Ngeblog, Kegiatan Di Waktu Luang Tapi Bisa Dapat Uang

  • Whatsapp

Ridpir.ID – Bisa menghasilkan uang hanya karena menulis artikel diblog memang bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Memang banyak sekali kegiatan diluar sana yang bisa dilakukan ketika dalam waktu luang.

Salahsatunya dengan cara menulis artikel di blog. Selain dengan terisinya waktu luang karena kegiatan blog, menulis artikel diblog juga bisa menghasilkan uang. Mau tau cara menghasilkan uang dari blog? Simak terus artikel dari blog ini ya.

Ngeblog merupakan kegiatan lazim bagi sebagian orang, bahkan ada yang menggantungkan penghasilannya kedalam blog. Banyak diantara pebisnis yang melakukan strategi bisnis online untuk meningkatkan omset penjualan online shop lewat blog. Kenapa?

Muat Lebih

Karena jika berbisnis menggunakan blog akan lebih efisien karena kita hanya perlu duduk manis sambil minum teh manis didepan komputer dan waktu yang digunakanpun sangat singkat.

Menurut informasi yang saya ketahui, blog sendiri terbagi menjadi 3 jenis. Yaitu berdasarkan platform, format isi (konten) dan tema.

Berdasarkan Platform, blog dibagi menjadi 3 yaitu :

  • Free Blog, contohnya seperti blogger, atau blogspot, wordpress, tumblr dll.
  • Self-Hosting Blog, contohnya seperti wordpress.org, joomla, drupal, dll
  • Citizen Journalism Blog, seperti kompasiana, blog detik, dll

Sedangkan Berdasarkan Format Isi (Konten) yaitu :

  1. Vlog (Video Blogging /Vlogging), yaitu blog dengan konten utama berupa video (YouTUBE).
  2. Photoblog. Disingkat Phlog yaitu blog dengan konten utama foto.
  3. Audioblog. Blog ini berisi rekaman vokal atau suara sebagai konten utama, misalnya Podcast dan MP3 blog atau musicblog, yang memungkinakan file musiknya bisa di-download.
  4. Microblog. Microblogging yaitu ngeblog dengan tulisan atau teks terbatas, di bawah 200 karakter, seperti Twitter, Facebook, MySpace, dan LinkedIn. Namun, Facebok saat ini memungkinkan Facebooker menulis status panjang, plus fasilitas Facebook Note.
  5. Niche Blog, blog ini memiliki tema khusus atau berisi topik tertentu, misalnya blog kesehatan, blog politik, dll.
  6. General Blog. blog ini biasanya berisi berbagai macam topik, tidak khusus tema tertentu.

Berdasarkan Tema :

Jenis blog berdasarkan tema sangatlah banyak, mulai dari:

  • Blog Pribadi.(berisi curhat atau catatan pribadi) termasuk blog ini.
  • Blog Politik
  • Blog Kesehatan
  • Blog Mode. (fashion blog)
  • Blog Agama
  • Blog Bisnis.(toko online)
  • Blog “Asal Ada” (dibuat tapi ‘gak diupdate-update!).

Tidak lupa juga didalam suatu blog terdapat yang namanya Artikel. Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan melalui koran, majalah, buletin, blog ,dsb. Yang bertujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur (Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia).

Sumber: Pixabay.com

Jika blog agan agan ingin cepat membuahkan hasil, tentunya blog tersebut harus memiliki artikel yang menarik dan tentunya enak untuk dibaca. Didalam penulisan sebuah artikel hal yang harus diperhatikan adalah panjang tulisan, tata bahasa dan ejaan, ringan dibaca, topik, gaya bahasa, informasi dan kutipan.

Saya juga seorang pemula dalam urusan blog bahkan saya tidak tahu banyak tentang artikel. Hanya saja saya sering berlatih membuat artikel dengan sebuah tema yang telah dipersiapkan terlebih dahulu. Semua imajinasi saya yang tertuang kedalam blog memang tidak sengaja dibuat, inspirasi inspirasi artikel itu bermunculan saat sedang tidak membuat artikel.

Biasanya saya mendapat inspirasi inspirasinya waktu disekolah terus kalo lagi perjalanan pulang pasti dapat tuh bahan artikelnya. Dan setelah sampai ke rumah saya tuangkan inspirasi tersebut menjadi sebuah artikel.

Memang membuat sebuah artikel tidak semudah membalikan telapak tangan,karena kita harus memahami isi dari judul artikel yang akan dibahas. Tetapi jika anda memiliki kreatifitas yang tinggi tidak begitu sulit untuk membuat sebuah artikel.

Dengan terbiasanya membuat sebuah artikel pasti agan agan akan lebih cepat dan menarik hasilnya yang akan membuat pengunjung jadi setia deh sama blog agan.

Mungkin hanya cukup sampai disini pembahasan blog dan Artikel kali ini, Kurang lebihnya minta maaf dan kalo ada saran komentar saja atau kirim tanggapanmu ke email [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *