Unsur-Unsur, Konsep Serta Persamaan Dasar Akuntansi

  • Whatsapp

Persamaan Dasar Akuntansi – Tinggal menghitung hari nih menuju ke sekolah. Gimana persiapannya temen – temen? Buku, pulpen, penghapus, pensil udah ada belom? Biasanya yang bikin keributan di kelas nih.

Sering kecolongan lagi. Eh malah jadi inget masa SMK dulu nih. Langsung aja deh kali ini aku mau share materi lagi sambungan dari materi sebelumnya.

Muat Lebih

Kali ini beda lagi karena udah masuk mendalami akuntansi yang seutuhnya. Cie cie, kayak cinta aja. Padahal si jomblo nih mimin :v check this out ajah.

Materi Sebelumnya:

Berikut ini Adalah Tujuan Laporan Keuangan Dalam Ilmu Akuntansi Yang Perlu Kamu Ketahui

Profesi Akuntansi, Etika Profesi Akuntansi dan Pihak yang Membutuhkan Informasi Akuntansi

Perlu Diketahui! Ini Sejarah dan Pengertian Akuntansi Menurut 5 Sumber

1. Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan Dasar Akuntansi adalah sistematika pencatatan yang menggambarkan suatu hubungan yang ada pada perusahaan yaitu pengaruh transaksi pada posisi keuangan perusahaan yang meliputi harta (aktiva) dengan sumber dananya. Harta yang diperoleh dari pemilik perusahaan disebut modal (ekuitas), sedangkan harta yang diperoleh dari pihak lain disebut kewajiban (utang). Bentuk persamaan dasar akuntansi (PDA) adalah sebagai berikut :

HARTA = MODAL

Pada awal pendirian perusahaan, pemilik menyetor sejumlah dana sebagai investasi ke dalam perusahaan. Dalam perjalanannya, harta perusahaan dapat diperoleh dari pihak lain yang biasa disebut kewajiban (utang). Sehingga bentuk persamaan dasarnya menjadi :

HARTA = UTANG + MODAL

2. Unsur – Unsur Persamaan Dasar Akuntansi

  1. Harta atau Aktiva (Assets)
    Harta adalah semua kekayaan yang dimiliki suatu perusahaan baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud, yang dapat dinilai dengan uang maupun yang digunakan dalam operasional perusahaan
  2. Kewajiban atau Utang (Liability)
    Kewajiban adalah keharusan membayar kepada pihak lain yang disebabkan adanya transaksi pembelian barang atau jasa secara kredit. Utang harus disekesalikan dengan menyerahkan aktiva/harta atau sumber daya perusahaan berupa pelunasan.
  3. Modal atau Ekuitas (Equity)
    Modal adalah hak kepemilikan atas harta perysahaan yang merupaan kekayaan bersih yaitu selisih harta dengan utang. Pemberian nama akun modal tergantung jenis perusahaannya. (Prive : pengambilan uang perusahaanoleh pemilik untuk kepentingan pribadi)
  4. Pendapatan (Income/Revenue)
    Pendapatan adalah pemasukan yang akan menambah modal, akan pula menambah kas jika berbentuk tunai, tapi bila berupa piutang maka hanya akan menambah modal.
  5. Beban (Expense)
    Beban adalah pengorbanan yang dilakukan oleh perusahaan dengan tujuan untuk tetap menjalankan operasional perusahaan.

Sekian yang dapat aku post kali ini semoga bermanfaat dan jangan bosan – bosan ya belajar akuntansi. Gak ada ruginya kok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *