Cara Membagi Halaman Word Menjadi 2 Kolom Atau Lebih Dilengkapi VIDEO

  • Whatsapp

Membagi Halaman Word Menjadi 2 Kolom bisa kamu praktikan dengan sangat mudah di aplikasi MS Office, baik itu versi 2007, 2010, 2013 ataupun 2016 yang hanya berbeda sedikit pada segi visual

Membuat tampilan atau lembar kerja pada microsoft office menjadi beberapa kolom sering kali kita perlukan pada kondisi tertentu seperti membuat jurnal, berita ataupun yang lainnya.

Oleh karena itu, disini saya akan memberikan tutorial buat kamu yang masih pemula dengan Aplikasi Perkantoran ini agar bisa dipraktikan dengan mudah.

Ditutorial ini admin akan membahas Cara Membuat halaman word menjadi 2 kolom atau lebih, 1 Kolom, 2 Kolom dan 3 kolom yang berbeda dalam Satu Halaman dokumen office word

Baca Cara Mengubah File PDF ke WORD Tanpa Aplikasi Dengan Sangat Mudah

Cara Membagi Halaman Word Menjadi 2 Kolom

Cara Membagi Halaman Word Menjadi 2 Kolom
Perhatikan Gambar diatas

Untuk membagi dokumen atau tulisan menjadi dua kolom silakan ikuti panduan dibawah ini

  1. Blok semua teks yang ingin dibuat menjadi dua kolom (Point pertama pada gambar)
  2. Setelah itu silakan ke menu Page Layout (Point dua pada gambar)
  3. Nah setelah itu Sobat akan menjumpai beberapa sub menu yang tampil, Fokus saja pada menu Columns yang diberi tanda nomor 3 pada gambar diatas
  4. Baru setelah itu Sobat klik Two untuk membuat tampilan kolom pada lembat kerja menjadi 2 bagian

Dan hasilnya akan tampak seperti pada gambar dibawah ini

Cara Membagi Halaman Word Menjadi 2 Kolom

Nah itulah cara termudah yang bisa kamu lakukan untuk membuat lembar kerja pada office word menjadi dua kolom.

Agar teks yang diblok bisa menjadi dua kolom saya sarankan jumlah kata yang dimasukan harus sedikit panjang minimal 390 kata, Tapi hal tersebut menyesuaikan dengan jenis dan ukuran font yang digunakan.

Baca Juga: Cara Menampilkan Ruler atau Penggaris di Word 2007, 2010, 2013 dan 2016

Pada contoh diatas saya menggunakan jenis font Calibri (Body) dengan ukuran 11px sehingga membutuhkan 390 kata untuk menjadi dua kolom yang lengkap.

Cara Membuat 1 Kolom dan 2 Kolom dalam Satu Halaman

Selain bisa membagi halaman menjadi 2 kolom pada microsoft office word, kamu juga bisa membuatnya menjadi beberapa variasi dalam satu halaman dokumen ms word tersebut.

Misalkan pada lembar satu kamu menginginkan paragraph dibagi menjadi 2 kolom, selanjutnya untuk lembar kedua dibagi menjadi 3 kolom dan begitu seterusnya tiap lembar memiliki jumlah kolom yang berbeda.

Kamu bisa melakukan pemformatan diatas menggunakan cara yang sudah saya berikan, Hanya saja tentu ada sedikit perbedaan dan tambahan.

Agar bisa membagi lebar kolom yang bebeda pada setiap halaman maka kamu harus melakukan langkah-langkah diatas pada setiap lembar halaman secara manual.

Langkah sederhana:
Misalnya disini kamu mempunya 3 lembar halaman pada dokumen ms office yang ingin memiliki kolom berbeda disetiap lembarnya. Anggap saja pada halaman 1 kamu hanya ingin menggunakan 1 kolom, Kemudian halaman 2 menggunakan 2 kolom dan halaman terakhir menggunakan 3 kolom.

Sehingga tampilannya akan seperti ini:

  1. Blok semua teks yang ingin dibuat menjadi beberapa kolom seperti yang diinginkan
  2. Setelah itu silakan ke menu Page Layout
  3. Nah setelah itu akan di jumpai beberapa sub menu yang tampil, Fokus saja pada menu Columns yang diberi tanda nomor 3 pada gambar diatas
  4. Baru setelah itu klik One untuk mengganti kolom menjadi sat atau biarkan saja, Two untuk membuat tampilan kolom pada lembar kerja menjadi 2 bagian, Three untuk membuat tampilan kolom pada lembar kerja menjadi 3 bagian

Video Cara Membagi Halaman di Word Menjadi Beberapa Kolom

Sekian tutorial Office Word pada kesempatan kali ini yang mungkin bisa menjadi bahan referensi buat kamu yang sedang belajar aplikasi ini.

Apabila terdapat pertanyaan, Kamu bisa menanyakannya dikolom komentar dibagian bawah artikel ini. Apabila tidak ada kesibukan lainnya admin akan langsung merespon pertanyaan dengan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. Min coba sekali kali post gimana cara ngendaliin pikiran pas anxie kalau bisa sekalian tutorialnya Di video