Jurnal Pembalik: Pengertian, Ilustrasi dan Contoh Jurnal yang Dibuat

  • Whatsapp

Pengertian dan Ilustrasi Jurnal Pembalik – Setelah jurnal penutup kita buat tahapan selanjutnya sebelum memulai periode akuntansi selanjutnya adalah jurnal pembalik atau reversing entries atau bisa juga disebut sebagai reversing journal.

Jurnal pembalik biasanya dibuat pada awal tahun sebelum adanya pembukuan baru. Dalam siklus akuntansi tahapan ini bisa diperlukan maupun tidak tergantung perusahaan.

Pengertian Jurnal Pembalik

Pengertian jurnal pembalik menurut modul Pengantar Akuntansi  adalah jurnal yang digunakan untuk memindahkan akun – akun permanen (akun neraca) yang muncul pada saat penyesuaian ke akun temporer (akun laba rugi/akun nominal).

Baca Juga: Jurnal Penutup: Pengertian, Siklus, Cara Penutupan dan Contohnya

Sebenarnya jurnal pembalik adalah kebalikan dari jurnal penyesuaian. Akun maupun nominal yang dijurnal adalah sama, hanya akun yang semula dikreditkan menjadi debet pada jurnal pembalik, begitu juga akun yang didebet akan menjadi kredit pada jurnal pembalik.

Tapi, perlu diingat bahwa tidak semua jurnal penyesuaian dibalik. Akun yang dibalik adalah akun pada jurnal penyesuaian yang menimbulkan neraca baru.

Berikut adalah ilustrasi jurnal pembalik

  1. Akun biaya gaji sebelum penutupan bersaldo debet sebesar Rp. 5.000.000 dan akun pada utang gaji bersaldo nol
  2. Biaya gaji yang dibayarkan sebesar Rp. 2.500.000, yang masuk penyesuaian dan sisanya untuk utang gaji awal bulan pada tahun yang baru.
  3. Biaya gaji yang belum terbayar masuk pada jurnal pembalik tahun berikutnya.

Jurnal yang kita buat adalah sebagai berikut

Jurnal penyesuaian

Artikel tentang pengertian jurnal pembalik yang dilengkapi ilustrasi dari jurnal pembalik dan beberapa contoh referensi jurnal yang dibuat

(Sebelum jurnal pembalik ada akan diawali dengan jurnal penyesuaian yang merupakan lawan atau kebalikan dari jurnal pembalik)

Jurnal penutup

Artikel tentang pengertian jurnal pembalik yang dilengkapi ilustrasi dari jurnal pembalik dan beberapa contoh referensi jurnal yang dibuat

Setelah adanya penyesuaian maka akan ada tahap jurnal penutup agar laporan yang kita berikan sesuai dengan membuat nol saldo akun nominal. Secara mudahnya saja, kita bisa berpikir apa iya pendapatan yang kita terima masih ada di periode baru? Sedangkan dalam laporan perubahan ekuitas sudah tertera laba/ruginya yang dihasilkan

Jurnal pembalik

Jurnal ini dibuat sebagai pembalik untuk penyesuaian yang masih bisa menimbulkan neraca baru

Apabila perusahaan tidak melakukan jurnal pembalik, maka pembayaran biaya gaji akan dicatat sebagai berikut

Transaksi di atas dicatat dengan menggunakan 2 akun sekaligus karena ada akun biaya dan utang yang masih ada. Pencatatan ini bisa dilakukan di jurnal umum (bagi perusahaan kecil) maupun jurnal pengeluaran kas.

Baca Juga: Akun – Akun yang Perlu disesuaikan Dalam Jurnal Penyesuaian

Transaksi yang nantinya masuk ke jurnal pembalik adalah

  1. Utang beban yang belum terbayar lunas di periode yang lalu
  2. Persediaan habis pakai yang masih ada
  3. Pendapatan yang masih harus diterima
  4. Sewa dibayar di muka yang belum menjadi beban
  5. Pendapatan diterima di muka (pekerjaan/hasil yang belum di dikerjakan namun kita sudah mendapat hasilnya)

Sekian materi seputar jurnal pembalik semoga dapat bermanfaat dan tentunya bisa menambah pengetahuan dalam bidang akuntansi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *