Jangan Panik! Ini Penyebab Listrik Mati tapi MCB ON (Tidak Jeglet)

  • Whatsapp

Saat ini kamu sedang mengalami masalah diatas? MCB hidup tapi kok aliran listrik mati. Baca sampai selesai.

Matinya aliran listrik bukan hanya disebabkan oleh mcb yang jeglet saja, tentunya ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi hal tersebut bisa terjadi.

Menurut pengalaman pribadi saya sendiri yang tentunya juga pernah merasakan hal tersebut.

Oleh karena itu saya ingin membagikan pengalaman ini di blog agar bisa bermanfaat buat banyak orang, karena pengalaman adalah guru terbaik.

Beberapa Penyebab Aliran Listrik di Rumah Anda Padam

1. Memang Sedang Pemadaman

Kalau diposisi yang satu ini sudah pasti dan tentunya tidak usah diragukan lagi kalau aliran listrik dirumah bakal ikut mati.

Orang tetangga juga sama

Buka Dulu di Tab Baru Yukk!
Awas! Colokan Listrik Model ini Kurang Aman Bagi Anda dan Keluarga

2. MCB Turun (Jeglet)

MCB jeglet (turun) atau lebih tepatnya off adalah situasi dimana daya listrik dirumah anda terlalu berlebihan dari kapasitas yang bisa ditampung oleh MCB.

Ketika hal tersebut terjadi maka secara otomatis mcb akan jeglet sendirinya untuk meminimalisir terjadinya kebakaran pada aliran listrik karena kelebihan daya.

Selain kelebihan daya, Mcb juga bisa jeglet apabila terjadi hubungan singkat (konslet) pada arus listrik.

Hal ini tentunya akan membuat MCB (sekring) pada meteran listrik ditempat anda menjadi turun.

3. MCB ON Tapi Listrik Mati

Nah kalo kejadiannya seperti ini, dimana listrik tidak sedang dalam pemadaman dan tentunya sudah dilakukan verifikasi dengan cara melihat listrik di rumah tetangga.

Kalo dirumah dia nyala tapi dirumah anda mati sedangkan mcb dalam keadaan hidup, lantas apa penyebabnya?

Jangan panik dulu, tenang…

Jika dirumah anda menggunakan meteran prabayar atau yang lebih kita kenal dengan istilah kwh pulsa, mempunyai ciri tersendiri ketika aliran listrik mati.

Perhatikan terlebih dahulu tampilan pada monitor KWH prabayar tersebut, jika terdapat tulisan Periksa atau semacamnya hal ini mengharuskan anda untuk segera menelepon pihak PLN terdekat di wilayah anda.

Akan tetapi, jika monitor kwh tidak menampilkan hal yang mencurigakan kecuali jumlah Token yang dimiliki, berarti satu hal yang harus anda periksa yaitu aliran listrik ke kwh tersebut.

Paling Banyak dibaca Ya Solusi Tepat Cara Memperkuat Daya Listrik 450 Watt, Biar Gak Jeglet!

Untuk melakukan pengecekan aliran listrik di kwh, anda harus memanggil teknisi PLN datang ke rumah agar bisa dipastikan penyebabnya.

Menurut pengalaman pribadi yang sempat mengalami kejadian ini, setelah di cek menggunakan testpen pada aliran listrik dari kwh dapat disimpulkan bahwa yang mengalami kerusakan itu pada bagian MCB yang ada didalam rumah.

Jadi, aliran listrik mengalir normal ke kwh, begitu juga dari kwh menuju mcb yang ada dibagian bawah kwh juga masih normal (terdapat arus listrik).

Tapi, setelah di cek di mcb yang ada didalam rumah bisa disimpulkan yang rusak adalah mcb tersebut yang sudah harus di lembiru (lempar beli yang baru).

Alhasil setelah dilakukan pengecekan dengan menggunakan testpen dan didampingi oleh ahlinya, Dapat disimpulkan bahwa penyebab listrik padam tetapi mcb on adalah karena MCBnya itu sendiri yang rusak dan minta diganti dengan yang baru.

Baca: Jangan Sampai Jebol! ini 6 Cara Tepat Menghemat Listrik di Rumah

Sekian artikel kali ini seputar dunia kelistrikan yang diambil dari kisah pengalaman pribadi yang sempat mengalami kendala diatas.

Jika ada yang ditanyakan seputar permasalahan diatas atau mau bertanya diluar dari judul juga silakan, kolom komentar sudah kami sediakan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

22 Komentar

  1. Di rumah pake token,listrik/KWH masih bnyak, tulisannya “periksa” MCB ON tp listrik padam, saya hubungi petugas PLN via WA, kemudian di kasih kode 16 digit….saya input, bisa lagi..alhamdulillah….semoga bermanfaat bagi yang lain jika mengalami masalah yg sama

  2. Kak dirumah saya kan pake listrik prabayar. Nah itu sering tiba” mati waktu nyalain rice cooker, tapi tidak jeglek,dan monitor kwh baik” aja. Padahal daya tidak melebihi maksimum. Lalu selang beberapa menit listrik menyala lagi dan rice cooker bisa digunakan. Awalnya saya mengira ada masalah sama rice cooker nya, setelah itu saya pake rice cooker nya di rumah tetangga saya tidak ada masalah. Itu kenapa ya? Apa saya harus menghubungi petugas pln.

  3. Tadi sore mati lampu 3 jam kemudian idup tapi cuma rumah saya yg masih mati lampu
    Saya cek kabel yg dari meteran ke mcb dalam rumah, ternyata tidak ada api nya sama skali tapi posisi meteran hidup normal, masih tampil jumlah kwh nya dan masih banyak

  4. nah semalem baru kejadian nih
    listrik padam, mcb luar dan dalam posisi on
    trus mcb luar tak off in trus tak on kembali listrik baru nyala, apanya tuh gan?

    1. Nah, Ada kemungkinan itu juga dari MCB yang sudah tidak berfungsi dengan normal. Hal itu juga yang dialami seperti artikel diatas sebelum akhirnya diganti dengan MCB yang baru

  5. Mas mau nanya nih.. mcb dirumah sya kok gak bisa di on kan ya..klw di on kan lgsg turun..klw dinaikan ke atas/di on kan ringan bnget mas kaya ngelos gtu mcb yang di dlm rumah..kira2 apa ya mas kerusakan nya..? Mohon penyecaran nya mas.. thanks..

  6. Pak, kalo meteran non pulsa saat MCB OFF/ posisi jeglet tapi meteran jalan terus kira2 apanya yg bermasalah ya? soalnya dirumah sy begini.. trus penggunaan listrik 900VA dlm sebulan kata PLN maks pemakaian 648 kwh trus tagihan sy kok bisa smpai 774kwh kira apa yg salah ya pak? Terimakasih, mohon petunjuknya..

    1. MCB yang jegletnya yang mana dulu Bu, dalam apa luar. Mengenai tagihan pemakaian listrik yang dialami ibu bisa dikarenakan petugas tidak datang kerumah. Sehingga petugas dikantor menghitung rata-rata pemakaian listrik selama 3 bulan kebelakang. Namun jika dirasa tidak wajar silakan tanyakan pada petugas biasa yang mealakukan pengontrolan kwh meter ke rumah

  7. Listrik tiba tiba mati.. Tapi mcb nya on.. Ga ngejeglet.. Pakenya kwh yang pulsa.. Trus tulisan pulsanya pun masih muncul.. Listriknya tapi mati. Itu gimana ya?