Khusus Seller! Cara Agar 1 KTP Bisa digunakan Dibanyak Akun Shopee Untuk Aktifkan Gratis Ongkir

  • Bagikan

Panduan / Cara Agar 1 Data KTP Bisa digunakan Dibanyak Akun Shopee Untuk Mengaktifkan Program Gratis Ongkir Ekstra

Sebagai penjual / seller di marketplace yang mempunyai slogan ‘Gratis Ongkir’ tersebut, kadang kita ingin mempunyai beberapa toko yang nantinya akan digunakan untuk menjual barang yang berbeda. Dan sangat tidak mungkin jika harus digabung disatu toko yang sama.

Membuat toko baru di shopee juga tidak terlalu rumit, Kita hanya membutuhkan nomor HP yang aktif dan satu email yang nantinya digunakan untuk melengkapi proses registrasi.

Baca Juga: Cara Mengisi Alamat Toko dan Tujuan Pengiriman di Shopee yang Benar

Namun, kendala lain muncul saat kita membuat toko baru di shopee dan hendak mengaktifkan program gratis ongkir. Yang mana dengan adanya gratis ongkir di toko kita, maka calon pembeli akan lebih tertarik (interest) dan menjadi nilai lebih terhadap produk yang kita jual.

Akan tetapi, syarat untuk mengaktifkan program gratis ongkir sendiri adalah dengan menggunakan data di KTP yang kita miliki. Sehingga jika kita ingin membuat toko baru dan hendak mengaktifkan program gratis ongkir pasti bertanya-tanya. Apakah KTP yang sudah didaftarkan di toko sebelumnya bisa digunakan kembali di toko baru?

Berikut jawabannya:

Menggunakan 1 KTP di 2 akun Shopee Untuk Seller / Penjual

Sebagai sesama penjual dan seller di marketplace shopee, Saya juga demikian pernah mengalami keadaan seperti diatas. Sehingga hal tersebut membuat saya berinisiatif untuk menghubungi pihak shopee menggunakan fitur live chat yang berada di aplikasi shopee itu sendiri.

Kebetulan yang membalas chat saya saat itu adalah kak Ayun, Beliau menjelaskan bahwa kita bisa menggunakan satu KTP untuk mengaktifkan program gratis di dua akun yang berbeda.

Panduan / Cara Agar 1 Data KTP Bisa digunakan Dibanyak Akun Shopee Untuk Mengaktifkan Program Gratis Ongkir Ekstra

Akan tetapi beliau juga memberikan saran bahwa alangkah baiknya kita hanya menggunakan satu KTP untuk satu akun toko saja. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kendala saat verifikasi data maupun proses transaksi. Bisa kitakan juga maksud beliau adalah untuk mencegah terjadinya duplikat data di database shopee yang tentu akan menghambat proses transaksi.

Namun hal ini menimbulkan rasa penasaran, Sehingga pada akhirnya saya mencoba untuk mengaktifkan gratis ongkir di toko kedua menggunakan KTP yang sama dengan toko saya yang pertama.

Dan ternyata bisa, Toko yang baru saja dibuat bisa langsung terdaftar di program gratis ongkir dengan menggunakan KTP yang sebelumnya pernah digunakan.

Meskipun cara ini berhasil dan telah saya coba, Tapi saya sendiri tidak menyarankan teman-teman untuk mencobanya.

Takutnya, dikemudian hari (jangka panjang) akan terdapat masalah mengenai hal ini. Sehingga nantinya dapat mengganggu eksistensi dan performa toko yang telah dibuat susah payah tersebut.

Memang terdapat cara yang biasa digunakan oleh kebanyakan seller shopee agar mereka dapat membuat beberapa akun toko dan mengaktifkan gratis ongkir tanpa harus menggunakan satu KTP.

Biasanya mereka menggunakan KTP orang terdekat atau keluarga, kamu bisa mencoba untuk menggunakan KTP orangtua (Ayah/Ibu) atau jika sudah berkeluarga bisa menggunakan KTP pasanganmu.

Tapi ingat, Harus ada perjanjian terlebih dahulu ya dengan mereka. Jangan sampai niatmu untuk menghindari masalah dikemudian hari pada akun shopee, malah terkena masalah dengan orang terdekatmu hanya gara-gara kamu tidak memberikan detail maksud dan tujuan saat pinjam KTP (Dan pastikan mereka juga mau disuruh selfi dengan KTP) yang nantinya untuk verifikasi.

Cara Menghapus KTP yang Terdaftar di Program Gratis Ongkir Shopee

Selain cara diatas, Pasti kamu pernah dong kepikiran buat tarik atau hapus KTP yang terdaftar program gratis ongkir di toko shopee untuk dipindahkan ke toko lain? Sama, saya juga pernah demikian.

Hanya saja menurut beberapa sumber yang pernah saya baca, data KTP yang sudah kita upload tidak dapat kita batalkan atau hapus. Apalagi jika kita upload KTP saat hendak mengaktifkan shopee pay di akun kita, Maka sudah dipastikan KTP tidak dapat ditarik kembali.

Jika kasusnya di program gratis ongkir, kita hanya bisa menonaktifkan program gratis ongkirnya saja tanpa dengan hapus data ktp nya.

Cara ini sebenarnya bisa kamu menfaatkan untuk mengkombinasikan dengan cara pertama tadi. Kamu hapus terlebih dahulu atau batalkan pengajuan program gratis ongkir ditoko yang dimaksud (jika toko tersebut tidak akan digunakan / dikembangkan lagi) kemudian kamu ajukan program gratis ongkir di toko yang baru mu dengan menggunakan KTP yang sama.

Semoga cara tersebut berhasil….

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *