Perlu Diketahui! Ini Sejarah dan Pengertian Akuntansi Menurut 5 Sumber

  • Whatsapp

Sejarah, Pengertian Akuntansi – Oke gaes kita kembali lagi untuk belajar, nih aku kasih dikit materi seputar apa sih akuntansi itu? Jangan Cuma mikirnya seputar uang mulu yak :’v. Akuntansi itu luas loh. Buat kamu nih yang mau masuk SMK jurusan akuntansi atau mau masuk SMA jurusan IPS ini berguna banget. Okey check this out aja yak

Menurut para ahli ekonomi, akuntansi ada sejak manusia mengenal uang sebagi alat pembayaran yang sah. Pencatatan keluar masuknya uang, timbulnya hutang-piutang serta transaksi-transaksi lainnya dilakukan mula-mula di atas lempengan-lempengan tanah liat yang kemudian berkembang menggunakan lontar.

Muat Lebih

Naskah yang menggunakan lontar tersebut berasal dari negara Arab (Mesir). Pada waktu itu, Mesir merupakan jajahan Romawi. Setelah bangsa Mesir merasa kesulitan menggunakan angka mereka sendiri, maka kemudian mereka menggunakan angka Arab (desimal).

Evolusi akuntansi terjadi bersamaan dengan ditemukannya sistem pembukuan berpasangan (double entry) oleh para pedagang Venesia yang merupakan pedagang ulung pada zamannya. Double entry merupakan pencatatan seluruh transaksi kedalam dua aspek yaitu “Debet dan Kredit” yang orientasinya selalu dalam keadaan seimbang.

Bapak akuntansi adalah Lucas Pacioli berasal dari Prancis dan sempat menjadi guru matematika Leonardo de Vina. Beliau dijuluki The Father of Accounting. Beliau mendeskripsikan secara sederhana metode yang digunakan oleh para pedangang Venesia selama zaman Renaisance Italia. Sistemnya meliputi banyak sistem akuntansi yang kita kenal sekarang. Buku yang ditulis dan yang membahas tentang akuntansi berjudul Tractacus de Computis Et Scriptoria

Baca juga: 12 Contoh Percakapan Bahasa Inggris 2 Orang di Sekolah dan Artinya

Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penulaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi pihak pemakai informasi.
accountants-day.info

Pengertian Akuntansi

Berikut ini pengertian akuntansi menurut berbagai sumber dan pakar

1. American Accounting Association (AAA)

Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penulaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi pihak pemakai informasi.

2. American Institute of Certified Public Accountans (AICPA)

Akuntansi adalah proses pencatatan, penggolongan dan peringkasan transaksi kejadian dalam bentuk satuan uang dan penafsiran tersebut.

3. Niswonger, Fees dan Warren

Akuntansi adalah proses mengenali, mengukur dan mengkomunikasikan informasi ekonomi untuk memperoleh pertimbangan dan keputusan yang tepat oleh pemakai informasi.

4. Keputusan Menteri Keuangan RI No. 476/KMK/01/1991

Akuntansi adalah suatu proses pengumpulan, pencatatan, penganalisaan, peringkasan, pengientifikasian dan pelaporan transaksi keuangan bagi pemakai laporan untuk pengambilan keputusan.

5. Ditinjau dari segi prosedur (Seni 3M)

Akuntansi adalah teknik/seni untuk mencatat, menggolongkan. Menyimpulkan transaksi kejadian yang mempunyai sifat keuangan dalam nilai mata uang serta menganalisis hasil dari teknik tersebut.

Itulah sejarah dan pengertian akuntansi menurut beberapa sumber, semoga bisa bermanfaat buat teman-teman semua baik yang ingin memasuki dunia akuntan atau hanya sekedar menambah wawasan saja.

Banner accountants-day.info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *