29 Contoh Mad Arid Lissukun Dalam Surat Al-Baqarah Beserta Ayatnya, Lengkap!

Kita lanjut membahas perkara hukum tajwid Mad Arid Lissukun, yang mana mad aridlissukun merupakan salahsatu dari cabang mad far'i dalam ilmu tajwid. Contoh Mad Arid Lissukun dalam surat al fatihah adalah artikel yang pernah saya posting sebelumnya, dimana pada artikel tersebut saya tidak menjelaskan secara gamblang mengenai hukum mad arid lissukun. Secara definisi, Pengertian dari Mad Arid Lissukun adalah Mad Thobi’i yang di depannya terdapat huruf mati (di sukunkan karena waqaf). Tetapi, yang perlu digarisbawahi adalah, huruf matinya ini bukan huruf mati yang asli, melainkan mati karena waqaf. Nah oleh karena itu, letak Mad Arid Lissukun selalu berada di ujung bacaan atau ujung waqaf. Dari sini, tentu sudah cukup terang apa yang menjadi pengertian dari Mad Arid Lissukun. Namun, kalau pun masih samar-samar, nanti masih akan dijelaskan kembali dengan contoh-contoh pada bagian bawah artikel ini. Sehingga, tentu Anda akan lebih mudah mendapatkan gambaran utuh pengertian Mad Arid Lissukun ini. Cara membaca Mad Arid Lissukun Sampai sat ini panjang Mad Arid Lissukun masih menjadi perdebatan di kalangan ulama ahli Ilmu Tajwid. Beberapa pendapat mengatakan panjangnya sama dengan Mad Thobi’i. Ada juga yang mengatakan panjangnya 3 harakat atau satu setengah alif. Satu pendapat lain mengatakan panjangnya 4 harakat atau 2 alif. Pendapat lain juga mengatakan bahwa panjang bacaannya adalah 5 harakat atau sama dengan dua setengah alif. Pendapat lainnya lagi ada yang bahkan mengatakan panjang Mad Arid Lissukun hingga 6 harakat atau 3 alif. Di luar segala pendapat itu, hal yang paling penting adalah konsisten dalam mengambil panjang Mad Arid Lissukun. Tentu saja, ini setelah Anda paham betul pengertian, contoh, dan hukum Mad Arid Lissukun. Lalu, apa maksud konsisten dalam mengambil panjang bacaan Mad Arid Lissukun itu? Misalnya, Jika dari awal membaca Anda mengambil panjang Mad Arid Lissukun adalah 4 harakat, maka Anda juga membaca Mad Arid Lissukun dengan panjang yang sama ketika menemukan hukum bacaan ini di tempat yang lain (berbeda). Dengan begitu, bacaan Alquran Anda terdengar baik dan tidak pincang. Kembali pada panjang bacaan Mad Arid Lissukun, banyak sumber materi Ilmu Tajwid menyebutkan panjang Mad Arid Lissukun sama dengan panjang bacaan Mad Jaiz. Dan panjang bacaan Mad Jaiz sama dengan panjang bacaan Mad Wajib. Kesimpulan akhirnya, tiga Mad ini memiliki panjang bacaan sama. hukumtajwid.com contoh bacaan mad arid lissukun beserta surat dan ayatnya contoh mad arid lissukun dalam surat al-baqarah contoh mad arid lissukun huruf alif pengertian mad arid lissukun sebutkan contoh bacaan dari mad arid lissukun dalam al quran tulislah 5 contoh mad arid lissukun
Contoh Mad Arid Lissukun Dalam Surat Al-Baqarah Beserta Ayatnya, Lengkap!

Ridpir.ID – Kita lanjut membahas perkara hukum tajwid Mad Arid Lissukun, yang mana mad aridlissukun merupakan salahsatu dari cabang mad far’i dalam ilmu tajwid.

Contoh Mad Arid Lissukun dalam surat al fatihah adalah artikel yang pernah saya posting sebelumnya, dimana pada artikel tersebut saya tidak menjelaskan secara gamblang mengenai hukum mad arid lissukun.

Secara definisi, Pengertian dari Mad Arid Lissukun adalah Mad Thobi’i yang di depannya terdapat huruf mati (di sukunkan karena waqaf). Tetapi, yang perlu digarisbawahi adalah, huruf matinya ini bukan huruf mati yang asli, melainkan mati karena waqaf. Nah oleh karena itu, letak Mad Arid Lissukun selalu berada di ujung bacaan atau ujung waqaf.

Muat Lebih

Baca: Bukan Hanya Kiamat, 5 Hal Ini Juga Terjadi di Hari Jum’at. Apa Sajakah?

Dari sini, tentu sudah cukup terang apa yang menjadi pengertian dari Mad Arid Lissukun. Namun, kalau pun masih samar-samar, nanti masih akan dijelaskan kembali dengan contoh-contoh pada bagian bawah artikel ini. Sehingga, tentu Anda akan lebih mudah mendapatkan gambaran utuh pengertian Mad Arid Lissukun ini.

Cara membaca Mad Arid Lissukun

Sampai sat ini panjang Mad Arid Lissukun masih menjadi perdebatan di kalangan ulama ahli Ilmu Tajwid. Beberapa pendapat mengatakan panjangnya sama dengan Mad Thobi’i. Ada juga yang mengatakan panjangnya 3 harakat atau satu setengah alif. Satu pendapat lain mengatakan panjangnya 4 harakat atau 2 alif.

Pendapat lain juga mengatakan bahwa panjang bacaannya adalah 5 harakat atau sama dengan dua setengah alif. Pendapat lainnya lagi ada yang bahkan mengatakan panjang Mad Arid Lissukun hingga 6 harakat atau 3 alif.

Di luar segala pendapat itu, hal yang paling penting adalah konsisten dalam mengambil panjang Mad Arid Lissukun. Tentu saja, ini setelah Anda paham betul pengertian, contoh, dan hukum Mad Arid Lissukun.

Lalu, apa maksud konsisten dalam mengambil panjang bacaan Mad Arid Lissukun itu? Misalnya, Jika dari awal membaca Anda mengambil panjang Mad Arid Lissukun adalah 4 harakat, maka Anda juga membaca Mad Arid Lissukun dengan panjang yang sama ketika menemukan hukum bacaan ini di tempat yang lain (berbeda). Dengan begitu, bacaan Alquran Anda terdengar baik dan tidak pincang.

Baca: 7 Amalan ini Ringan, Namun Berpahala Besar. Yuk Amalkan

Kembali pada panjang bacaan Mad Arid Lissukun, banyak sumber materi Ilmu Tajwid menyebutkan panjang Mad Arid Lissukun sama dengan panjang bacaan Mad Jaiz. Dan panjang bacaan Mad Jaiz sama dengan panjang bacaan Mad Wajib. Kesimpulan akhirnya, tiga Mad ini memiliki panjang bacaan sama. hukumtajwid.com

Contoh Mad Arid Lissukun Dalam Al-Qur’an

Seperti yang telah disebutkan diatas, pada akhir artikel ini akan saya sediakan beberapa contoh Mad Arid Lissukun dalam Surat Al-Baqarah ayat 2-29.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *