Neraca Saldo: Pengertian, Fungsi dan Contoh Neraca Saldo Sederhana

  • Whatsapp

Pengertian, Fungsi / Tujuan, Manfaat dan Contoh Format Pembuatan Neraca Saldo Sederhana yang Mudah dibuat

Jurnal umum maupun jurnal khusus  yang kita buat sudah masuk ke buku besar. Tahapan yang harus kita lakukan adalah menyusun neraca saldo.

Pastinya ada beragam pertanyaan. Mungkinkah neraca saldo ini salah satu dari 5 laporan keuangan yang biasa disajikan? Atau neraca saldo itu ringkasan jurnal?

Buka dulu di Tab Baru Yukk!
Buku Besar: Penjelasan, Langkah – Langkah dan Contoh Bentuk Posting ke Buku Besar

Pengertian Neraca Saldo

Neraca saldo adalah suatu daftar yang terdiri dari debet dan kredit tempat mencatat secara sistematis saldo setiap akun buku besar.

Jadi, penjelasan yang telah dipaparkan mungkin masih sedikit rumit. Lebih mudahnya, neraca saldo itu berasal dari saldo akun yang berasal dari buku besar setelah adanya penambahan transaksi keuangan.

Neraca saldo tentunya sangat berbeda dengan neraca pada laporan keuangan. Neraca saldo ini hanya memuat nominal buku besar sebelum dilakukannya jurnal penyesuaian. Sedangkan neraca pada laporan keuangan itu hanya terdiri dari akun riil, yakni aktiva dan pasiva saja.

Dalam neraca saldo tidak hanya terdapat akun rill, akun nominal pun ada. Sehingga dapat disimpulkan pula neraca saldo ini merupakan ringkasan dari buku besar. Formantnya terdiri atas nomor akun, akun, debet dan kredit, serta total nominal debet kredit.

Fungsi Neraca Saldo

Fungsi neraca saldo juga sebagai kontrol dari penulisan buku besar. Kadangkala kita mungkin meletakkan nominal yang tidak seharusnya (harusnya di debet tetapi di kredit), salah input jumlah, terbalik dengan akun lainnya, dan masih banyak lagi sehingga timbul tidak seimbang/balance.

Jumlah pada akhir neraca saldo harus sama antara debet dan kredit, ketika jumlah tidak sama berarti kita harus mengoreksi kesalahan pada buku besar. Namun, jika dalam buku besar tidak ada kesalahan, kita bisa cek pada jurnal umum atau rekapitulasi jurnal yang sudah disediakan.

Artikel Banyak dibaca:
Pengertian Akun dan Macam – Macam Contohnya dalam Akuntansi

Semua siklus akuntansi harus dibuat secara urut dan tidak boleh terbalik karena fungsinya sebagai kontrol atas siklus selanjutnya. Seperti tabel di bawah ini :

fungsi dan contoh neraca saldo sederhana

Contoh Format Neraca Saldo

PT ABC
NERACA SALDO
PER 31 DESEMBER 2019

Contoh Format Neraca Saldo PT ABC, fungsi dan contoh neraca saldo sederhana

m Demikian artikel seputar neraca saldo yang dibahas secara lengkap dari mulai pengertian, fungsi / tujuan, manfaat dan contoh format neraca saldo sederhana, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan. Terus update artikel terbaru kami seputar akuntansi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *