Tajwid  

43 Contoh Bacaan Idgham Bilaghunnah dalam Surat An-Nisa Beserta Ayatnya

Berikut Kami Tuliskan Kumpulan Contoh Bacaan Idgham Bilaghunnah Dalam Al-Quran Surat An-Nisa Beserta Ayatnya Lengkap Dengan Cara Membaca Hukum Bacaan Idgham Bilaghunnah di Surat An-Nisa

Brainly! Hallo adik-adik sekalian, Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini kakak akan menyampaikan Contoh Bacaan Idgham Bilaghunnah yang terdapat dalam Al-Quran khususnya di Surat An-Nisa Lengkap dengan ayatnya dan juga panduan membacanya.

Sebelum ke inti bahasan kita akan membedah terlebih dahulu mengenai apa itu Idgham Bilaghunnah, apa saja huruf – huruf yang termasuk kedalam hukum bacaan Idgham Bilaghunnah dan juga beberapa contoh Idgham Bilaghunnah yang termuat pada surat An-Nisa dalam hukum nun mati maupun juga tanwin secara mendasar agar adik – adik lebih paham lagi.

Baca Juga: 11 contoh Idgham Bilaghunnah Dalam Qur’an Surat Al-Baqarah Beserta Ayat dan Suratnya

Pengertian, Huruf dan Contoh Idgham Bilaghunnah dalam Surat An-Nisa Beserta Ayatnya

Apa Itu Idgham Bilaghunnah

Pengertian Idgham menurut bahasa yaitu memasukkan atau mentasydidkan, Sementara Bilaghunnah yaitu tidak dengan dengung. Adapun pengertian menurut istilah, Idgham bilaghunnah adalah memasukkan atau mentasydidkan huruf dan cara membacanya tidak boleh disertai dengan dengung.

Apa Saja Huruf Idgham Bilaghunnah

Selanjutnya mengenai huruf yang termasuk kedalam hukum bacaan Idgham Bilaghunnah menurut ilmu tajwid hanya ada dua, Yaitu lam (ل) dan ro (ر). Dengan begitu, Sudah sangat jelas sekali apabila terdapat nun mati / sukun (نْ) maupun juga tanwin (ـًـــٍـــٌ ) bertemu dengan huruf hijaiyah lam (ل) dan ro (ر), Bunyi nun mati / tanwin tersebut dihilangkan dan langsung ditasydidkan ke huruf berikutnya yaitu lam (ل) maupun ro (ر) dengan tanpa disertai suara berdengung (ghunnah)

Baca Juga: 47+ Contoh Bacaan Idgham Bighunnah Dalam Qur’an Surah Al-Baqarah

Contoh Idgham Bilaghunnah Dalam Surat An-Nisa Beserta Ayatnya

Setelah adik – adik mengetahui secara singkat pengertian dari apa itu Idgham Bilaghunnah dan juga huruf – huruf yang termasuk kedalam hukum bacaan Idgham Bilaghunnah beserta panduan cara membaca atau melafalkannya, Berikutnya kakak akan memberikan beberapa contoh Idgham Bilaghunnah yang terdapat didalam Surat An-Nisa dari ayat 1- 176.

32 Ayat di bawah ini yang mengandung hukum bacaan Idgham Bilaghunnah di Surat An-Nisa adalah sebagai berikut:

Ayat 11

فَاِنْ لَّمْ
fa-illam

Ayat ke-11 Surat An-Nisa ini disebut sebagai hukum bacaan Idgham Bilaghunnah karena terdapat nun mati / sukun (نْ) bertemu dengan huruf lam (ل). Cara membacanya dengan menghilangkan bunyi nun mati dan menstasydidkannya ke huruf lam (ل) tanpa disertai dengung. Sehingga pelafalannya pun dibaca fa-illam.

Baca Juga 65+ Contoh Idgham Bighunnah Dalam Surat Pendek (Juz Amma)

يَكُنْ لَّهٗ
yakullahuu

Masih di ayat 11 Surat An-Nisa, Bacaan diatas disebut sebagai hukum bacaan Idgham Bilaghunnah karena terdapat nun mati / sukun (نْ) bertemu dengan huruf lam (ل). Cara membacanya dengan menghilangkan bunyi nun mati dan menstasydidkannya ke huruf lam (ل) tanpa disertai dengun. Sehingga pelafalannya pun dibaca yakullahuu.

