Buku Besar: Penjelasan, Langkah – Langkah dan Contoh Bentuk Posting ke Buku Besar

  • Whatsapp

Penjelasan, Langkah – langkah dan Contoh Bentuk Posting ke Buku Besar – Jurnal umum maupun jurnal khusus yang kita buat tidak akan berhenti sampai disitu saja. Untuk menjadikan laporan keuangan harus melewati proses yang dinamakan posting ke buku besar.

Mungkin kegiatan yang satu ini terdengar asing. Biasanya kita mengenal posting ya untuk status di akun media sosial atau blog yang kita punya. Posting dalam akuntansi tentu lain dengan posting ke buku besar.

Memposting jurnal ke buku besar menurut modul Memproses Buku Besar  adalah proses pemindahan angka – angka dari jurnal ke buku besar (memindahkan angka – angka dan kolom debet dan kredit jurnal ke akun buku besar).

Dalam melakukan proses posting ini harus dilakukan dengan seimbang atau biasa kita sebut balance. Hal yeng perlu diingat adalah proses posting ini dilakukan sebulan hanya satu kali saja.

Baca Juga: Jurnal Pembalik: Pengertian, Ilustrasi dan Contoh Jurnal yang Dibuat

Angka dan jumlah nominal yang diposting merupakan saldo akhir tiap bulan dari akun – akun, diberi tanggal akhir bulan yang bersangkutan. Posting dilakukan setiap terjadi transaksi apabila kita menggunakan jurnal umum, sedangkan ketika kita menggunakan jurnal khusus kita hanya perlu melihat rekapitulasi jurnalnya saja.

Langkah – Langkah Posting ke Buku Besar

1. Untuk Posting ke Jurnal Umum

  • Catat tanggal akun buku besar sesuai dengan jurnal
  • Catat angka jumlah debet jurnal ke debet akun buku besar dan catat angka jumlah kredit jurnal ke kredit akun buku besar
  • Catat nomor halaman jurnal ke kolom referensi akun yang bersangkutan
  • Catat nomor kode akun yang bersangkutan ke kolom referensi jurnal

2. Untuk Posting ke Jurnal Khusus

  • Jumlahkan angka pada setiap kolom untuk masing – masing akun dan angka pada kolom serba serbi
  • Masukkan angka jumlah akn dalam jurnal khusus debet ke akun buku besar debet dan angka jumlah kredit ke akun buku besar kredit pada akhir bulan
  • Untuk akun dalam kolom serba – serbi yang diposting bukanlah jumlah angka, tetapi jumlah angka – angka akun
  • Untuk akun dalam kolom serba – serbi, berikan tanda centang (v) dibawah angka jumlah yang telah diposting

Setiap pencatatan jurnal, wajib dilakukan posting karena posting merupakan sarana yang digunakan untuk membantu kita membuat neraca saldo.

Untuk neraca saldo sendiri akan digunakan untuk penyesuaian, penutup, dan juga pembalik yang mengantarkan semua transaksi yang sudah kita rekap di jurnal menuju laporan keuangan yang sangat diperlukan bagi pihak tertentu.

Baca Juga: Jurnal Penutup: Pengertian, Siklus, Cara Penutupan dan Contohnya

Kegiatan posting ke buku besar juga berfungsi untuk koreksi apabila ada kesalahan dalam pencatatan, sehingga kegiatan ini tak boleh dilewatkan. Fungsinya posting ke buku besar juga berfungsi sebagai penanda bahwa jurnal yang kita buat dapat menuju tahapan selanjutnya.

Contoh Bentuk Posting ke Buku Besar

1. Bentuk T

Bentuk T, penjelasan dan langkah posting buku besar

2. Bentuk Dua Kolom

Bentuk Dua Kolom, penjelasan dan langkah posting buku besar

3. Bentuk Tiga Kolom

Bentuk Tiga Kolom

4. Bentuk Staffel Saldo Rangkap atau Empat Kolom

Bentuk Staffel Saldo Rangkap atau Empat Kolom

Demikian artikel tentang Penjelasan, Langkah – langkah serta Fungsi dan Contoh Bentuk Posting ke Buku Besar dalam dunia akuntansi

Nantikan update artikel selanjutnya seputar akuntansi hanya di ridpir.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *