Jangan Panik! Ini Penyebab Listrik Mati tapi MCB ON (Tidak Jeglet)

  • Whatsapp

Saat ini kamu sedang mengalami masalah diatas? MCB hidup tapi kok aliran listrik mati. Baca sampai selesai.

Matinya aliran listrik bukan hanya disebabkan oleh mcb yang jeglet saja, tentunya ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi hal tersebut bisa terjadi.

Muat Lebih

Menurut pengalaman pribadi saya sendiri yang tentunya juga pernah merasakan hal tersebut.

Oleh karena itu saya ingin membagikan pengalaman ini di blog agar bisa bermanfaat buat banyak orang, karena pengalaman adalah guru terbaik.

Beberapa Penyebab Aliran Listrik di Rumah Anda Padam

1. Memang Sedang Pemadaman

Kalau diposisi yang satu ini sudah pasti dan tentunya tidak usah diragukan lagi kalau aliran listrik dirumah bakal ikut mati.

Orang tetangga juga sama

2. MCB Turun (Jeglet)

MCB jeglet (turun) atau lebih tepatnya off adalah situasi dimana daya listrik dirumah anda terlalu berlebihan dari kapasitas yang bisa ditampung oleh MCB.

Ketika hal tersebut terjadi maka secara otomatis mcb akan jeglet sendirinya untuk meminimalisir terjadinya kebakaran pada aliran listrik karena kelebihan daya.

Selain kelebihan daya, Mcb juga bisa jeglet apabila terjadi hubungan singkat (konslet) pada arus listrik.

Hal ini tentunya akan membuat MCB (sekring) pada meteran listrik ditempat anda menjadi turun.

3. MCB ON Tapi Listrik Mati

Nah kalo kejadiannya seperti ini, dimana listrik tidak sedang dalam pemadaman dan tentunya sudah dilakukan verifikasi dengan cara melihat listrik di rumah tetangga.

Kalo dirumah dia nyala tapi dirumah anda mati sedangkan mcb dalam keadaan hidup, lantas apa penyebabnya?

Jangan panik dulu, tenang…

Jika dirumah anda menggunakan meteran prabayar atau yang lebih kita kenal dengan istilah kwh pulsa, mempunyai ciri tersendiri ketika aliran listrik mati.

Perhatikan terlebih dahulu tampilan pada monitor KWH prabayar tersebut, jika terdapat tulisan Periksa atau semacamnya hal ini mengharuskan anda untuk segera menelepon pihak PLN terdekat di wilayah anda.

Akan tetapi, jika monitor kwh tidak menampilkan hal yang mencurigakan kecuali jumlah Token yang dimiliki, berarti satu hal yang harus anda periksa yaitu aliran listrik ke kwh tersebut.

Untuk melakukan pengecekan aliran listrik di kwh, anda harus memanggil teknisi PLN datang ke rumah agar bisa dipastikan penyebabnya.

Menurut pengalaman pribadi yang sempat mengalami kejadian ini, setelah di cek menggunakan testpen pada aliran listrik dari kwh dapat disimpulkan bahwa yang mengalami kerusakan itu pada bagian MCB yang ada didalam rumah.

Jadi, aliran listrik mengalir normal ke kwh, begitu juga dari kwh menuju mcb yang ada dibagian bawah kwh juga masih normal (terdapat arus listrik).

Tapi, setelah di cek di mcb yang ada didalam rumah bisa disimpulkan yang rusak adalah mcb tersebut yang sudah harus di lembiru (lempar beli yang baru).

Alhasil setelah dilakukan pengecekan dengan menggunakan testpen dan didampingi oleh ahlinya, Dapat disimpulkan bahwa penyebab listrik padam tetapi mcb on adalah karena MCBnya itu sendiri yang rusak dan minta diganti dengan yang baru.

Sekian artikel kali ini seputar dunia kelistrikan yang diambil dari kisah pengalaman pribadi yang sempat mengalami kendala diatas.

Jika ada yang ditanyakan seputar permasalahan diatas atau mau bertanya diluar dari judul juga silakan, kolom komentar sudah kami sediakan…

Khusus bagi anda yang berada di wilayah atau daerah Tasikmalaya bisa langsung bertanya seputar listrik via WhatsApp ke 087779803435. Gratis

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *