Hukum Tajwid Surat An-Nahl Ayat 112

  • Whatsapp

Ridpir.ID – Hallo teman-teman, untuk pembahasan artikel kali ini adalah tentang hukum tajwid, yang mana hukum tajwid ini merupakan label baru di blog ini. Jadi kedepannya bakalan ada postingan tentang hukum tajwid di blog Saya ini.

Dan untuk pembahasan hukum tajwid yang pertama adalah QS. An-Nahl. Surat An-Nahl terdiri dari 128 ayat, nah untuk saat ini aku hanya menuliskan hukum tajwid yang terkandung dalam ayat 112 yang berbunyi:

Artinya :

Muat Lebih

Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezkinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk)nya mengingkari ni’mat-ni’mat Allah; karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat. Maksudnya: kelaparan dan ketakutan itu meliputi mereka seperti halnya pakaian meliputi tubuh mereka.

Hukum Tajwid Yang Terkandung Dalam QS. An-Nahl Ayat 112 Antara lain:

  1. Lam Jalalah Tafkhim
  2. Ikhfa Ab ‘ad atau adna
  3. khfa Ab ‘ad atau adna
  4. Mad Badal
  5. Idgham Bighunnah
  6. Idgham Bighunnah
  7. Gunnah Nun
  8. Idgham Bighunnah
  9. Mad Thabi’i
  10. Mad Thabi’i
  11. Idgham Bighunnah
  12. khfa Ab ‘ad atau adna
  13. Ada Kesalahan dalam penandaan teks arab (tidak ada hukum lam bertasydid) Jika teman-temn mengetahuinya mohon infonya. Terimakasih.
  14. Mad Thabi’i
  15. Ikhfa Ausath
  16. Idzhar
  17. Lam Jalalah Tarqiq
  18. Mad Thabi’i
  19. Mad Thabi’i
  20. Lam Jalalah Tafkhim
  21. Mad Thabi’i
  22. Alif Lam Qamariyah
  23. Mad Thabi’i
  24. Alif Lam Qamariyah
  25. Mad Thabi’i
  26. Mad Thabi’i
  27. Mad Thabi’i
  28. Mad Arid Lissukun

Mungkin itulah pembahasan artikel untuk pertamakalinya dalam kategori hukum tajwid, semoga artikelya bermanfaat dan menjadi referensi untuk yang masih belajar membaca Al-Qur’an. Mudah-mudahan untuk kedepannya Saya usahakan untuk lebih rajin lagi posting artikel seputar hukum tajwid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *