7 Amalan ini Ringan, Namun Berpahala Besar. Yuk Amalkan

Amalan ini Ringan, Namun Berpahala Besar

Ridpir.ID – Islam memberikan kemudahan kepada pemeluknya dalam berbagai aspek, semua aturan-aturan yang ditetapkan dalam islam bukan hanya sekedar peraturan yang harus diptuhi. Tetapi aturan-aturan itu memiliki pembelajaran yang baik untuk kita terapkan dalam kehidupn sehari-hari.

Islam merupakan agama yang sangat indah, selain indah sarat masuk islam juga sangat mudah. Islam tidak membeda-bedakan pemeluknya dengan khasta, melainkan semua pemeluk islam memiliki kedudukan yang sama dimuka bumi ini.

Muat Lebih

Dalam hal ibadahpun pemeluk islam sangatlah dimudahkan, semua kegiatan sehari-hari sejatinya bisa menjadi ibadah dan mendatangkan pahala.  Banyak sekali amalan-amalan yang mudah untuk kita kerjakan tetapi masih saja banyak orang yang mengabaikannya.

Mungkin diantara kita masih banyak yang belum mengetahui tentang amal-amalan yang sederhana tetapi memiliki balasan pahala yang sangat besar. Apa sajakah ibadah itu?, diantaranya:

1. Mendatangi Masjid untuk mempelajari ilmu atau mengajarkannya.

Masjid merupakan rumah Allah, yang mana kita diperintahkan untuk memakmurkan masjid. Sehingga banyak sekali kegiatan ibadah yang dilakukan didalam masjid. Selain salat, di Masjid kita bisa melaksanakan ibadah lainnya seperti menuntut ilmu atau mengajar para santriwan santriwati, maka baginya pahala setara berangkat haji dengan sempurna. Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW

“Barang siapa yang pergi ke masjid tidak ada tujuan, kecuali untuk mempelajari kebaikan atau mengajarkannya kecuali dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang berangkat haji dengan sempurna” (HR. TABRANI)

2. Membaca Al-Qur’an

Al-Qur’an adalah sumber pentunjuk kehidupan ini, sejatinya alquran tidak bisa kita ubah isinya, namun isinya mampu mengubah hidup kita. Satu huruf yang kita baca dari al-quran maka akan mendatangkan kebaikan sepuluh kali lipat, jadi jika kita membaca sepuluh huruf saja, maka 100 kebaikan/pahala akan kita dapatkan (Asal dibarengi dengan hati yang ikhlas).

Rasulullah SAW pernah bersabda:
“Barang siapa yang membaca satu huruf dalam al-quran, maka setiap satu huruf akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan, saya tidak mengatakan ‘alif lam mim’ satu huruf. Tapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. AT-TIRMIDZI)

3. Senyum

Ternyata senyum itu bisa menjadi sedekah yang kita berikan kepada saudara kita. Jika seseorang memberi senyuman kepada kita, tentu kita akan merasa bahagia berkat senyuman yang ia berikan.

Rasulullah SAW pada laki-laki tu bisa menyebabkan pikiran dan hati laki-laki menjadi berbunga-bunga, sampai terpikirkan hingga akhirnya menjadi hayalan.

4. Menyingkirkan gangguan dari jalan

Hanya dengan menyingkirkan gangguan dijalanan, kita bisa dapat pahala dan jaminan surga. Amal ini sejatinya sangat mudah dilakukan, namun jika hati kita tidak peka terhadap gangguan itu, maka kita sering mengabaikannya.

Cobalah sesekali kerjakan amalan ini, karena tidak terlalu sulit dan juga tidak memberi beban apabila kita mengamalkannya. Ketika kita melihat ada paku dijalanan, ambilah dan buang ketempat yang aman.

Rasulullah SAW pernah bersabda, Kata Nabi SAW “Ada seorang laki-laki yang pernah berjalan mendapati ranting pohon yang jatuh ditengah jalan, maka orang tersebut mengatakan ‘Demi Allah saya akan singkirkan ranting pohon ini. Sehingga tidak menyakiti, mengganggu orang-orang islam.’ Apa kata NABI SAW ‘Dia dimasukkan ke surga’.” (HR. MUSLIM)

5. Shalawat Kepada Nabi SAW

Shalawat merupakan bentuk ibadah mengagungkan Allah Dan Rasulullah SAW. Setiap hari kita membacakan shalawat pada saat salat 5 waktu. Namun, shalawat juga memiliki banyak keutamaan dan tentunya kita harus senantiasa melantunkan shalawat.

Di akhirat nanti, shalawat yang sering kita lantunkan ini akan menjadi syafaat dan menjadi penolong ketika tidak ada lagi pertolongan, selain amal yang telah kita kerjakan. Maka bershalawatlah.

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang bershalawat kepada saya sekali shalawat, maka Allah SWT akab bershalawat kepadanya sepuluh kali lipat.” (HR. MUSLIM)

6. Menyaksikan, Shalat dan Mengantarkan Jenazah Sampai di Kuburkan

Mengurus jenazah merupakan kewajiban orang yang masih hidup, mengurus jenazah meeupakan fardu kifayah.

Jika kita ikut menyaksikan, menshalatkan dan mengantarkan jenazah sampai di kuburkan, maka kita akan mendapatkan dua Qirath.

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Siapa yang ikut shalat jenazah maka dia akan mendapatkan satu Qirath, dan siapa yang shalat jenazah kemudian ikut mengantarnya ke kuburan maka dia mendapatkan dua Qirath dikatan kepada Nabi SAW ‘Apa dua Qirath itu?’. Maka Nabi SAW mengatakan semisal dua gunung yang besar.” (HR. BUKHARI)

7. Membantu Saudara

Dalam hukum Islam, menolong adalah suatu keharusan, kita sebagai makhluk sosial pasti akan membutuhkan pertolongan disuatu saat nanti. Oleh karena itu, apabila ada saudara kita yang meminta bantuan atau pertolongan, maka seharusnya kita berusa untuk bisa membantunya.

Karena membantu saudara itu lebih baik daripada mengerjakan iqtikaf selama satu bulan di Masjid.

Rasulullah SAW pernah bersabda,”Saya berjalan untuk menolong saudara saya untuk kebutuhannya lebih baik bagi saya daripada saya iqtikaf satu bulan di Masjidku ini.” (HR. THABRANI)

Tonton Videonya Disini

Banner Pixabay.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *