Bocoran Soal MID / UTS Semester 1 Kelas 4 SD / MI Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 PDF

Berikut Adalah Latihan Soal Ujian UTS / MID Semester 1 Kelas 4 SD / MI Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pilihan Ganda dan Essay Lengkap dengan Kunci Jawaban dan Link Download Soal PDF Kurikulum 2013

Brainly! Hallo adik-adik sekalian, Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini kakak akan menyampaikan materi berupa Latihan Soal Ujian UTS / MID Semester 1 Kelas 4 SD / MI Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang juga dilengkapi kunci jawabannya beserta link download soal dalam file PDF.

Sebelum ke inti bahasan dan juga Latihan Soal Ujian UTS / MID Semester 1 Kelas 4 SD / MI Mata Pelajaran Bahasa Indonesia alangkah lebih baik jika adik – adik memahami terlebih dahulu mengenai materi dari bahan ajar yang diberikan pada buku paket di sekolah agar lebih mudah untuk mengerjakan soal pilihan ganda dan juga essay dibawah.

Baca Juga: Cara Menghitung Keliling Bangun Datar Kelas 3 SD Tema 7 Halaman 155 Lengkap Dengan Kunci Jawaban

Latihan Soal Ujian UTS / MID Semester 1 Kelas 4 SD / MI Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pilihan Ganda dan Essay Beserta Kunci Jawaban

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar pada lembar jawaban yang disediakan.

Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1– 2!
Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman. Indonesia terdiri atas ribuan pulau, suku bangsa, tarian, rumah adat, bahasa, agama, serta budaya daerah yang berbeda-beda. Perbedaan ini justru menjadikan Indonesia kaya dengan keanekaragaman budaya yang membanggakan. Meskipun beraneka ragam budayanya, semua tetap bersatu dan menjunjung tinggi kerukunan bangsa.

1. Gagasan pokok dari paragraf di atas adalah ….
A. Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman
B. Meskipun beraneka ragam budayanya, semua tetap satu
C. Indonesia terdiri atas ribuan pulau dan budaya daerah yang berbeda-beda
D. Perbedaan ini justru menjadikan Indonesia kaya dengan keanekaragaman budaya

2. Jumlah gagasan pendukung dalam paragraf tersebut adalah ….
A. 2
B. 3
C. 5
D. 6

Protokol kesehatan harus selalu dipatuhi oleh seluruh warga yang ada di Indonesia. Terlebih adanya peraturan Gubernur Bali bahwa jika tidak menggunakan masker akan didenda Rp 100.000. Selain penggunaan masker, protokol kesehatan lainnya juga perlu ditindaklanjuti oleh seluruh warga masyarakat guna memutus penyebaran virus Corona (Covid 19).
3. Pokok bahasan dari teks tersebut adalah….
A. tenaga kerja
B. perhubungan
C. kesehatan
D. lingkungan hidup

4. Saat menentukan ide pokok, kamu menemukan kalimat utama pada awal paragraf. Itu berarti paragraf tersebut termasuk jenis paragraf….
A. induktif
B. inaktif
C. deduktif
D. campuran

5. Saat menentukan ide pokok, kamu menemukan kalimat utama pada akhir paragraf. Itu berarti paragraf tersebut termasuk jenis paragraf….
A. induktif C. deduktif
B. inaktif D. campuran

6. Berikut ini yang merupakan contoh kalimat informasi adalah….
A. Mintalah anak untuk belajar lebih giat.
B. Minggu ini sekolah kita akan mengadakan kerja bakti antar kelas.
C. Buanglah sampah pada tempatnya!
D. Mengapa pulpen milik Sandi tertinggal di rumah?

Bacalah penggalan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 7!
Batik merupakan salah satu kerajinan yang menjadi bagian dari budaya Indonesia. Kata Batik berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa, yaitu amba (menulis) dan titik (titik). Walaupun demikian, batik tidak hanya terdapat di daerah Jawa. Batik juga terdapat di berbagai daerah di Indonesia. Sebagai bagian dari budaya Indonesia, batik diakui dan ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO pada tanggal 02 Oktober 2009. Sejak keputusan itu, setiap tanggal 02 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional dan masyarakat Indonesia dihimbau mengenakan batik.

7. Informasi yang sesuai dengan isi teks di atas adalah ….
A. Batik hanya terdapat di daerah Jawa
B. Kata batik berasal dari bahasa Sansekerta
C. Setiap bulan November sebagai Hari Batik Nasional
D. Batik diakui dan ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO

8. Berikut yang termasuk ciri-ciri ringkasan yaitu….
A. kerangka dasar tidak tampak C. tujuannya untuk memanjangkan gagasan
B. meninggalkan urutan dasar karangan D. memangkas bacaan menjadi lebih ringkas

9. Teks yang memberikan panduan atau arahan tentang cara melakukan sesuatu disebut….
A. teks petunjuk C. landasan teori
B. teks percobaan D. laporan percobaan

Perhatikan petunjuk cara pembuatan layang-layang yang belum runtut berikut ini!
1) Menyediakan bahan
2) Merekatkan kertas pada rangka layang-layang
3) Membuat rangka layang-layang
4) Menghiasi layang-layang
10. Urutan cara membuat layang-layang yang benar adalah….
A. 1) – 2) – 3) – 4) C. 1) – 3) – 4) – 2)
B. 1) – 3) – 2) – 4) D. 1) – 2) – 4) – 3)

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!

1. Dalam sebuah paragraf terdapat … gagasan pokok.
Jawaban: satu

2. Langkah pertama yang dilakukan dalam membuat ringkasan adalah….
Jawaban: membaca bacaan

Bacalah teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 3!
Matahari merupakan sumber energi utama bagi bumi dengan jumlah yang tidak terbatas. Jika tidak ada matahari, kehidupan manusia akan musnah. Dengan menggunakan peralatan canggih yaitu sel surya maka energi matahari dapat diubah menjadi energi listrik. Jadi, energi matahari merupakan sumber energi termurah dan sifatnya tidak terbatas.

3. Sumber energi utama yang ada di bumi berasal dari….
Jawaban: matahari

4. Gagasan utama yang terletak diawal paragraf disebut paragraf?
Jawaban: induktif

5. Tujuan pembuatan teks petunjuk adalah untuk….
Jawaban: Pengguna memahami cara / langkah-langkah menggunakan / melakukan sesuatu.

III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan jelas!

Bacalah teks di bawah ini untuk mengerjakan soal nomor 1 dan 2!
Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tarian yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.

1. Apa gagasan pokok pada paragraf di atas?
Jawaban: Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tarian yang berasal dari Gowa

2. Tulislah gagasan pendukung dari paragraf di atas!
Jawaban: Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.

3. Jelaskan perbedaan antara paragraf deduktif dengan paragraf induktif!
Jawaban: Paragraf induktif adalah paragraf yang memiliki gagasan pokok terletak pada awal paragraf. Sedangkan paragraf deduktif adalah paragraf yang memiliki gagasan pokok terletak pada akhir paragraf.

4. Sebutkan langkah-langkah dalam membuat ringkasan!
Jawaban: Membaca sumber bacaan, catat gagasan Utama, menulis / menyusun ringkasan & evaluasi Ringkasan Mencatat Gagasan Utama

5. Mencuci tangan merupakan langkah mudah dan aman untuk melindungi diri dari virus COVID 19. Tulislah teks petunjuk cara mencuci tangan yang benar!
Jawaban: kebijakan guru

Video Pembelajaran Kelas 4 SD / MI Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Apabila adik – adik semua ingin mengetahui penjelasan lebih detail dari materi bahasa indonesia untuk kelas 4 SD / MI mengenai gagasan pokok dan gagasan pendukung silakan tonton video dibawah ini. Pada video ini tentunya dijelaskan lebih rinci lagi dalam bentuk visualisasi yang akan lebih mudah untuk adik – adik pahami.

Download Soal Ujian UTS / MID Semester 1 Kelas 4 SD / MI Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pilihan Ganda dan Essay Kurikulum 2013 Dalam File PDF

Setelah adik – adik mengetahui bocoran dan latihan soal UTS / MID Semester 1 kelas 4 SD Bahasa Indonesia, Berikutnya Kakak lampirkan link download soal latihan ini yang berbentuk file PDF yang dapat didownload secara gratis.

Adapun Latihan Soal UTS / MID Semester 1 Kelas 4 SD / MI ini merupakan buku yang berbentuk file atau digital, Agar bisa membuka buku ini dilakan gunakan aplikasi PDF Reader pada HP atau Laptop yang digunakan.

Disini akan di bagikan tautan atau link langsung download otomatis sehingga memudahkan dalam mengunduh Latihan Soal Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Semester 1.

Download Latihan Soal UTS / MID Kelas 4 SD / MI Pelajaran Bahasa Indonesia Pilihan Ganda & Essay Kurikulum 2013 PDF KLIK DI SINI.

Kesimpulan

Demikian postingan kali ini mengenai Soal UTS / MID Kelas 4 SD / MI Pelajaran Bahasa Indonesia. Kami menyadari bahwa semua panduan dan juga pembahasan pada artikel ini bertujuan untuk mempermudah ananda dalam mempelajari setiap materi yang diberikan di sekolah.

Namun alangkah lebih baik lagi jika orang tua selalu mendampingi dan juga memberikan solusi permasalahan dari setiap bahan ajar dan juga tugas yang diberikan oleh guru, Postingan diatas dapat menjadi pegangan orangtua dalam membimbing dan juga memberikan arahan kepada ananda.

Sehingga dengan demikian akan menjadikan ananda mampu memahami setiap materi dari bahan ajar dan juga kurikulum yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.