Tertarik, ini 18 Peluang Usaha Menjanjikan di Bulan Ramadhan 2019

  • Whatsapp

Peluang Usaha di Bulan Puasa – Tidak terasa, beberapa minggu kedepan kita sudah memasuki bulan agung yang penuh rahmat dan ampunan. Apakah kalian sudah mempersiapkannya dengan matang dan sungguh-sungguh.

Sebagian besar orang, berambisi bahwa bulan ramadhan ini merupakan bulan dengan peluang usaha yang sangat banyak dan tentunya menjanjikan.

Berhubung pembahasan kali seputar ramadhan beserta peluang usaha yang cocok dilakoni dibulan penuh ampunan ini. Oleh karena itu, kali ini saya sedikit merangkum tentang 18 peluang usaha yang menjanjikan di bulan ramadhan, silakan simak artikelnya sampai tuntas.

Muat Lebih

18 Peluang Usaha Menjanjikan di Bulan Ramadhan 2019

1. Menjual Makanan Takjil

travel.compas.com

Usaha yang satu ini merupakan salahsatu dari sekian banyak jenis usaha yang paling banyak pelakunya pada saat bulan suci ramadhan. Jadi, jika Sahabat ingin meraup keuntungan yang besar dari bisnis ini maka harus pandai-pandai dalam mengkreasikan makanan untuk takjil.

Jika kamu membuka warung makanan takjil berupa es campur, sop buah, kolak dan sejenisnya, tentu persaingannya akan sangat berat. Cobalah sedikit berkreasi

2. Usaha Makanan Paket Sahur

2. Usaha Makanan Paket Sahur

cateringjogjakarta.com

Di usaha yang kedua ini, kamu perlu bekerja secara team untuk melakoninya. Karena bisnis ini nantinya akan ada banyak pelanggan yang memesan paket makanan untuk sahur, sehingga pengerjaannyapun harus dilakukan oleh banyak orang.

Jika kamu memiliki team yang bisa diajak untuk bekerjasama , maka tidak ada salahnya untuk mencoba manjalankan bisnis ini.

3. Jual Kue Kering Untuk Hari Raya Idul Fitri

Tribunnews.com

Sebagian orang ketika akan menyambut datangnya hari raya lebaran biasanya membuat beraneka ragam makanan untuk disajikan di hari raya. Namun ada sebagiannya yang lebih memilih untuk membeli yang sudah jadi, ketimbang harus repot-repot membuat beragam kue kering.

Nah, disini ada kesempatan buat kamu yang hobi membuat kue kering, cobalah untuk sedikit berkreasi dalam membuat aneka ragam kuenya. Lalu, kamu bisa memasarkannya ke saudara-saudara terdekat dan kamu juga bisa mencoba menjualnya secara online.

4. Jasa Pembuatan Parsel Full set

instagram.com/p/BiGYhVVn-CG/

Lagi-lagi kekreatifan yang menjadi peluang usaha dibulan yang agung ini. Parsel menjadi paket makanan yang banyak diincar oleh orang-orang. Biasanya orang akan membeli parsel dijauh-jauh hari sebelum hari raya idul fitri tiba.

Kamu yang memiliki ide cemerlang dalam mengkreasikan parsel, usaha ini patut untuk dicoba karena peluangnya yang cukup lumayan rendah, ketimbang membuat makanan untuk takjil.

5. Jasa Pembuatan Ketupat Lontong

Kalau usaha yang ini maka butuh keterampilan yang biasanya diwariskan turun-temurun dari leluhurnya. Tetapi jika kamu berinisiatif ingin melakoni bisnis ini, tidak ada salahnya untuk belajar kepada orangtua-orangtua jaman dahulu.

Atau kamu bisa langsung membeli cangkang ketupat yang sudah jadi, sementara tugasmu hanya mengolahnya menjadi kerupat yang matang dan siap disajikan bersama opor ayam atau rendang ๐Ÿ™‚

6. Jasa Pembuatan Kartu Ucapan Lebaran

soocadesign.com

Bisnis yang satu ini sepertinya lebih banyak dilakoni oleh para percetakan. Karena selain membuat kartu undangan pernikahan atau khitanan, para percetakan biasanya juga melayani jasa pembuatan kartu lebaran.

Beruntung jika kamu atau orangtua mu memiliki kios percetakan, karena tidak akan sulit untuk mendapatkan pelanggan yang akan mencetak kartu untuk lebaran. Kamu juga bisa mempromosikannya melalui sosial media atau bahkan bisa beriklan di fcebok, google adword dan sebaginya.

Jika kamu memang sudah mempunyai tempat usaha percetakan, maka tidak akan terlalu banyak mengeluarkan modal.

7. Menjual Pakaian Dan Busana Muslim

mediaumat.news

Poin ke tujuh ini sepertinya sudah menjadi tradisi di masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, beberapa hari menjelang idul fitri tiba, banyak orang berkerumunan mencari pakaian dan busana muslimim untuk dikenakan di hari raya nanti.

Jadi bisnis ini bisa menjadi rekomendasi untuk kamu yang memiliki hobi dibidang fashion dan busana, cobalah untuk menjadi reseller teelebih dahulu. Dan jika hasilnya memuaskan, kamu bisa membuka usaha konveksi dengan mandiri.

8. Bisnis Jual Perlengkapan Ibadah

dimadiun.com

Sarung, pakaian busana muslim (koko) mukena, peci, kerudung menjadi incaran kaum muslimin menjelang hari raya, tetapi bukan hanya saat menjelang lebaran saja bisnis ini bisa meraup keunrungan yang besar.

Pada Ramadhanpun banyak orang yang mencari perlengkapan ibadah, biasanya mereka akan mengenakannya ketika salat tarawih

9. Menjadi Sopir Pribadi Untuk Mudik Lebaran

supir.net

Buat kamu yang bisa mengemudikan mobil dan sering berkemudi keluar kota atau ketempat-tempat yang agak jauh, sepertinya kamu cocok untuk mencoba bisnia yang satu ini.

Dan yang menjadi kendala dari bisnis yaitu kamu akan jauh dari keluarga, karena harus sopir peibadi untuk orang lain yang akan mudik. Sehingga momen lebaran bersama keluarga akan terlewatkan.

10. Jasa Bersih-Bersih Rumah

cleanmyspace.com

Menjelang hari raya idul fitri, hampir semua pegawai atau asosten rumah tangga pribadi akan mudik ke kampung halamannya. Nah, disini kamu akn peluang yang lumayan cukup besar.

Tugasmu hanyalah membersihkan rumah, tidak terlalu sulit untuk melakoni peluang usaha yang satu ini, asalkan kamu siap untuk bekerja ekstra.

11. Jualan Sepatu dan Sandal

chandigarhmetro.com

Bukan hanya pakaian dan peralatan ibadah yang menjadi incaran kaum mukmin kerika akan menjelang hari raya idul fitri. Sepatu dan sandalpun menjadi barang yang sangat banyak peminatnya dikala menjelang hari raya.

Disini kamu bisa menjadi seorang reseller yang mengambil barang (sepatu dan sandal) kemudian dijual kembali. Peluang ini tidak terlalu sulit. jika kamu punya cukup modal, maka bisa menggrosir sandal dan sepatu untuk dijual kembali.

Namun sebaliknya, jika modalmu pas-pasan, maka poin penring diatas bisa dihandalkan. Yaitu kamu menjadi seorang reseller.

Baca: Perlu Diketahui, Ini Langkah-Langkah Memulai Usaha Baru

12. Usah Jasa Rental Mobil

wartakota.tribunnews.com

Wah sepertinya peluang yang satu ini hanya bisa dilakoni oleh orang-orang yang memiliki banyak mobil.

Beruntunglahjika kamu memiliki showrom mobil misalnya, daripada mobilnya terus aja dipajang ๐Ÿ™‚ mendingan direntalin aja, karena diluar sana masih banyak orang yang ingin merental mobil (buat mudik ke kampung halaman, kan lumayan tuh. jika punya satu mobil saja, dan direntalkan selama 2 hari dengan harga 500.000 perhari misalnya, maka kita meraup rupiah 1.000.000

Dan Itu hanya baru satu monil lho, coba bayangkan kalo misal kita punya 10 unit mobil avanza. Lalu kesepuluh mobol tersebut direntalkan dengan biaya sewa 500.000 perhari. Coba berapa duit yang akan didapatkan dari rentalan 10 mobil tersebut? Kita tinggal hitung 500.000×10 mobil maka hasilnya adalah 5.000.000. dan itu jika rentalnya dalam waktu seharai, belum lagi yang 3, 4 hari atau bahkan seminggu.

Maka peluang usaha ini memang sangat menjanjikan, tetapi disamping itu itu juga banyak sekali resikonya. Ya seperti mobil dibawa kabur, pada lecet-lecet dsb..

13. Membuka Bisnis Penjualan atau Reservasi Tiket

manual.pointer.co.id

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa 1 bulan menjelang hari raya idul fitri tiba, biasanya kita kesulitan untuk mendapatkan tiket agar bisa mudik ke kampung halaman.

Nah, mumpung hari raya lebaran maaih jauh, ada satu peluang usaha yang bisa kita lakoni, yaitu menjadi reservasi (penjualan) tiket.

Sepertinya peluang yang dimaksudkan adalah menjadi seorang calo? Bukan juga, peluang diatas sepertinya sama saja dengan reseller, dimana agen ini ditugaskan untuk membantu menjual tiket (tiket kereta api, pesawat, atau kapal laut). Dan peluang ini bisa menjadi pilihan dari beberapa peluang diatas.

14. Jualan Oleh-Oleh Lebaran

bisnisukm.com

Nah, yang satu ini sepertinya cocok banget buat yang punya kios atau tempat makanan khas daerah. Biasanya, sebelum berangkat mudik orang-orang akan mencari oleh-oleh untuk sanak saudara dan keluarganya.

Jika kamu merasa ada uang lebih, maka bisa menyewa kios untuk menjajakan cemilan oleh-oleh yang sudah kamu produksi atau numpang jualan di kiosnya oranglain, pasti laku tuh…

15. Membuka Bisnis Agen Penyaluran Asisten Rumah Tangga (ART)

Seminggu atau beberapa hari menjelang idul fitri tiba, biasanya para asisten rumah tangga (ART) akan mudik ke kampung halamannya. Sehingga tuan rumah akan sedikit kerepotan untuk mengurus rumahnya sendiri tanpa bantuan asisten.

Disini ada peluang yang sangat menjanjikan buat kamu, karena mereka pasti membutuhkan asisten untuk membantu kegiatan sehari-hari dirumahnya.

Jadi, pada peluang ini kamu hanya tinggal mencari orang yang mau untuk dipekerjaan sebagai asisten rumah tangga yang akan menggantikan art sebelumnya yang sudah mudik.

Peluang ini memang agak sulit untuk dikerjakan, tetapi bilamana kamu bisa mendapatkan pengganti art disitulah pundi-pundi rumah masuk ke kantokantongmu

16. Berjualan Toples Kue Kering Lebaran

berkahkhair.com

Jika pada poin ketiga peluang usahanya berjualan kue kering, maka untuk poin ke 16 ini saya isi dengan usaha berjualan toples kue kering lebaran.

Kamu bekerjasama untuk menjalankan bisnis ini, kamu datangi para pembuat kue kering lalu ajaklah dia agar mau bekerjasama denganmu. Kamu sebagai penyuplai toples, dan dia sebagai konsumennya. Kamu bisa mendapatkan toples di pasar-pasar yang biasanya dijual secara grosir. Kamu cukup membeli sesuai dengan kebutuhan si pembuat kue kering.

Itukan sebagai reseller? Ya, nah jika kamu punya kios, maka kamu bisa berjualan toples untuk kue kering secara grosir. Maka keuntungannya juga akan lebih besar dibandingkan menjadi reseller.

17. Jualan Kurma

antarafoto.com

Buah yang satu menjadi ciri khas pada bulan ramadhan, dimana ketika takjil biasanya kurmalah yang menjadi santapan pertama setelah minum.

Berjualan kurma itu memang sangat mudah, tetapi yang sulit adalah persaingannya. Bukan hanya sepuluh duapuluh, pedagang kurma tersebar diseriap tempat. Jika kamu ingin menjalankan bisnis yang satu ini, maka carilah tempat yang ramai dan tidak ada pesaing yang lain.
.

Baca:  4 Langkah Untuk Memulai Bisnis Agar Untung Banyak

18. Jualan Buah-buahan

18. Jualan Buah-buahan

merdeka.com

Menjual buah-buahan menjadi poin terakhir dalam peluang usaha dibulan ramadhan ini. Sudah orang yang berjualan es campur, sop buah, juice dsb, disitulah kita bisa menerobos untuk dijadikan peluang usaha.

Agar omset jualan buah-buahan yang dikelola ingin terus naik, maka kamu harus memutar ide lagi. Jangan hanya menjadi penjual buah-buahan saja, cobalah untuk bekerjasama dengan penjual es campur, sop buah, juice atau bahkan rumah makan.

Disamping berjualan, kamu juga menjadi pemasok stok buah-buahan kepada penjual es campur, sop buah, juice dan rumah makan. Otomatis omset pendapatan kamu dari berjualan buah-buahan akan semakin merangkak naik.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, Mudah-mudahan artikelnya bermanfaat. Dan apabila ada kesalahan atau kekeliruan dalam isi konten, mohon untuk dimaafkan.

Banner jadiBerita.com

PENELUSURAN TERKAIT: usaha rumahan di bulan ramadhan, jualan laris di bulan puasa, makanan laris di bulan puasa, minuman yang laris di bulan puasa, usaha musiman di bulan puasa, jajanan bulan puasa paling laris, bisnis lebaran tanpa modal, usaha kecil di bulan puasa, aneka jajanan bulan puasa, bisnis menjelang lebaran yang menjanjikan, Banner jadiBerita.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 Komentar

  1. kayaknya punya peluang nih kalo bikin kue kering buat hari raya. tapi masih lama, kira-kira yang tepat apa ya buat ibu rumah tangga anak 2

    1. punya 2 anak emang lumayan cukup berat sih buat ngelakonan bisnis ini, walaupun kecil-kecilan. Apa lagi usia anaknya yang masih dini,jadi sebagai orangtua terutama ibu tentunya memiliki aktifitas yang terbatas

      Untuk saran sih saya tidak bisa menyebutkan mana yang terbaik buat bunda

  2. Dari uraian diatas, kita bisa mengambil beberapa peluang usaha yang memiliki potensi dalam diri untuk dikembangkan selanjutnya dalam dunia bisnis. Terimakasih admin, artikel yang menginspirasi