Ayat 12

1
اِنْ لَّمْ
illam
2
يَكُنْ لَّهُنَّ
yakullahunna
3
اِنْ لَّمْ
illam
4
يَكُنْ لَّكُمْ
yakullakum

Ayat ke-12 Surat An-Nisa ini disebut sebagai hukum bacaan Idgham Bilaghunnah karena terdapat nun mati / sukun (نْ) bertemu dengan huruf lam (ل). Cara membacanya dengan menghilangkan bunyi nun mati dan menstasydidkannya ke huruf lam (ل) tanpa disertai dengung.

Baca Juga: 33 Contoh Idgham Mutajanisain di Al-Quran Beserta Surat dan Ayatnya Lengkap

Ayat 16

بًا رَّحِيْمًا
barrohiimaa

Ayat ke-16 Surat An-Nisa ini disebut sebagai hukum bacaan Idgham Bilaghunnah karena terdapat Fathah tanwin (ــًـ) bertemu dengan huruf ro (ر). Cara membacanya dengan mengubah fathah tanwin menjadi fathah dan menstasydidkannya ke huruf ro (ر) tanpa disertai dengung. Sehingga pelafalannya pun dibaca barrohiimaa.

Ayat 23

1
فَاِنْ لَّمْ
faillam
2
غَفُوْرًا رَّحِيْمًا
ghofuu-rorrohiimaa

[No 1] Ayat ke-23 Surat An-Nisa ini disebut sebagai hukum bacaan Idgham Bilaghunnah karena terdapat nun mati / sukun (نْ) bertemu dengan huruf lam (ل). Cara membacanya dengan menghilangkan bunyi nun mati dan menstasydidkannya ke huruf lam (ل) tanpa disertai dengung. Sehingga pelafalannya pun dibaca fa-illam.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Iqlab di Surat Al-Kahfi Beserta Ayatnya Lengkap

[No 2] Ayat ke-23 Surat An-Nisa ini disebut sebagai hukum bacaan Idgham Bilaghunnah karena terdapat Fathah tanwin (ــًـ) bertemu dengan huruf ro (ر). Cara membacanya dengan mengubah fathah tanwin menjadi fathah dan menstasydidkannya ke huruf ro (ر) tanpa disertai dengung. Sehingga pelafalannya pun dibaca ghofuu-rorrohiimaa.

Ayat 25

وَمَنْ لَّمْ
wamallam

Ayat ke-25 Surat An-Nisa ini disebut sebagai hukum bacaan Idgham Bilaghunnah karena terdapat nun mati / sukun (نْ) bertemu dengan huruf lam (ل). Cara membacanya dengan menghilangkan bunyi nun mati dan menstasydidkannya ke huruf lam (ل) tanpa disertai dengun. Sehingga pelafalannya pun dibaca wamallam.

Ayat 40

مِنْ لَّدُنْهُ
milladunhu

Ayat ke-40 Surat An-Nisa ini disebut sebagai hukum bacaan Idgham Bilaghunnah karena terdapat nun mati / sukun (نْ) bertemu dengan huruf lam (ل). Cara membacanya dengan menghilangkan bunyi nun mati dan menstasydidkannya ke huruf lam (ل) tanpa disertai dengun. Sehingga pelafalannya pun dibaca milladunhu.

Baca Juga: Contoh Ikhfa Dalam Surat Al-Baqarah Lengkap Dengan Ayatnya

Ayat 46

1
خَيْرًا لَّهُمْ
khoirollahum
2
وَلٰكِنْ لَّعَنَهُمُ
walaa killa-a’nahumu

[No 1] Ayat ke-46 Surat An-Nisa ini disebut sebagai hukum bacaan Idgham Bilaghunnah karena terdapat Fathah tanwin (ــًـ) bertemu dengan huruf ro (ر). Cara membacanya dengan mengubah fathah tanwin menjadi fathah dan menstasydidkannya ke huruf ro (ر) tanpa disertai dengung. Sehingga pelafalannya pun dibaca khoirollahum.

[No 2] Ayat ke-46 Surat An-Nisa ini disebut sebagai hukum bacaan Idgham Bilaghunnah karena terdapat nun mati / sukun (نْ) bertemu dengan huruf lam (ل). Cara membacanya dengan menghilangkan bunyi nun mati dan menstasydidkannya ke huruf lam (ل) tanpa disertai dengun. Sehingga pelafalannya pun dibaca walaa killa-a’nahumu.

Baca Juga: 21 Contoh Waqaf Lazim Beserta Ayat dan Suratnya dalam Al-Quran

Ayat 47

مُصَدِّقًا لِّمَا
mushoddo qollimaa

Ayat ke-47 Surat An-Nisa ini disebut sebagai hukum bacaan Idgham Bilaghunnah karena terdapat Fathah tanwin (ــًـ) bertemu dengan huruf lam (ل). Cara membacanya dengan mengubah fathah tanwin menjadi fathah dan menstasydidkannya ke huruf lam (ل) tanpa disertai dengung. Sehingga pelafalannya pun dibaca mushoddo qollimaa.

Ayat 53 – 176

Ayat 53
فَاِذًا لَّا
fa-idallaa
ل ➝ ــًـ
Ayat 64
مِنْ رَّسُوْلٍ
mirrosuulin
ر ➝ نْ
Ayat 64
بًا رَّحِيْمًا
barrohiimaa
ر ➝ ــًـ
Ayat 66
خَيْرًا لَّهُمْ
khoirollahum
ل ➝ ــًـ
Ayat 67
وَّاِذًا لَّاٰ
wa-idalla’aa
ل ➝ ــًـ
Ayat 67
مِّنْ لَّدُنَّآ
milladunnaa
ل ➝ نْ
Ayat 72
لَمَنْ لَّيُبَطِّئَنَّ
lamalla yubattianna
ل ➝ نْ
Ayat 73
كَاَنْ لَّمْ
ka-allam
ل ➝ نْ
Ayat 75
مِنْ لَّدُنْكَ
milladunngka
ل ➝ نْ
Ayat 85
يَّكُنْ لَّهٗ
yakullahuu
ل ➝ نْ
Ayat 91
فَاِنْ لَّمْ
faillam
ل ➝ نْ
Ayat 92
عَدُوٍّ لَّكُمْ
a’duwwillakum
ل ➝ ــٍـ
Ayat 96
غَفُوْرًا رَّحِيْمًا
ghofuu rorrohiimaa
ر ➝ ــًـ
Ayat 100
غَفُوْرًا رَّحِيْمًا
ghofuu rorrohiimaa
ر ➝ ــًـ
Ayat 105
تَكُنْ لِّلْخَاۤ
takulla-khoo
ل ➝ نْ
Ayat 106
غَفُوْرًا رَّحِيْمًا
ghofuu rorrohiimaa
ر ➝ ــًـ
Ayat 110
غَفُوْرًا رَّحِيْمًا
ghofuu rorrohiimaa
ر ➝ ــًـ
Ayat 129
غَفُوْرًا رَّحِيْمًا
ghofuu rorrohiimaa
ر ➝ ــًـ
Ayat 137
كُفْرًا لَّمْ
kufrollam
ل ➝ ــًـ
Ayat 152
غَفُوْرًا رَّحِيْمًا
ghofuu rorrohiimaa
ر ➝ ــًـ
Ayat 164
وَرُسُلًا لَّمْ
warusulallam
ل ➝ ــًـ
Ayat 170
مِنْ رَّبِّكُمْ
mirrobbikum
ر ➝ نْ
Ayat 170
خَيْرًا لَّكُمْ
khoirollakum
ل ➝ ــًـ
Ayat 171
خَيْرًا لَّكُمْ
khoirollakum
ل ➝ ــًـ
Ayat 172
عَبْدًا لِّلّٰ
‘abdallillaahi
ل ➝ ــًـ
Ayat 174
مِّنْ رَّبِّكُمْ
mirrobbikum
ر ➝ نْ
Ayat 176
اِنْ لَّمْ
illam
ل ➝ نْ
Ayat 176
يَكُنْ لَّهَا
yakullahaa
ل ➝ نْ
Ayat 176
اِخْوَةً رِّجَالًا
ikhwatarrijaa-laa
ر ➝ ــًـ

Video Pembelajaran

Bagi adik – adik yang ingin mengetahui lebih dalam seputar Ilmu Tajwid Hukum Idgham Bilaghunnah, Bisa menonton video dari YufidTV berikut ini. Pada video berikut ini tentu dijelaskan lebih mendetail mengenai hukum bacaan Idgham Bilaghunnah yang disampaikan oleh Ustadz Ulin Nuha Al-Hafidz.

Kesimpulan

Demikian postingan kali ini mengenai contoh hukum bacaan Idgham Bilaghunnah yang terkandung dalam Al-Quran khususnya di Surat An-Nisa yang kami sajikan beserta ayatnya lengkap dengan cara membacanya baik itu hukum Idgham Bilaghunnah nun mati maupun tanwin. Dengan adanya postingan ini kakak harap dapat membantu proses belajar adik-adik dalam mengkaji hukum bacaan yang berkaitan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.