Subhanallah, 8 Pintu Surga Terbuka Bagi Yang Melakukan Ini.

  • Whatsapp

Ridpir.COM – Siapa orang di dunia ini yang tidak menginginkan surga? Tentunya semua manusia yang hidup dimuka bumi ini berharap bisa masuk surga, surga yang telah Allah janjikan kepada orang-orang beriman yang beramal saleh.

Menurut Ustadz Khalid Basalamah, ada salahsatu ibadah ringan yang apabila dikerjakan maka 8 pintu surga akan terbuka untuknya.

Dari Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Muat Lebih

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُسْبِغُ الْوَضُوءَ ثُمَّ يَقُولُ: أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُ اللهِ وَرَسُولُهُ إِلَّا فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةُ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

“Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, kemudian mengucapkan, ‘Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu’ [Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah.] Maka akan dibukakan untuknya delapan pintu surga yang bisa dia masuki dari pintu mana saja.” [HR. Muslim 234]

Baca Juga: Bukan Hanya Kiamat, 5 Hal Ini Juga Terjadi di Hari Jum’at. Apa Sajakah?

Jadi apa amalan yang dapat membukakan 8 pintu surga? Ya, jawabannya adalah menyempurnakan wudhu dan membaca ‘Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu’ (Syahadat) setelah selesai wudhu.

Jadi apa amalan yang dapat membukakan 8 pintu surga? Ya, jawabannya adalah menyempurnakan wudhu dan membaca 2 kalimat syahadat setelahnya

Sebagaimana yang telah kita ketahui, bahwa wudhu adalah kegiatan bersuci untuk menghilangkan hadats kecil. Biasanya kita melakukan wudhu ketika akan melaksanakan salat, atau melakukan ibadah-ibadah yang lain seperti membaca al-quran.

Sedikit sekali orang yang mau menjaga kesucian dirinya dengan terus berwudhu, ketika batal wudhu lagi, habis dari toilet wudhu lagi. Padahal diatas telah ditegaskan bahwa orang yang menyempurnakan wudhu dan bersyahadat setelahnya, maka akan dibukakan baginya 8 pintu surga, dan dia bisa memasukinya melalui pintu manapun yang ia kehendaki.

Begitu besar keutamaan serta pahala yang kita dapatkan apabila selalu senantiasa menyempatkan diri untuk menjaga wudhu. Terlebih lagi ketika akan hendak tidur kita disarankan untuk berwudhu terlebih dahulu.

Baca Juga: Kumpulan Hadist Tentang Cinta Dalam Islam Beserta Teks Arab dan Terjemahnya

Kalau seorang hamba tidur dalam keadaan bersuci (wudhu), maka Allah akan titipkan malaikat bersamanya di ranjangnya, yang apabila setiap kali ia bergerak malaikat itu mengatakan “Ya Allah ampunilah dia”

Balik kiri-kanan lagi tidur, kita tidak sadar malaikat minta “Ya Allah ampuni,,, ya Allah Rahmati.” Begitulah pinta malaikat kepada Allah setiap kali kita gerak (ubah posisis tidur).

Sebagaimana haditsnya:
DariAbdullah bin Umar radliyallaahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

“Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.’” (HR. Ibn Hibban 3/329. Syuaib Al-Arnauth mengatakan, Perawi hadis ini termasuk perawi kitab shahih. Hadis ini juga dinilai shahih oleh Al-Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib I/37

Keutamaan lain yang kita dapatkan dari wudhu sebelum tidur yaitu Allah akan mempermudahkan kita kalau mau tidur, mau salat malam Allah bangunin, mau salat subuh juga Allah bangunin.

Lalu Bagaimana Cara Menyempurnakan Wudhu?

Maksud dari menyempurnakan wudhu yaiu menyempurnakan tempat minimal, dan jika dilebihkan itu jauh lebih baik.

Disunnahkan dilebihkan, misal minimal tadi pergelangan tangan maka lebihkan, kemudian siku ini batas minimal, maka lebihkan sampai di lengan. Batas minimal kaki sampai mata kaki, maka lebihkan sampai ke betis.

Baca Juga: Cara Mengetahui Tanggal Lahir Hijriah Islam Dengan Sangat Mudah

Itulah yang dimaksud dengan menyempurnakan wudhu.

Nah itulah pembahasan yang saya sampaikan untuk kesempatan kali ini, artikel ini dirangkum dari tausyiah Ustazd Khalid Basalamah, jika ingin menonton videonya silakan klik disini

Baca artikel lainnya dari Ustadz Khalid Basalamah.

Banner salamdakwah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *