Islami  

Aplikasi Cara Menghitung 40, 100 dan 1000 Hari Orang Meninggal Menurut Islam Secara Online Mudah

Berikut Kalkulator dan Cara Untuk Menghitung Selamatan 3, 7, 40 Hari, 100 Hari, Pendhak 1 (1 Tahun), Pendhak 2 (2 Tahun) dan 1000 Hari Orang Meninggal Menurut Islam dengan Sistem Online Menggunakan Aplikasi, Excel dan Manual

Terkadang kita memerlukan sebuah cara yang paling cepat untuk menghitung jatuhnya hari ke 40, 100 maupun juga 1000 harinya orang yang telah meninggal, Biasanya dalam adat jawa dan sunda sering dilakukan seperti itu.

Namun tentunya akan memakan waktu yang lebih rumit lagi apabila kita menghitungnya secara manual menggunakan kalender atau pun juga penjumlahan sederhana, Dan cara ini pula biasanya sering terjadi kesalahan dalam menghitung hari orang meninggal.

Baca Juga: Cara Mengetahui Tanggal Lahir Hijriah Islam Dengan Sangat Mudah

Oleh karenanya pada kesempatan kali ini kita akan memberikan cara yang paling mudah untuk menghitung jatuhnya hari ke 3, 7, 40, 100, 1 tahun, 2 tahun dan juga 1000 hari orang yang telah meninggal.

Cara Menghitung 3, 7, 40, 100, 1 Tahun, 1 Tahun dan 1000 Hari Orang Meninggal Online dengan dan Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara yang akan bahas kali ini adalah metode perhitungan secara otomatis menggunakan software / aplikasi yang memang dikhususkan untuk menghitung hari selamatan orang meninggal dan juga dengan metode perhitungna manual jadul yang biasa digunakan oleh orangtua dulu.

Adapun jika menggunakan aplikasi / sofware penghitung hari selamatan orang meninggal, kamu bisa menggunakan cara berikut:

1. Cara Menghitung 3, 7, 40, 100, 1 Tahun, 1 Tahun dan 1000 Hari Orang Meninggal Secara Online dan Mudah Tanpa Aplikasi

Tidak ada salah kita menggunakan teknologi yang saat ini hadir untuk lebih memudahkan keseharian dan produktifitas, Salahsatunya adalah untuk mengetahui jatuhnya hari 3, 7, 40, 100, 1 tahun, 2 tahun dan 1000 nya orang yang telah meninggal dengan hanya berbekal tanggal kematinnya saja.

Baca Juga: Kumpulan Hadist Tentang Cinta Dalam Islam Beserta Teks Arab dan Terjemahnya

Langkah – langkahnya sebagai berikut:

  • Buka terlebih dahulu situs walisongo.co.id klik disini
  • Silakan gulir kebawah sampai ditemukan Hitung Tanggal Selametan
  • Kemudian masukan tanggal, bulan dan tahun wafat orang yang dimaksud
  • Maka secara otomatis akan tampil jatuhnya hari selamatan dengan tempo 3 hari, 7 hari, 40 hari, 100 hari, pendhak 1 (1 tahun), pendhak 2 (2 tahun) dan juga 1000 harinya orang meninggal tersebut.

2. Cara Menghitung 3, 7, 40, 100, 1 Tahun, 1 Tahun dan 1000 Hari Orang Meninggal Dengan Aplikasi

Apabila kamu tidak ingin repot dan juga ribet mengunjungi website tertentu untuk menghitung ataupun juga mengetahui kapan jatuhnya hari selamatan baik itu ke 3, 7, 40, 100, 1 Tahun, 1 Tahun dan 1000 harinya orang meninggal, Maka bisa menggunakan aplikasi yang tersedia secara gratis.

Baca Juga: Perintah Menutup Aurat Bagi Kaum Perempuan Pertama Kali Diperintahkan Kepada…

Aplikasi yang bisa kita gunakan untuk perhitungan hari selamatan orang meninggal memang banyak, Akan tetapi disini kita mempunyai aplikasi yang memang cukup rekomended untuk digunakan. Nama aplikasinya adalah Hitungan Hari Kematian, Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Download terlebih dahulu aplikasi Hitungan Hari Kematian. Klik Disini
  • Setelah terdownload silakan buka aplikasi tersebut
  • Jika muncul peringatan, Silakan klik Oke
  • Langkah berikutnya masukan nama Almarhum / Almarhumah
  • Kemudian masukan juga tanggal kematiannya.
  • Langkah terakhir klik Oke
  • Maka akan muncul detail hari jatuhnya selamatan ke 3, 7, 40, 100, Pendhak 1, Pendhak 2 dan 1000 hari nya orang meninggal tersebut.

3. Cara Menghitung Selamatan Orang Meninggal Secara Manual

Adapun jika kamu ingin mengetahui metode dan cara perhitungan yang digunakan oleh orang – orang terdahulu dalam menentukan jatuhnya hari selamatan orang meninngal secara menual adalah seperti berikut:

a. Neptu untuk Hari

Minggu: 5
Senin: 4
Selasa: 3
Rabu: 7
Kamis: 8
Jumat: 6
Sabtu: 9

Baca Juga: Jangan Keliru ini Penulisan Yang Tepat Antara Salat, Solat, Shalat dan Sholat

b. Neptu untuk Hari Pasaran

Legi: 5
Paing: 9
Pon: 7
Wage: 4
Kliwon: 8

c. Neptu untuk Bulan

Sura: 7
Sapar: 2
Rabiul Awal: 3
Rabiul Akhir: 5
Jumadil Awal: 6
Jumadil akhir: 1
Rajab: 2
Ruwah: 4
Puasa: 5
Syawal: 7
Zulkaidah: 1
Besar: 3

Baca Juga: Subhanallah, Dzikir Ringan ini Setara Dengan Sedekah Ratusan Juta

d. Neptu untuk Tahun

Alip: 1
Ehe: 5
Jimawal: 3
Je:7
Dal: 4
Be: 2
Wawu: 6
Jimakir: 3

Memang agak sedikit ribet dan juga perlu pengetahuan serta pemahaman khusus jika kita ingin menggunakan perhitungan secara manual yang sering digunakan oleh orang – orang terdahulu.

Baca Juga: Bukan Hanya Kiamat, 5 Hal Ini Juga Terjadi di Hari Jum’at. Apa Sajakah?

Istilah Hari Selametan dalam Budaya Jawa

1. Hari Geblag (Hari Meninggal)

Dihari pertama meninggalnya seseorang makan akan diadakan selamatan yang sering disebut dengan Hari Geblag, Prosesi selamatan Hari Geblag meliputi kirim doa untuk orang yang meninggal dan dilaksanakan setelah prosesi pemakaman.

Selamatan ini tentunya juga dilaksanakan pada hari itu juga dan atau biasanya pada sore ataupun juga malam harinya.

Baca Juga: 7 Amalan ini Ringan, Namun Berpahala Besar. Yuk Amalkan

2. Nelung Dino (3 Harian)

Tahap berikutnya adalah Nelung Dino, Selamatan ini dilakukan paska orang meninggal tersebut sudah masuk hari ke-3 setelah meninggalkan keluarganya.

Adapun untuk penyelenggaraan Nelung Dino biasanya dilakukan pada malam hari, Yang mana untuk mengetahui perhitungannya adalah menggunakan metode lusarlu.

3. Pitung Dino / Mitung Dino (7 Harian)

Berikutnya adalah Mitung Dino. Selamatan ini adalah dimana orang meninggal tersebut sudah memasuki hari ke tujuh sejak kepergiannya.

Baca Juga: Subhanallah, 8 Pintu Surga Terbuka Bagi Yang Melakukan Ini.

4. Patangpuluh Dino / Matangpuluh Dino (40 Harian)

Adapun untuk melaksanakan selamatan 40 harian orang yang sudah meninngal, Caranya terbilang cukup banyak dan salahsatunya adalah dengan menggunakan teknik setelah 30 hari meninggal lebih sedikit paska orang tersebut wafat.

5. Satusan / Nyatus (100 Hari)

Untuk mengetahui jatuhnya hari ke 100 orang meninggal terbilang cukup mudah, Kita dapat menggunakan hitungan setelah 3 bulan orang tersebut meninggal dunia kemudian ditambah beberapa hari.

6. Mendak Pisan

Untuk memperingati Mendak Pisan, Kebanyakan proses selamatan di akan setelah 1 tahun meninggalnya almarhum. Adapun metode perhitungan yang bisa kamu gunakan adalah model rumus patsarpat (Hari ke empat, Pasaran ke 4)

Baca Juga: Download Syair I’tiraf Ilahilastulil Firdausi Ahla Berbagai Versi

7. Mendak Pindo

Sedangkan untuk Mendak Pindo adalah acara selamatan orang meninggal setelah menempuh waktu 2 tahun paska hari kematian. Biasanya waktu untuk mengetahui selamatan Mendak Pindo adalah dengan menggunakan rumus Jisarlu (Hari ke satu, Pasaran ke 3)

8. Nyewu / Sewu Dino (1000 Harian)

Tradisi Nyewu atau memperingati kematian seseorang pada hari yang ke 1000, Yang mana biasanya hal ini dilakukan kurang lebih setelah 2 tahun lebih 9 bulan dari tanggal kematian orang tersebut.

Nah pada hari itulah nantinya akan dilakukan proses selamatan yang dinamakan Nyewu dengan bertujuan untuk kirim doa bagi keluarga yang sudah meninggal.

Baca Juga: 23 Ayat Al-Qur’an Tentang Sabar Lengkap Dengan Latin dan Terjemah Bahasa Indonesia

9. Prenget-prenget/Haul

Tradisi terakhir yang akan kita bahas adalah Acara Prenget-Prenget atau pengingat waktunya untuk kirim doa. Dimana acara ini biasa dilakukan setiap tahun sesuai dengan tanggal, pasaran, wuku dan tahun geblagnya atau hari meninggalnya almarhum / almarhumah.

Menghitung Selamatan 7 40 100 1000 Hari Orang Meninggal dengan Excel

Menghitung jatuhnya hari selamatan orang meninggal menggunakan metode manual tentunya memakan lebih banyak waktu dikarenakan kita melakukan kalkulasi secara manual menggunakan metode perhitungan jawa maupun juga menghitung tanggal di Kalender.

Cara Menghitung Selamatan 7, 40, 100, 1 Tahun maupun juga 1000 hari orang meninggal akan lebih mudah menggunakan aplikasi Excel di komputer / laptop. Adapun rumus serta cara mengoperasikan microsoft excel untuk menemukan hari selamatan sudah tertera pada video dibawah ini:

1000 Hari Orang Meninggal Berapa Bulan?

jika kita menghitung secara keseluruhan dari waktu pertama kali meninggal sampai dengan mencapai 1000 hari maka dibutuhkan waktu selama kurang lebih 33 bulan kurang 10 hari. Jika mengakumulasikan setiap bulan nya adalah 30 hari. Namun hitungan ini tidak akan akurat.

1000 Hari Orang Meninggal Berapa Tahun?

Adapun jika menghitung waktu almarhum berdasarkan tahun, Sehingga untuk mencapai waktu 1000 hari maka dibutuhkan kurang lebih sekitar 3 tahun kurang 95 hari. Apabila kita menggenapkan satu tahun itu adalah 365 hari. Sama seperti diatas, hitungan ini tidak akan akurat

Berikut tadi adalah proses atau tahap untuk memperingati atau acara selamatan bagi oang yang sudah meninggal dunia bagi masyarakat jawa. Ditempat lain mungkin saja ada yang berbeda, Namun berbeda dari segi penamaannya seperti yang ada di Masyarakat Sunda.

Harapannya dengan diadakan acara atau pun selamatan kirim doa tersebut dapat meringankan dosa bagi yang sudah meninggal mampu mendapatkan tempat terbaik di alam kelanggenan, Alam abadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *