Pengertian Aktiva dan Klasifikasi Menurut Konvertibilitas

  • Whatsapp

Pengertian Aktiva dan Jenis-jenisnya – Dalam laporan neraca di perusahaan terdapat 2 sisi yakni sisi aktiva dan sisi pasiva. Dimana pada sisi kanan yang merupakan aktiva atau harta dan di sisi pasiva yang di sebelah kredit  terdapat akun utang atau liabilitas dan modal atau ekuitas.

Aktiva adalah segala kekayaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan, yang dimaksud dengan kekayaan ini adalah sumber daya yang dapat berupa benda atau hak yang dikuasai dan sebelumnya diperoleh perusahaan melalui transaksi atau kegiatan masa lalu (jurnal.id)

Aktiva sendiri merupakan nama lain dari harta atau assets yang merupakan salah  unsur yang terdapat dalam laporan necara suatu perusahaan. Aktiva juga dapat menentukan kemampuan perusahaan untuk membayar utang/kewajiban, membayar deviden, dan lain- lain.

Baca Juga: Perbedaan Debet dan Kredit Dalam Ilmu Akuntansi

Akun akun – akun yang berada di sisi aktiva antara lain terdiri atas harta/aktiva lancar dan harta/aktiva tetap. Aktiva lancar adalah aktiva yang mudah dijadikan kas dalam jangka waktu yang cepat, sedangkan aktiva tetap adalah aktiva yang terdiri dari barang bergerak dan tidak bergerak maupun yang tidak berwujud.

Aktiva lancar terdiri atas berbagai akun diantaranya :

  1. Kas bank (cash in bank)
  2. Kas kecil (petty cash)
  3. Piutang dagang (account receivable)
  4. Penjualan surat berharga (marketable equity securities)
  5. Cadangan kerugian piutang (allowances for doubtfull debt)
  6. Persediaan barang dagangan (merchandise inventory)
  7. Perlengkapan (store supplies)

Aktiva tetap terdiri atas :

  1. Perlalatan (equipment)
  2. Akumulasi penyusutan peralatan (accumulated depreciation equipment)
  3. Mesin (machine)
  4. Akumulasi penyusutan mesin (accumulated depreciation machine)
  5. Gedung (building)
  6. Akumulasi penyusutan gedung (accumulated depreciation building)
  7. Tanah (land)

Aktiva sendiri terletak bersebelahan dengan pasiva. Sisi yang sebelah kanan dinamakan aktiva, sedangkan sisi yang sebelah kiri dimanakan pasiva. Hal ini akan mudah jika dilihat dengan laporan neraca pada suatu perusahaan.

Berikut adalah contoh neraca

(Sumber : zahir online blog)

Sekian dari materi yang telah dijelaskan mengenai aktiva dan mengapa disebut dengan aktiva yang juga dengan pengertian dan jenis-jenisnya. Semoga dapat bermanfaat dalam mempermudah belajar seputar ilmu akuntansi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *