan hidup
  • Buka pintu kulkas Samsung 1 pintu anda
Cara Mengatur Suhu Kulkas Samsung 1 Pintu
  • Cari knop pengatur suhu, Letaknya berada dibawah freezer
  • Silakan atur posisi knop pengatur suhu sesuai yang diinginkan. Jika knop diarahkan ke angka yang lebih kecil (Misalnya 1) maka suhu didalam kulkas tidak akan terlalu dingin. Sedangkan jika knop diputar searah jarum jam menuju ke angka 5 maka suhu didalam kulkas akan sangat dingin. Dan jika digunakan untuk membuat es akan lebih cepat.
Cara Mengatur Suhu Kulkas Samsung 1 Pintu

Baca Juga: Jangan Sampai Jebol! ini 6 Cara Tepat Menghemat Listrik di Rumah

2. Cara Mengatur Suhu Kulkas Samsung 2 Pintu

Pengaturan suhu pada kulkas Samsung 2 pintu sedikit berbeda dari kulkas Samsung yang hanya memiliki 1 pintu saja. Terdapat 2 knop pengatur pada masing-masing ruangan, Yakni ruangan atas / freezer dan knop kedua terdapat diruang bawah sama seperti kulkas Samsung 1 pintu.

Pintu Atas (Freezer)

  1. Buka terlebih dahulu pintu kulkas bagian atas.
  2. Setelah pintu terbuka akan terlihat knop pengatur suhu yang ditandai dengan angka 1 – 5. Yang mana angka 1 merupakan suhu dingin dan 5 adalah sangat dingin. Setelan suhu pabrikan dari kulkas Samsung berada ditengah-tengah (angka 3)
  3. Silakan atur knop pada posisi yang diinginkan.

Pintu Bawah

Langkahnya sama saja seperti kulkas Samsung 1 pintu, Yaitu:

  1. Buka terlebih dahulu pintu bagian bawah pada kulkas Samsung
  2. Sama saja, Terdapat knop pengatur suhu dengan rentang 1 – 5.
  3. Silakan atur posisi knop tersebut sesuai dengan yang diinginkan.

Pengaturan Suhu Kulkas Samsung Yang Benar

Dalam menggunakan kulkas tentunya kita harus selalu mempertimbangkan segala sesuatu yang berhubungan dengan komponen-komponen didalamnya demi menjaga kualitas dan keawetan lemari es yang kita punya.

Pengaturan suhu kulkas pun harus sesuai dengan yang kita butuhkan jangan sampai melebihi batas maksimal suhu dingin yang diperlukan.

Frekuensi buka tutup pintu kulkas tentunya mempengaruhi tingkat pendinginan didalam kulkas itu sendiri, Kulkas yang terlalu sering dibuka tutup akan lebih cepat lama mencapai suhu yang diinginkan, Sehingga kamu perlu sedikit meningkatkan knop ke yang lebih dingin.

Sementara pengaturan suhu kulkas poytron yang benar untuk sehari-hari adalah berada di posisi 2 ataupun 3. Pada suhu ini kulkas sudah mampu menyimpan makanan dengan lebih baik dan tentunya pemakaian listrik pun tidaklah terlalu boros.

Baca Juga: Solusi Tepat Cara Memperkuat Daya Listrik 450 Watt, Biar Gak Jeglet!

Suhu Kulkas Samsung Untuk Membuat Es Batu

Sebetulnya tidak ada patokan khusus mengenai suhu kulkas Samsung untuk membuat Es Batu, Pada kenyataannya kamu pun dapat membuat es batu menggunakan kulkas Samsung di suhu angka 2. Akan tetapi tentunya waktu yang diperlukan menjadi lebih lama.

Untuk membuat es batu di kulkas poytron agar lebih cepat kamu bisa menggunakan suhu 4 dan juga 5. Perlu waspada jika kamu mensetting knop suhu ke pengaturan yang tinggi, Selain tagihan listrik yang lebih boros lagi nantinya bunga es akan lebih cepat mengerak dibagian freezer pada kulkas Samsung kamu.

Dan juga jangan terlalu sering membuka pintu freezer yang sedang membuat es batu, hal ini agar suhu pada freezer tetap terjaga sehingga pembuatan es batu akan lebih cepat lagi.

Saran lainnya saat kamu sedang membuat es batu adalah menggunakan cetakan khusus yang dibuat untuk membuat es batu, Biasanya terbuat dari plastik keras. Jangan sampai kamu menggunakan kantong plastik, Menggunakan kantong plastik akan lebih sulit saat es batu akan diambil.

Baca Juga: Jenis – Jenis Vacuum Cleaner dan Cara Pemilihannya

Tips Agar Suhu Kulkas Tetap Dingin

Seperti yang sudah dibahas diatas bahwasannya tak hanya faktor knop suhu pada kulkas yang mempengaruhi suhu didalam kulkas tetap dingin, Tentunya terdapat faktor lainnya.

Jenis dan jumlah makanan yang tersedia didalam kulkas juga menjadi faktor pemicu kestabilan suhu kulkas, Tak hanya itu suhu udara disekitar kulkas dan rasio buka tutup pintu kulkas juga menjadi faktor lainnya.

Penyebab Kulkas Samsung Tidak Dingin

Apabila kamu sudah mengarahkan knop kulkas Samsung ke yang paling dingin akan tetapi hasilnya belum juga maksimal, Kamu bisa mempertimbangkan beberapa penyebab kulkas yang tidak dingin berikut ini:

1. Bunga Es Sudah Terlalu Tebal

Kebanyakan kasus kulkas yang tidak dapat dingin secara maksimal adalah karena bunga es yang memang sudah terlalu tebal sehingga menutupi bagian angin. Adanya lubang angin ini berfungsi dalam mendinginkan udara di dalam kulkas. Sehingga apabila kulkas sudah tidak maksimal lagi silakan periksa bunga esnya.

Cara membersihkan bunga es yang sudah menebal sangatlah mudah, Kamu hanya perlu mematikan kulkas dan membiarkan pintunya terbuka kemudian hadapkan kipas angin menyala didepannya. Cara ini tergolong sangat cepat dan efektif untuk mencarikan bunga-bunga es sehingga bagian freezer menjadi bersih kembali.

Jika bunga es sudah mencair kamu selanjutnya buanglah air yang tertampung pada laci bagian bawah freezer. Silakan bersihkan bagian dalam kulkas menggunakan lap tekstil dapur yang bersih agar air yang tersisa bisa hilang dan menimbulkan pembentukan bunga es kembali.

2. Menyimpan Makanan Panas

Sebagian dari kita pasti sering menyimpan makanan panas kedalam kulkas dengan tujuan agar cepat dingin. Akan tetapi cara ini sangat tidak baik untuk kesehatan kulkas jangka panjang. Hal ini terjadi karena suhu panas yang dihasilkan oleh makanan lebih dominan sehingga suhu disekitarnya pun akan mengikutinya.

Apabila kamu menyimpanan makanan panas dalam jumlah banyak maka akan menyebabkan suhu di dalam kulkas menurun, Hal ini karena bagian kulkas langsung berinteraksi dengan wadah makanan dengan suhu panas. Hal inilah yang menjadikan kulkas tidak dingin lagi setelah menyimpan makanan panas.

3. Stop Kontak Bermasalah

Setiap perangkat eletronik tentunya terhubung dengan stop kontak agar bisa mendapatkan sumber listrik untuk keperluannya. Namun biasanya seringkali stop kontak yang ada di rumah tidak berfungsi dengan baik seperti seharusnya.

Stop kontak yang tidak berfungsi dengan baik inilah yang akan menjadi penyebab kulkas tidak bekerja dengan maksimal sehingga suhu menjadi kurang dingin. Untuk mengecek stop kontak kamu bisa menghubungkan peralatan elektronik yang lain ke sumber listrik tersebut. Jika berfungsi dengan baik kemungkinan kabel kulkas tersebut tidak terpasang dengan baik saat dihubungkan pada stop kontak.

4. Freon

Penyebab lain yang juga sering dialami saat kulkas menjadi tidak dingin karenya adanya kebocoran pada freon atau bahkan habis. Freon adalah suatu gas atau senyawa yang dapat menghasilkan dingin pada kulkas.

Untuk memastikannya kamu dapat memegang bagian belakang kulkas yang berdekatan dengan grill kulkas. Ini merupakan bagian yang seharusnya panas, karena panas freon akan dilepas pada bagian itu. Apabila tidak terasa hangat bisa jadi freon sudah habis dan harus segera diisi kembali.

5. Periksa Keadaan Pintu Kulkas

Biasanya ketika kulkas sudah mulai terasa tidak dingin, Penyebab lainnya bisa jadi karena karet-karet yang terdapat pada pintu kulkas tersebut sudah tidak rapat lagi, Misalnya sobek. Karena dalam sehari tentu berkali-kali pintu kulkas tersebut dibuka tutup sehingga bisa menyebabkan karet pintu menjadi tidak lagi berfungsi dengan baik.

Apabila karet pada pintu kulkas tersebut tidka lagi berfungsi dengan baik, Tentunya kulkas tidak tertutup dengan sempurna dan menjadikan pintu kurang rapat. Hal inilah yang membuat udara di dalam kulkas akan keluar dan menjadikan suhu kulkas akan terasa tidak dingin lagi.

6. Knop / Thermostat Tidak Diatur

Sesuai dengan keguanaannya, Knop atau thermostat yang terdapat didalam kulkas berfungsi untuk memainkan peran penting dalam proses pendinginan yang diharapkan. Jika thermostat kulkas belum diatur atau bahkan berada pada posisi off, Tentu kulkas tidak akan bisa dingin.

7. Tegangan Listrik Tidak Stabil

Sangatlah vital apabila aliran listrik dirumah kamu tidak stabil, Tentu hal ini akan sangat berdampak terhadap kinerja dan usia terhadap perabotan elektronik yang ada dirumah, Seperti salahsatunya kulkas. Pastikan kondisi listrik di rumah kamu dalam keadaan baik sebelum kamu menggunakan peralatan elektronik.

Apabila kamu menggunakan KWh listrik prabayar, Untuk mengecek tegangan listrik bisa dengan menekan angka 41 kemudian tekan enter. Apabila tegangan berada diatas 190 volt berarti termasuk stabil, Akan tetapi jika berada dibawah 190 volt maka harus dilakukan pemeriksaan oleh teknisi PLN.

8. Evaporatur Putus

Apa jadinya jika jalur yang berfungsi menyalurkan freon yang dapat mendinginkan kulkas ini putus? Ya tentunya kulkas akan menjadi kurang dingin. Apabila rusak atau bocor, Maka freon pun tidak bisa menyebar secara maksimal. Apabila sudah seperti ini maka untuk mengatasinya bisa diganti dengan yang baru bagian evaporaturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.